Duel Blog Niche 3: Blog Niche Saya Tentang Tankless Water Heater

Seperti yang telah saya informasikan sebelumnya, saya memilih kata kunci tankless water heater reviews sebagai kata kunci utama yang saya bidik. Blog niche yang saya buat untuk kata kunci tersebut adalah TanklessWaterHeaterReviews.biz. Sampai tulisan ini dibuat, blog tersebut belum terindeks di Google dan baru berisi 6 artikel.

Pada postingan kali ini saya akan memaparkan “di balik layar” pembuatan blog niche tersebut.

1. Domain

Pencarian bulanan kata kunci tankless water heater reviews adalah 6.600 (global) dan 5.400 (Amerika Serikat). Sesuai dugaan saya, exact match domain (EMD) berektensi .com/.net/.org untuk kata kunci tersebut sudah dibeli orang.

Setelah mempertimbangkan beberapa hal, saya memutuskan membeli EMD berekstensi .biz di NameCheap (lihat tutorialnya di sini). Jujur saja, saya baru kali ini membeli domain berekstensi .biz.

Mengapa saya tidak membeli domain tankless water heater reviews yang ditambahi akhiran atau awalan?

Karena terlalu panjang, contohnya tanklesswaterheaterreviewspro.com. Awalan atau akhiran biasanya saya tambahkan untuk kata kunci yang jumlah suku katanya 1-3, jika EMD berekstensi .com/.net/.org untuk kata kunci tersebut sudah dibeli orang.

2. Hosting

Untuk berhemat, saya tidak membeli paket hosting baru namun menggunakan paket hosting baby yang saya miliki di Hostgator. Jika Anda belum tahu cara menyewa hosting di HostGator, Anda bisa membaca dan mengunduh tutorialnya di postingan ini.

3. Theme

Theme yang saya gunakan adalah Genesis dengan child theme Prose. Yup, keduanya saya pakai juga di Blogodolar.

4. Plugin

Tidak banyak plugin yang saya gunakan karena memang jumlahnya disesuaikan dengan kebutuhan blog niche. Sampai saat ini, saya baru memakai 3 buah plugin, yaitu:

  • Google XML Sitemaps (untuk membuat peta situs)
  • All in One SEO Pack (untuk membuat home title dan description)
  • Genesis Favicon uploader (untuk mengganti favicon bawaan Genesis)

Untuk ke depannya, saya akan menambahkan plugin-plugin berikut:

  • Efficient Related Posts (untuk membuat artikel terkait)
  • Genesis Simple Hooks (untuk menambahkan logo di header)

5. Tampilan Halaman Depan

Tampilan halaman depan (front page displays) disetel menampilkan postingan terbaru. Tampilan ini berbeda dengan blog-blog niche saya yang lain yang disetel menampilkan halaman statis.

Mengapa? Karena yang saya bidik adalah kata kunci tankless water heater reviews sehingga saya harus membuat banyak review dari beragam tankless water heater yang ada di Amazon.

Lain halnya bila yang saya bidik kata kunci tankless water heater. Saya akan membuat sebuah artikel utama (500-1.000 kata) dalam bentuk page dan page tersebut akan disetel sebagai static page di halaman depan.

6. Konten

Saya belum pernah menggunakan tankless water heater sehingga tidak tahu tentang produk tersebut. Oleh karena itu, pada tahap pertama saya harus mencari tahu informasi dasar tentang produk tersebut. Informasi-informasi yang saya peroleh saya tuangkan dalam tiga panduan berikut ini:

Ketiga panduan tersebut diharapkan mengedukasi pengunjung yang memang belum tahu tentang tankless water heater.

Bagaimana dengan review produk yang saya buat?

Terus terang saya agak kesulitan memilih tankless water heater yang akan dibuatkan reviewnya karena deskripsi produknya singkat. Walaupun demikian, saya memutuskan untuk membuat review yang mengandung keunggulan produk, kesan pembeli, dan tempat membeli.

Untuk lebih jelasnya, silakan Anda lihat pada:

Terlepas dari itu, saya tidak membuat keenam artikel di atas, namun saya memesannya di iWriter. Jika Anda tertarik memesan artikel di jasa penulisan artikel milik Brad Callen tersebut, silakan Anda unduh tutorialnya di Cara Memesan Artikel di iWriter.

Biaya

Sampai saat ini saya menghabiskan sekitar $42,6. Rinciannya adalah $9,6 untuk membeli domain dan $33 untuk membeli 6 artikel di iWriter.

Apa Selanjutnya?

Saya akan menambahkan 4 review lagi sebelum melakukan link building. Selain itu, saya juga akan membuat logo dan gambar header sehingga tampilan blog niche saya tersebut lebih “nendang”.

Apa target saya untuk blog niche tersebut? Bagaimana strategi saya dalam membangun link building? Saya akan menginformasikannya minggu depan. So, stay tuned!

Comments

  1. says

    waah inspiratif sekali kang tulisan kali ini, Sy jadi terinspirasi ingin membuat sesuatu..mantap..terima kasih kang.

  2. Panduan Belajar Blog says

    saya pikir keputusannya tepat untuk tidak menambah awalan/akhiran pada URL karena belum ditambah saja sudah cukup panjang. ekstensi domain .biz juga banyak digunakan karena fokusnya pada dunia bisnis.

    template baru ini cepat, saya senang melihatnya. minimalis dan mudah dijelajahi.
    tertarik untuk membaca postingan sewa hosting di hostgator dan domain di namecheap.

  3. says

    Seperti nya kayak gambling ya mas, ketika memilih kata kunci ini. Tapi saya yakin dengan feeling bisnis Mas Yudiono pasti bisa menghasilkan banyak Doolar. Sip

    • Herman Yudiono says

      Joemanto,

      Gambling apa maksudnya? Alasan saya memilih kata kunci tankless water heater reviews kan sudah saya jelaskan sebelumnya.

  4. says

    wah wah, semua artikel diborong dari iWriter ya mas..

    saya ikutan DBN mas.. setelah ini akan saya buatkan artikel bahwa saya benar-benar pengen ikut.

  5. says

    Artikel ini bisa dijadikan acuan bagi yang ingin menghasilkan dolar di Amazon, walaupun masih belum komplet di mana Kang Yudi belum memasang call to action dengan link affiliate-nya.

    • Herman Yudiono says

      Bli Ketut,

      Thanks. Perihal call to action, ada koq di bagian Where to buy di setiap review. Lengkap dengan link afiliasinya. ;)

  6. Belajar SEo says

    gak sabar nih pengen lihat cara nge backlink nya gan, makasih sudah berbagi hal – hal yang seperti ini

  7. says

    Dari awal DBN di adakan saya terus memantau perkembangannya,,sekalian mempelajari ilmu2 yang di berikan.saya jadi mulai tertarik untuk mencoba blog niche, dan sekarang sedang mencoba membangun 1 blog niche yang terus terang ilmunya semua saya dapat dari sini..semoga bisa sukses seperti anda, ya minimal mendekati lah,, hehehehe
    Sukses terus mas !

  8. says

    Maaf mas Herman mau tanya : untuk mendapatkan theme Genesis dengan child theme Prose itu di mana ya? Terima kasih