Proyek 100 Niche Blog – Update Kesatu

Pada 23 Juni 2011 saya menggulirkan proyek 100 niche blog. Beberapa sahabat bertanya mengenai sampai di mana keberlanjutan proyek tersebut. Oleh karena itu, dalam postingan ini saya menginformasikan hal-hal terbaru dari proyek besar saya tersebut.

Layaknya proyek offline, proyek 100 niche blog saya juga tidak semulus yang dibayangkan. Ada kendala yang menghadang (misalnya pembengkakan biaya), di samping hal-hal yang tidak terduga.

1. Domain

Biaya domain sedikit meningkat karena di awal tahun ini ada kenaikan harga domain. Sebagai contoh, harga domain ekstensi .com di NameCheap naik dari $9.69 menjadi $10.69. Karena saya lebih suka ekstensi .com, maka anggaran domain menjadi meningkat.

Dalam delapan bulan terakhir, saya sudah membeli 70 domain. Berikut adalah screenshot akun NameCheap saya:

my domain at NameCheap

2. Jumlah Blog

Dalam kurun waktu Juni-November 2011 saya sudah membuat 40 niche blog. Namun, di awal Desember 2011, saya menghapus sekitar 30 niche blog. Mengapa?

Hal ini karena ketigapuluh niche blog tersebut saya kategorikan “kontennya tidak berkualitas” sehingga sulit menembus halaman 1 Google.com dengan teknik link building yang saya lakukan. Semua konten tersebut saya pesan dari 4 jasa penulisan artikel dalam negeri.

Saya TIDAK PUAS dengan kualitas artikel dari mereka. Selain tata bahasanya tidak efektif, artikel mereka asal jadi karena para penulisnya kurang paham dengan topik yang saya berikan.

Terlepas dari itu, jumlah niche blog saya sekarang berjumlah 20 buah. Dari jumlah tersebut, sepuluh blog saya buat pada bulan Desember 2011 dan Januari 2012.

3. Pembuatan Konten

Karena tidak puas dengan jasa penulisan artikel dalam negeri, saya berpaling ke jasa penulisan artikel luar negeri sejak Desember 2011. Mereka adalah Textbroker dan The Content Authority. Hal ini membuat biaya pembuatan konten membengkak lebih dari 100% karena harga 1 artikel dengan panjang 400 kata dari mereka adalah $6-$8 (harga artikel sejenis di jasa pembuatan artikel dalam negeri adalah $2-$3).

Walaupun harganya relatif mahal, namun saya puas dengan kualitas artikel dari kedua jasa penulisan artikel tersebut. I love their services.

4. Biaya Hosting

Biaya hosting masih sesuai anggaran. Sampai saat ini, saya memiliki 3 akun Hostgator (dua shared plan dan satu reseller plan hosting) untuk menampung keduapuluh niche blog saya. Saya puas dengan kinerja Hostgator dan sepertinya tidak akan berpaling ke penyedia hosting lain.

5. Biaya Link Building

Sebelumnya saya menganggarkan $20 untuk biaya link building setiap niche blog. Faktanya, biaya tersebut belum cukup. Untuk mencapai halaman satu Google.com, setiap niche blog rata-rata menghabiskan $50. Teknik link building yang saya lakukan akan saya informasikan di postingan selanjutnya.

Diversifikasi Sumber Penghasilan

Proyek 100 niche blog ini awalnya akan saya monetisasi dengan Google AdSense. Namun, saya berpikir ulang karena menggantungkan penghasilan dari satu sumber sangat besar resikonya (seperti pepatah don’t put all your eggs in one basket) .

Oleh karena itu, saya mendiversifikasi sumber penghasilan. Sumber-sumber penghasilan yang sedang dan akan saya coba adalah Infolinks, afiliasi Amazon, dan afiliasi ClickBank.

Ngomong-ngomong, jika Anda punya usul atau saran mengenai proyek saya ini, silakan menginformasikannya pada bagian komentar di bawah ini.

Ebook Gratis untuk Anda

cover bawah postDownload (unduh) ebook "Cara Saya Menghasilkan Rp 620 Juta dari Blog". Dengan mengunduhnya, Anda sekaligus berlangganan newsletter Blogodolar. Manfaat berlangganan newsletter ini antara lain Anda akan mendapatkan diskon 50% dari buku-buku terbaru saya dan tips/trik ngeblog yang belum pernah saya publikasikan di Blogodolar. Ketikkan nama dan email Anda pada kolom di bawah ini sehingga Anda akan segera mendapatkan ebook tersebut.

