Catatan Seorang Full Time Blogger #8: Bercita-cita Go International

Selain berjuang keras hidup layak dari ngeblog, saya juga memiliki impian menjadi blogger Indonesia yang dikenal di blogosfer internasional. Agar tidak disebut mimpi di siang bolong, saya menafsirkan mimpi ini sebagai cita-cita. Seperti yang digelorakan oleh Bung Karno, tidak ada salahnya menggantungkan cita-cita saya setinggi langit, bukan?

Mengapa saya bercita-cita go internasional? Ada dua alasannya.

1. Kegelisahan

Sepanjang yang saya tahu, sampai saat ini belum ada blogger Indonesia yang dikenal dunia dalam hal tips ngeblog. Brazil (yang notabene bahasa ibunya adalah bahasa Portugis) telah memunculkan nama Daniel Scocco (DailyBlogTips.com). Nigeria telah memunculkan nama Onibulase Bamidele (YoungPrePro.com). Mana dari Indonesia?

Memang banyak pelaku internet Indonesia yang dikenal di dunia. Mulai dari pembuat theme (misal Nurudin Jauhari), internet marketer (misal Ane Ahira), dan amazon affiliate (misal Habibie Afsyah). Namun, siapa blogger Indonesia yang dikenal dunia?

2. Potensi penghasilan

Dengan go internasional, saya optimistis meningkatkan penghasilan. Katakanlah saya menjual sebuah eBook seharga $29.99. Lalu saya mempromosikan eBook tersebut dengan menjadi penulis tamu di ProBlogger.net, DailyBlogTips.com, dan JohnChow.com. Ketiga blog ini memiliki pelanggan RSS ratusan ribu orang. Dengan konversi penjualan 1% saja, berapa uang yang saya dapat? Ratusan ribu dolar!

Ini hanya dari penjualan eBook saja. Potensi lain berasal dari afiliasi, CPM, dan sebagainya.

Bagaimana cara saya mewujudkan cita-cita ini?

1. Kursus Bahasa Inggris

Saya akan kursus bahasa Inggris untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris saya (dari segi perckapan maupun tulisan). Alasan klise yang menghambat go internasional adalah kemampuan bahasa Inggris yang lemah.

2. Membuat Blogodolar versi bahasa Inggris

Setelah saya fasih berbahasa Inggris, saya akan membuat Blogodolar dalam versi bahasa Inggris. Ya, topik yang saya senangi adalah tips ngeblog, dan sudah banyak membahasnya di Blogodolar versi bahasa Indonesia.

3. Melakukan Buzz

Agar relatif cepat dikenal di dunia Internasional, saya harus melakukan BUZZ. Satu hal yang terpikir adalah meningkatkan penghasilan saya dari Infolinks. Saat ini saya baru mencapai $100 per hari. Untuk meningkatkan penghasilan, setiap bulan saya membuat 5-10 blog baru untuk dimonetisasi dengan pogram PPC ini.

Katakanlah saya sudah mencapai penghasilan $400 per hari. Maka buzz yang saya lakukan adalah dengan membuat eBook. Judulnya kira-kira, Blogolinks: The Exact Steps I Use to Earn $400 Every day with Infolinks.

Mengapa harus $400 per hari? Hal ini untuk melampuai penghasilan $10,000 per bulan. Seorang blogger yang mampu menghasilkan $10,000 per bulan, maka ia akan disebut blogger 6 digit (12 bulan x $10,000= $120,000), yang umumnya memancing perhatian dari para blogger kondang lainnya.

Btw, apakah dari Anda ada juga yang bercita-cita go international?

Ebook Gratis untuk Anda

cover bawah postDownload (unduh) ebook Cara Saya Menghasilkan Rp 620 Juta dari Blog. Dalam ebook ini Anda akan tahu sumber-sumber penghasilan saya sejak menjadi full time blogger.

Dengan mengunduhnya, Anda sekaligus berlangganan newsletter Blogodolar. Manfaat berlangganan newsletter Blogodolar bagi Anda adalah 1) diskon 50% dari buku-buku terbaru saya tentang make money blogging dan SEO, 2) tips/trik ngeblog yang belum pernah saya publikasikan di Blogodolar, dan 3) postingan terbaru Blogodolar.

Masukkan nama dan email Anda lalu klik tombol Download Sekarang. Link download ebook ini akan dikirimkan ke email Anda dengan segera.

100% GRATIS. Bukan spam.