Catatan Seorang Full Time Blogger #8: Bercita-cita Go International

Selain berjuang keras hidup layak dari ngeblog, saya juga memiliki impian menjadi blogger Indonesia yang dikenal di blogosfer internasional. Agar tidak disebut mimpi di siang bolong, saya menafsirkan mimpi ini sebagai cita-cita. Seperti yang digelorakan oleh Bung Karno, tidak ada salahnya menggantungkan cita-cita saya setinggi langit, bukan?

Mengapa saya bercita-cita go internasional? Ada dua alasannya.

1. Kegelisahan

Sepanjang yang saya tahu, sampai saat ini belum ada blogger Indonesia yang dikenal dunia dalam hal tips ngeblog. Brazil (yang notabene bahasa ibunya adalah bahasa Portugis) telah memunculkan nama Daniel Scocco (DailyBlogTips.com). Nigeria telah memunculkan nama Onibulase Bamidele (YoungPrePro.com). Mana dari Indonesia?

Memang banyak pelaku internet Indonesia yang dikenal di dunia. Mulai dari pembuat theme (misal Nurudin Jauhari), internet marketer (misal Ane Ahira), dan amazon affiliate (misal Habibie Afsyah). Namun, siapa blogger Indonesia yang dikenal dunia?

2. Potensi penghasilan

Dengan go internasional, saya optimistis meningkatkan penghasilan. Katakanlah saya menjual sebuah eBook seharga $29.99. Lalu saya mempromosikan eBook tersebut dengan menjadi penulis tamu di ProBlogger.net, DailyBlogTips.com, dan JohnChow.com. Ketiga blog ini memiliki pelanggan RSS ratusan ribu orang. Dengan konversi penjualan 1% saja, berapa uang yang saya dapat? Ratusan ribu dolar!

Ini hanya dari penjualan eBook saja. Potensi lain berasal dari afiliasi, CPM, dan sebagainya.

Bagaimana cara saya mewujudkan cita-cita ini?

1. Kursus Bahasa Inggris

Saya akan kursus bahasa Inggris untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris saya (dari segi perckapan maupun tulisan). Alasan klise yang menghambat go internasional adalah kemampuan bahasa Inggris yang lemah.

2. Membuat Blogodolar versi bahasa Inggris

Setelah saya fasih berbahasa Inggris, saya akan membuat Blogodolar dalam versi bahasa Inggris. Ya, topik yang saya senangi adalah tips ngeblog, dan sudah banyak membahasnya di Blogodolar versi bahasa Indonesia.

3. Melakukan Buzz

Agar relatif cepat dikenal di dunia Internasional, saya harus melakukan BUZZ. Satu hal yang terpikir adalah meningkatkan penghasilan saya dari Infolinks. Saat ini saya baru mencapai $100 per hari. Untuk meningkatkan penghasilan, setiap bulan saya membuat 5-10 blog baru untuk dimonetisasi dengan pogram PPC ini.

Katakanlah saya sudah mencapai penghasilan $400 per hari. Maka buzz yang saya lakukan adalah dengan membuat eBook. Judulnya kira-kira, Blogolinks: The Exact Steps I Use to Earn $400 Every day with Infolinks.

Mengapa harus $400 per hari? Hal ini untuk melampuai penghasilan $10,000 per bulan. Seorang blogger yang mampu menghasilkan $10,000 per bulan, maka ia akan disebut blogger 6 digit (12 bulan x $10,000= $120,000), yang umumnya memancing perhatian dari para blogger kondang lainnya.

Btw, apakah dari Anda ada juga yang bercita-cita go international?

Comments

  1. says

    btw, kemampuan bahasa Inggris saya juga kurang bagus. Tapi bulan lalu satu artikel marketing saya masuk goarticles dan ezinearticles..Satu yang saya pelajari, Ezinearticles lebih ketat penyaringannya..Ternyata tidak hanya masalah tata bahasa (grammar), spelling, punctuation, dan pembuatan paragraph yang baik..tapi juga penggunaan keyword..alamak, coba cek di guidelines-nya deh

  2. Syaiful says

    eh, maksudnya sebelum membuat ebook itu kita juga sudah harus posting tamu…maaf saya terlalu bersemangat nih, kang..Saya pengen buat blog tentang blogging versi bahasa inggris..tapi belum berani karena persaingannya..Saya masih main di microniche…belajar dari kursus bahasa inggris di Indonesia juga agak meragukan, masalahnya British dan American dicampur..Kepikiran ikut kursus di market place-nya clickbank..tapi takut malah bingung..apa kita harus hidup di Australia dulu, ya? :)

    • says

      Bro Syaiful,

      1. Yes, postingan tamu di Problogger (dan blog-blog terkenal) merupakan cara ampuh “mengenalkan” diri kita. Namun, tidak semua postingan tamu di Problogger menarik. Bagi saya, postingan tamu harus juga mengandung BUZZ. Sebagai contoh, 10 Tricks I Use to Triple Google AdSense Earnings in 30 Days.

      2. Saya telah memelototi guideline Ezine Articles. Sampai saat ini, baru 3 article saya muncul di sana. Itu pun tahun lalu.

      3. Saya sudah membaca blogger in watch di Problogger. Namun, saya jarang mengikuti blog-blog mereka. Saya hanya berlangganan blognya Ali Hale saja.