Headline

Comments

  1. wah kok mulai bercabang mas, ga fokus di google adsense,, biasanya yang merambah kebisnis lain itu menunjukkan sebuah kematangan pada bisnis lamanya? benar begitu ga mas, Kalau saya sendiri belum tertarik untuk bermain amazon, maupun clikbank walau saya sudah tergabung dengan kedua situs tersebut sudah sejak tahun 2009,, saya pikir belum cocok buat orang-orang yang bermodal pas-pasan,, he
    Oya mas gimana kelanjutan infolink apakah semakin berkembang ? saya tertarik mendengar kelanjutannya,he
    Semoga sukses aja mas, sepertinya rencana sampean membuka jasa penulisan artikel bahasa Inggris bisa dilanjutkan jika melihat keluhan anda tersebut. Itu menunjukkan peluang yang baru,, jasa artikel bahasa Inggris khusus buat target SEO, lanjutkan mas, Jangan lupa panduan Nyari duit dari blognya yah,, ditunggu ni, karena lebih enak belajar dengan orang2 yang sudah jelas-jelas kredibilitasnya seperti sampean, ketimbang belajar ma yang belum terlihat hasilnya tapi dah jual ebook,,he2

    • Seperti saya sebutkan di atas, terlalu besar resikonya jika bergantung kepada Google Adsense. Spencer Haws juga sudah mulai merambah Amazon, Kontera, dan lain-lain.

      Strategi yang saya lakukan, bisa saja seperti ini:
      -50 blog untuk GA
      -30 blog untuk infolinks
      -15 blog untuk Amazon
      -5 blog untuk ClickBank

      Infolinks semakin baik, dalam 7 hari terakhir mencapai $120 per day. Alhamdulilah…

      Yup, saya berencana membuat jasa penulisan artikel dengan para penulis orang bule. Tarifnya $5-$6 per artikel 400 kata.

      Btw, eBook saya masih in progress. Perkiraan launching adalah bulan Mei atau Juni 2012. Saya tidak ingin buru-buru Mas karena masih memonitoring kestabilan penghasilan online saya.

  2. Mas Fakry, selamat sudah membuat niche blog. Yes, sebaiknya memang pelan-pelan dalam membuatnya kalau ada kendala dalam biaya.

    Perihal sumber penghasilan, GA bahasa Indonesia juga tidak masalah. Cepat atau lambat Mas Fakry akan menguasainya (asal bersungguh-sungguh).

  3. wah cocok tuh? aku juga pengin kayak gitu donk?

  4. kang, ini update kesatu ya. Saya tunggu update keduanya kang.
    Boleh gak minta saran buat saya yang lagi mulai ngeblog kang.?
    Makasih kang

  5. Setelah ngikutin blog ini saya punya 5 niche blog GA Untuk luar negeri… Satu blog personal berbahasa indonesia… Klo boleh tanya, riskan gak kang klo ke 5 niche tersebut saya gabung dengan infolinks?

  6. proyek apapun pasti tidak mudah. Saya pribadi blm berfikir kesana krn msh terbebani sbg abdi negara dan masyarakat. skrg lagi belajar buat 1 niche blog itupun krn terdorong oleh blog ini. terima kasih mas, sy doakan semoga kemudahan selalu menyertai kita semua. amin.Launching ebooknya ditunggu, krn sy yakin Insya Allah informasinya pasti bermanfaat untuk kita.

  7. Klo saya sepertinya belum ada sarang Mas. Bebarapa niche blog saya belum menunjukkan taringanya. Saya tunggu startegi link bulidingnya Kang. Sebab point ini yang saya pikir paling sulit.

  8. 30 domain yang blognya dihapus dikemanakan atuh kang? Daripada dibiarkan expired nganggur, coba saja dilisting di forum2 dengan harga $10-20 mungkin laku tuh. Soalnya saya duga-duga domain2nya EMD semua, keyword dah diriset kompetisi dan profitabilitasnya, plus *mungkin* halaman-halamnnya masih terindeks di gugel.

    Misal saja listing berjudul “Only $15: 30 low competition EMDs with search >1500/month!!”..wuih, saya pun pasti ikut tengok-tengok tuh kang…hehe

  9. saya juga pernah mengalami beberapa kendala spt di atas kang, spt penulis kontent lokal, skrg lebih memilih penulis kontent luar, sebagai perbandingan saja, untuk penulis lokal sekitar $3/artikel, skrg pakai penulis luar $12/artikel. kecuali untuk dummy blog masih pakai penulis lokal.

    untuk hosting baru bulan kemarin pindah dari reseller hostgator, karena tidak sanggup menampung blog wordpress saya yg cuma berjumlah 30an, padahal itu semua minisite yang isinya paling banyak 10 artikel.

    sebagai alternative penulis artikel mgkin bisa di coba hxxp://articlewritingetc.com, harganya tdk begitu mahal, saya baru coba beberapa kali, menurut saya hasilnya lumayanlah, bisa menghemat sedikit biaya.

  10. ya saya setuju mengenai jasa penulis artikel, karena banyak penulis artikel yg tidak ahli dalam sautu bidang tapi memaksakan untuk menulis artikel di bidang tersebut.
    lalu kalau di textbroker dan situs serupa, apakah mereka (para penulis) membatas ruang lingkup bidang yg akan mereka tulis?

