6 Tips Jitu Agar Anchor Text Anda Terlihat Alami di Mata Google

tips anchor textAnchor text (link text) adalah teks yang digunakan untuk melink ke suatu halaman blog/situs. Sebelum Google Panda, perannya sangat penting dalam mempengaruhi peringkat hasil pencarian. Dengan kata lain, bila kita hendak meningkatkan posisi blog kita, maka kita mencari backlink sebanyak-banyaknya dengan anchor text berupa kata kunci yang dibidik.

Namun, hal ini sudah tidak berlaku. Blog Anda akan masuk radar Google bila saat link building Anda menggunakan anchor text yang sama. Besar kemungkinan posisi blog Anda akan turun, dan bahkan masuk Google Sanbox.

Mengapa ini bisa terjadi? Faktor utamanya adalah anchor text Anda tidak alamiah sehingga Anda disinyalir melakukan “trik kotor” dalam menaikkan posisi blog Anda.

Jika Anda tidak menginginkan hal tersebut, ikuti keenam tips berikut:

1. Gunakan penggalan anchor text

Jika Anda membidik kata kunci cheap auto insurance, maka Anda bisa memenggalnya menjadi cheap insurance dan auto insurance.

2. Gunakan kombinasi penggalan anchor text

Penggalan anchor text bisa Anda kombinasikan dengan kata lain. Misal, kombinasi penggalan anchor text auto insurance di atas bisa berupa best auto insurance dan auto insurance deals.

3. Gunakan sinonim anchor text

Sinonim anchor text adalah persamaan pengertian antara dua anchor text atau lebih. Sebagai contoh, jika Anda membidik kata kunci cheap auto insurance, maka sinonim yang bisa Anda gunakan adalah:

  • inexpensive car insurance
  • less expensive automobile insurance
  • low cost insurance for your car
  • cheap vehicle insurance

Google mampu mendeteksi sinonim-sinonim di atas karena relavan dengan cheap auto insurance.

4. Gunakan anchor text umum

Anchor text umum berupa click here dan read more (dalam bahasa Indonesia, klik di sini dan baca lebih lanjut). Ini bertentangan dengan saran-saran para master SEO dulu. Namun, sepanjang ditempatkan pada artikel yang relevan dengan kata kunci yang dibidik, anchor text umum akan dipandang relevan oleh Google.

5. Gunakan URL

Jika blog Anda masih baru, maka gunakan URL blog Anda sebagai anchor text. Ini memberikan sinyal kepada Google bahwa link ke blog Anda alamiah.

6. Gunakan nama domain dan nama blog Anda

Seperti halnya penggunaan URL, penggunaan nama domain dan nama blog Anda sebagai anchor text akan bagus untuk meningkatkan posisi blog baru.

Terlepas dari itu, keenam tips di atas selalu saya gunakan dalam meningkatkan posisi niche blog yang saya miliki. Hasilnya sangat efektif dan bahkan tidak terduga (masuk ke halaman 1 Google untuk kata kunci yang jumlah pencarian bulanannya lebih banyak daripada jumlah pencarian bulanan kata kunci utama yang dibidik).

Ebook Gratis untuk Anda

cover bawah postDownload (unduh) ebook Cara Saya Menghasilkan Rp 620 Juta dari Blog. Dalam ebook ini Anda akan tahu sumber-sumber penghasilan saya sejak menjadi full time blogger.

Dengan mengunduhnya, Anda sekaligus berlangganan newsletter Blogodolar. Manfaat berlangganan newsletter Blogodolar bagi Anda adalah 1) diskon 50% dari buku-buku terbaru saya tentang make money blogging dan SEO, 2) tips/trik ngeblog yang belum pernah saya publikasikan di Blogodolar, dan 3) postingan terbaru Blogodolar.

Masukkan nama dan email Anda lalu klik tombol Download Sekarang. Link download ebook ini akan dikirimkan ke email Anda dengan segera.

100% GRATIS. Bukan spam.