      4. Dalam pandangan saya, saya bikin eBook dulu, baru mempromosikannya lewat postingan tamu di blog-blog kondang luar negeri. Tentu saja, saya pun telah banyak menulis untuk Blogodolar versi English.

  3. DeArryk says

    Saya belum kepikiran untuk go internasional, cukup go nasional aja dulu… di wilayah lokal pun saya belum begitu dikenal.. hehehe…

    Saya rasa bahasa Inggris itu bukan syarat mutlak untuk go internasional. Kalau artikelnya memang berkualitas dan bermanfaat, bule-bule pun siap menggunakan translate tool untuk mengartikan setiap kata di blog kita. Seperti yang dikatakan salah satu artikel di Blogguebo.

    • says

      Ari, no problem bila ingin skala nasional dulu. Setelah itu baru skala internasional, bukan?
      Btw, saya tidak sependapat dengan pendapat Anda mengenai kemampuan berbahasa Inggris. Menurut saya, kemampuan bahasa Inggris mutlak diperlukan untuk go international sebagai blogger kondang.

      • DeArryk says

        Iya juga sih, kang. Bahasa Inggris masih diakui sebagai bahasa Internasional yang dipelajari dan digunakan di seluruh dunia. Kalau cuma go internasional dengan maksud dikenal di sekitar asia dan australia kayaknya masih bisa dengan bahasa Indonesia.

        Sedangkan kalau targetnya eropa, amerika bahkan seluruh dunia sepertinya bahasa inggris itu mutlak deh.

  4. says

    Wah, gak kepikiran sampai kesitu kalau saya. Bikin blog indo aja masih gak karuan kayak ginih..

    Kalau Kang Yudiono mah saya yakin pasti bisa tercapai tuh Go International. Semangat…!!

  5. says

    Mantap cita-citanya. Semoga jadi keyataan.

    Sekarang saya sbg blogger lokal saja masih tidak karuan, tidak tahu bahasa inggris sama sekali. Tapi, yang namanya cita-cita itu tak ada salahnya, siapa tahu suatu saat saya bisa go internasional, bukan sekedar mimpi :D.

  6. says

    inspiratif isi catatan-nya… saya percaya semua itu bisa dicapai… sementara saya masih “mengantung” cita-cita untuk go lokal saja dulu….

  7. gyanto says

    Kalau melihat kemampuan kang yudi saya kira untuk bisa mendapatkan $400 perhari dapat tercapai. Untuk ebook segera aja kang tapi pakai bahasa Indonesia ya, biar aku juga bisa mempelajarinya soalnya inggris ku juga 0 besar. Ok tetap semangat kang……

  8. Sriyono Smg says

    wah masih jauh dari internasional, di kandang lokalan saja masih perlu diasah lagi kemampuannya…

  9. Grosir Aksesoris Wanita Murah says

    Semoga impiannya tercapai kang. Dan semoga saya beserta temen-temen blogodolar bisa mengikuti jejak kang yudiono. Terus share hal-hal semacam ini agar blogger Indonesia termotivasi juga untuk go Internasional.

  10. Pemburu Dollar says

    Saya juga ingin go International…. Mungkin blog-blog adsense saja yang duluan go international… Blog Personal belakangan… Belum terkonsep…. Sukses Kang… :-)

  11. says

    postingan yng sangat membangun…
    klow ke inginan pasti ada tapi kemampuan saya gak memdukung,,kang
    apa ada solusi,,dari Kang Yudiono ,,,??

    makasi,,,

  12. says

    boleh juga nih impianya
    jadi semakin termotivasi untuk ikut2an go internasional.

    maklum aja
    diem2 memang berguru dari blog ini
    untuk jadi blogger terkenal
    hihiy.

    semoga aja
    dengan ikut2an kang yudiono
    bisa sukses juga.

    minimal untuk saat ini
    ada gitu yang klik iklan di blog
    amiiin.

  13. mobiles10 says

    wah, kang mastah yg stu ni dah tembuh 100d/hr.
    satu kata kang.
    mantabs…………..

    di tunggu share ttng infolinks nya.
    trims.

  14. Usep Rizal says

    Makin mantap Kang artikel2nya, liatin earning tapi tetap terkesan humble dan malah bikin semangat para reader utk ngikuti jejak – memberi tips tapi tidak ada kesan menggurui. Gak kayak beberapa (yang ngaku2 katanya) jago IM endonesa (bukan Indonesia lho ya..hihihi..), tapi artikel kayak terkesan pamer ilmu dan kadang malah bikin patah semangat newbie2 yang mau belajar bisnis online..hehehe.. Sok atuh enggal geura rengsekeun proyek2 ebook nya Kang..
    Keep up your good work, nothing is impossible..! :two giant thumbs up:

  15. says

    saya kurang setuju jika anda ingin mengubah blogdolar menjadi inggris, karena saya sangat menikmati bahasa indonesia yang ada disini. :o

    • Kang Yudiono says

      Jaka,

      Saya akan buat blogodolar versi bahasa Inggris dengan domain lain (misalnya saja blogodollars.com).
      Insya Allah saya akan tetap menulis untuk blogodolar versi bahasa Indonesia (blogodolar.com). Jangan khawatir ;)

  16. panbran says

    Hampir semuarartikel memberi pencerahan dan mendorong semangat untuk ngeblog. Terimakasih karena mas senang berbagi pengetahuan. Semoga cita-citanya terwujud. :)