  11. sungguh mengagumkan kang yudi. semoga tahun ini saya bisa menyusul…

  12. Aksesoris Wanita says:

    Ditunggu nih teknik link buildingny. Saya baru mau mencoba awal Maret proyek 10 website untuk affiliate amazon. Tks artikelnya, nambah semangat nih.

  13. Hal ini untuk saya merupakan pembelajaran yang sangat menguntungkan untuk ditiru ( bukan berarti meniru seperti copas ). karena saya blogger pemula, saya pun berminat dengan penghasilan dolar melalui internet. untuk itu, hal ini saya anggap sebagai acuan saya dalam melangkah kedepan. sukses untuk kang yudiono

  14. software pembukuan says:

    niche kontent memang sangat berpengaruh terhadap traffic kang … saya dah mencobanya…. Infolinks sepertinya mantap, silahkan di optimasi kang …. salam kenal ….

  15. sekedar saran ya mas, lebih baik mas juga mempelajari tentang GOOGLE PANDA, karena saya sudah baca2 ternyata banyak yang berbeda cara menentukan rankingnya. Pernah saya mencari keyword lalu saya search di googlenya langsung dan alhasil yang nongkrong di ranking 1 itu blog yg PR 0 dan yg link ke blog tersebut sedikit.
    cuma saran ya.. :)
    salam sukses!

  16. kang Yudiono,
    kalau teknik link building yang efektif gimana yah?
    saya masih merasa teknik link building yang saya lakukan belum cukup efektif.

  17. wah, mantep om…
    kalau mau yang besar, harus melakukan yang besar juga toh?

    semoga sukses,,,
    sebagai nubi, dengan membaca tulisan ini, kemudian saya berpikir dan bertekad; saya juga harus bisa melakukan seperti yang om lakukan.

    sukses selalu om… :)

  18. Kang, saya tunggu ya buat update yang kedua.
    sukses selalu kang.

  19. Kang Yudiono, ada gak tips nya buat para blogger yang ingin memulai banyak niche blog seperti yang Kang Yudiono lakukan. Terus gimana mengatasi kendala soal Bahasa Inggris?
    Terima kasih Kang.

    Salam

  20. Semoga ke- 20 blog anda sukses menjaring pundi2 dollar

  21. lagi belajar buat niche blog mas..
    cuma bingung sekrang lagi gak ada modal buat artikel.. :(

  22. kutulis says:

    pengen ngikutin jejak om, tapi masih baru harus lebih extra kerja keras dulu, jika nanti waktunya sudah pas untuk prouyek pertama buat 5 blog dulu deh.. setelah itu baru tambah tambah lagi…

  23. newbie seperti saya hanya bisa memahami apa yang master ulas aja. nanti kalo sudah ngerti baru memulainya.

  24. download software says:

    mantep banget bro…..
    bikin proyek kayak gitu….

  25. Kalo Emang EMD, pastinya domain yang kemarin tidak dikembangkan bisa dijual dengan mudah di forum ads-id. Btw, EMD project klo disandingkan dengan amazon biasanya paling mantep tuh

  26. wah hebat kang… dari pertama saya ngeblog teruterang ngeluarin biaya cuma buat bayar ngenet aja.. tak disangka ada perjuang seperti anda.. Lanjutkan Kang..

  27. Jefferly Heliathusofri says:

    tampak tidak mudah memang menjadi seorang blogger dengan banyak blog.

  28. mending bikin authority blog dengan niche yg sempit, daripada bikin ratusan blon niche

    bikin authority blog 5 buah saja, masing2 blog di isi dengan setidaknya 500 artikel / posting dengan niche yg lebih khusus, maka potensi bisa dapet 300 – 500 per hari per blog. maka kalo Punya 5 authority blog, berpotensi mendapat total 2500 visitors / hari

    Di sini kita lebih fokus alokasikan dana ke jasa penulis content berkualitas dengan total biaya (untuk 2500 artikel, 500 words) yaitu sekitar Rp50.000.000. Sedangkan untuk domain, kita cukup merogoh kocek Rp1jt per tahun. Lalu untuk SEO, cukup Rp1jt per blog / tahun.

    Sejauh yg kami alami dalm pembuatan authority site dengan konten unik dan banyak jumlahnya, tidak perlu SEO yg mahal. Yang penting sitenya terlihat profesional dan user merasakan manfaat, lalu mereka share ke social media, dan kita juga share / bookmark , lambat laun paling lama 1 bulan, kita sudah bisa dapet tuh 300 – 500 UV per hari

    dan yg penting anti Google Penguin :3

  29. Thanks for the positive review and comment! Let me know if there is ever anything more I can assist you with! Shawn

  30. info menarik gan …. :)

  31. Cerdas Manfaat says:

    wah luar biasa ternyata perjuangannya… saya masi pemula dan bisa dibilang websitenya masih belum fokus dan baru ada 40postingan artikel, semoga bisa menyusul mas untuk penghasilannya :D

  32. diet sehat says:

    Luar bisa 100 blog cara bagi waktunya bagai mana yah ? ana yang 30 blog aja udah pusing ………….