Blogodolar Pindah Hosting ke HostGator

ilustrasi pindah hostingSeminggu terakhir ini saya sibuk memindahkan Blogodolar dari Doreo ke Hostgator. Pemindahan ini karena akun saya di Doreo telah melebihi kuota disk usage yang diperbolehkan (5GB). Akun tersebut saya gunakan juga untuk 2 blog saya yang lain, yaitu ozrisk.com dan homedecorcrunch.com (dua blog abal-abal yang saya buat sebelum mengenal micro niche blog).

Pemindahan Blogodolar awalnya akan saya lakukan sendiri. Namun, saya tidak bisa melakukannya karena jaringan internet yang tidak mendukung saat saya mendownload file dan folder Blogodolar (3.2 GB).

Saya kemudian mengunjungi Fiverr dan mencari orang yang menyediakan jasa memindahkan blog wordpress. Setelah menyeleksi beberapa gig, saya pun memesan sebuah gig ekspress transfer blog wordpress dari orang Rumania. Sayangnya satu jam kemudian orang terebut membatalkan pesanan saya dengan alasan ukuran file Blogodolar terlalu besar.

Di bawah ini adalah email pembatalannya:

Hi Yudi!

I would accept to transfer your blog, but it’s too big. I don’t have good upload speed, nor I can zip it.
It would take too much time(I’m pretty sure it would take whole day). I’m so sorry and please accept my apologies. Thanks for the understanding.

Regards,
Stefan

Saya pun mencari gig lain, dan akhirnya memesan satu gig dari orang Amerika Serikat dengan delivery time 2 hari. Satu hari kemudian orang tersebut membatalkan pesanan saya dengan alasan proteksi spam akun saya di Hostgator.

Yudi,

I was able to export all your files (around 3.2GB) but Hostgator would not accept them all, it kept timing me out, probably due to spam protection. It looks like I cannot complete this transfer due to this, we can mutually cancel though and you will be refunded.

Saya kebingungan mendapati keadaan ini. Saya berniat meminta bantuan teman sepekerjaan dahulu, namun urung karena tahu dia sibuk dengan pekerjaan kantornya.

Untunglah saya ingat bahwa Hostgator memberikan bonus transfer sebuah blog. Saya pun chatting dengan costumer servicenya, dan dipandu mengisi formulir transfer blog.

Singkat cerita, Blogodolar selesai dipindahkan 36 jam kemudian oleh seorang transfer administrator Hostagor. Saya pun diminta untuk melihat hasil transferannya di SWAMP akun saya.

Berikut adalah kutipan pemberitahuannya dari Hostgator:

Here on S.W.A.M.P. you will be able to review the newly transferred content on your HostGator account(s) after the initial transfer process. Please be aware that this is a temporary viewing method and will not reflect the actual loading speed of your website(s) and data. If you find any errors/issues within this site, please respond directly to your Transfer ticket with detailed steps for us to reproduce the error/issue so that we can thoroughly investigate.

To the left is a list of all websites that have been transferred, organized by account (each account will have its own “drawer”). The last few steps of the transfer process start here. You’ll first need to review the content on your HostGator account to ensure everything is working properly and no special settings need to be tweaked.

Setelah memastikan hasilnya baik, saya pun mengubah domain name server (DNS) Blogodolar ke Hostgator. Propagasi DNS ini memakan waktu 24-48 jam.

Many thanks for Hostgator team. Now it is time to work again on Blogodolar!

Comments

  1. Gus Adit says

    Koq kebetulan hampir sama saya Kang. Saya ada rencananya mau pindah juga dari Bluehost ke Fatcow. Blog dunia komputer saya sering membuat masalah di bluehost. Terlalu banyak memakan resource katanya. Akun saya sering kena suspen. Namun, karena agaka repot jika pindah kontrakan saya jadi ragu untuk pindah. Lagian blog yang saya host disana juga cukup banyak.

    Btw, Kang Yudiono pake VPS apa Shared hosting? Saya tunggu cerita dan pengalamannya menggunakan hostgator.

    • says

      Saya pakai shared hosting Hostgator, Gus. Paketnya Baby Plan karena trafik Blogodolar masih biasa-biasa saja (500 UV/day). Paket ini saya cicil tiap bulan (sekitar $10). Anyway, setahun terakhir ini saya beli 4 paket Hostgator (3 Baby Plan + 1 Aluminum Reseller).

        • Kang Yudiono says

          Untuk dipake sendiri, Mas Parman. Jumlah blog yang bisa dibuat di akun tsb bergantung paket yang kita buat. Sampai saat ini saya host 20 blog di akun tsb.

  2. says

    3.2 GB buat nyimpen apa aja tuh kang, kok banyak banget ya.. Padahal saya liat postingan-postingan di blog ini juga tidak terlalu banyak menggunakan gambar.

    • says

      Yup, postingan-postingan Blogodolar tidak banyak gambar, Mas Sugeng. Yang paling banyak memakan space adalah back up database. Sampai saat ini saya belum tahu cara menekan space database backup tersebut. Do you have any ideas or advices to solve my problem?

  3. Kevin says

    wah selamat kang.
    ditunggu review-nya di hostgator.
    saya denger2 ini salah satu web hosting yang bagus juga :D
    tapi sementara ini saya puas pakai hosting di server IIX :D

  4. says

    Yang terindeks adalah URL based on domain (posts/pages/category, dsb). Di mana pun hosting Anda, jika URL domain tidak berubah akan tetap terindeks.

  5. says

    Waduh 3.5 GB gede banget ya :D… Semoga tidak bermasalah lagi Kang…. btw saya pengen juga nih pindah host. Saya punya masalah nih Mas, blog saya tidak bisa diakses pakai internet rumah. Tapi kalau diakses di luar (misalnya kantor) itu bisa. Kenapa ya? Mas atau teman-teman yang lain ada yang tahu solusinya? Terima kasih sebelumnya.

  6. Yayan says

    Waduh, saya belum pernah tuh kang Pindah-pindah Lahan… Mungkin karena saya belum ngalamain seperti kang Yudiono kali ya… Blog pesonal atau abal-abal lebih suka menggunakan Blogspot saja dengan beli TLD, kecuali Buat “micro niche blog” kepaksa harus beli lahan….

  7. says

    Hostgator memang bagus apalagi untuk menjaring pembaca dari internasional, kecepatan server hostingnya dapat diandalkan
    Moga2 kepindahan ini menjadi sebuah langkah yang baik untuk blogodolar dikemudian hari..

  8. says

    saya mau tanya kang.. hosting lokal yang bisa d rekomend ma ane.. soalnya mau bikin website..tp masih newbie..buat promosi bengkel kang..thnks ya.l.

  9. hipnoterapi says

    kalau sekarang..hosting yang di rekomendasikan apa mas?? mau beli hosting nih..