Bagaimana Saya Mempromosikan Blogodolar Dalam 3 Bulan Pertama

Postingan ini adalah bagian keenam dari postingan berseri Fase Ngeblog Saya. Jika Anda belum membaca bagian sebelumnya, silakan simak bagian 1, bagian 2, bagian 3, bagian 4, dan bagian 5.

Saya sering mendengar bahwa content is king. Pernyataan ini memang benar, namun bagi blog baru belumlah cukup. Perlu upaya tambahan yaitu mempromosikannya. Berangkat dari pemahaman ini, saya pun menempuh cara gratis dan berbayar untuk mempromosikan Blogodolar dalam 3 bulan pertama.

Cara gratis yang saya lakukan adalah:

1. Aktif di mailing list

Jauh sebelum mengenal blog, saya aktif berinteraksi dengan rekan-rekan di mailing list almamater. Setelah mempunyai Blogodolar, saya lebih aktif berinteraksi di mailing list tersebut.

Dalam interaksi tersebut, saya menginformasikan postingan terbaru Blogodolar, berharap rekan-rekan mengunjungi blog saya. Hasilnya? Sedikit pengunjung yang datang karena mungkin postingan saya tidak menarik bagi mereka.

Jumlah pengunjung ini membuat saya introspeksi diri bahwa mailing list almamater bukan wahana yang tepat untuk berpromosi. Selain topiknya seputar dunia akademik, terkadang para anggotanya lebih tertarik memperbincangkan berita-berita yang lagi semarak di media massa dan media elektronik.

2. Blog walking (BW)

Saya melakukan BW ke blog-blog sahabat saya saat ngeblog di blog gratisan. Setiap hari saya BW ke 10-20 blog sahabat. Selain ke blog sahabat, saya pun BW ke blog-blog ternama di Indonesia. Saya rajin berkomentar di lebih 10 blog tiap harinya. Hasilnya cukup lumayan menaikkan trafik Blogodolar.

3. Mendaftarkan postingan ke Lintas Berita

Saat ngeblog di wordpress.com, salah satu postingan saya didaftarkan oleh seseorang ke Lintas Berita. Postingan tersebut menjadi hot dan mengirimkan lebih dari 500 pengunjung.

Dari pengalaman ini, saya mendaftarkan setiap postingan Blogodolar ke Lintas Berita. Hasilnya? Baru postingan yang ditulis pada 31 Agustus 2009, yaitu 5 Blogger Wanita Paling Ngetop di Dunia, yang menjadi hot. Untuk pertama kalinya, blog ini mencapai 800 page views dalam sehari.

4. Blogger tamu

Saya membaca undangan menjadi blogger tamu di Blogguebo, salah satu blog Indonesia yang selalu saya tongkrongi. Tanggal 5 Juli 2009 saya menirimkan sebuah tulisan.

Sehari kemudian Medhy Aginta (pemilik Blogguebo) menyetujuinya dan menginformasikan bahwa tulisan saya tersebut akan dipublikasikan akhir bulan. Saya sangat gembira mengetahui informasi ini.

Kegembiraan ini saya tumpahkan dengan berjingkrak-jingkrak sendiri (layaknya Roger Federer memenangi gelar Australia Terbuka) di kamar kerja saya. Untunglah isteri saya tidak melihatnya sehingga dia tidak kaget.

Tulisan tamu saya pun muncul di akhir Juli 2009. Sayangnya, trafiknya tidak melimpah, hanya sekitar 10 orang yang datang per hari dari blog tersebut. Namun, postingan tamu tersebut secara tidak terduga meningkatkan jumlah pelanggan dari 12 pelanggan menjadi 30 pelanggan dalam kurun waktu seminggu.

5. Mengontak kolega kerja

Setiap hari saya menggunakan email dalam berkomunikasi dengan kolega kerja. Nah, di bagian signature, saya sertakan link ke postingan atau home page Blogodolar.

Ada kalanya saya secara sengaja meminta kolega kerja untuk berkunjung. Namun, kedua cara di atas tidak efektif karena kolega saya tidak menyenangi ngeblog.

Selain cara gratis, saya pun berpromosi melalui cara berbayar, yaitu:

6. Menjadi Sponsor Kontes

Saya menjadi sponsor kontes menulis Nothing Impossible yang diselenggarakan oleh Dinda Ayu Rahmi. Bentuk sponsor ini berupa 5 domain dot com untuk pemenang 1-5.

Walaupun pengunjung yang datang tidak menggembirakan, saya tetap senang karena Blogodolar mulai dikenal oleh blogger lain, setidaknya para peserta kontes tersebut.

Itulah 6 cara yang saya tempuh untuk mempromosikan Blogodolar dalam 3 bulan pertama. Bagaimana dengan Anda? Apa yang Anda lakukan untuk mempromosikan blog Anda dalam 3 bulan pertama?

Info: Dalam postingan berikutnya (postingan terakhir postingan berseri ini) saya akan menuliskan mengenai impian terbesar saya sebagai blogger. Jangan lewatkan, karena siapa tahu impian saya tersebut mirip dengan impian Anda.

Comments

  1. Artikel Komputer says

    Saya hanya baru 2 dan 3 Kang. Lumayan juga ada trafik dari sana. Saya tunggu seri selanjutnya.

  2. catatan blogger amphibi says

    wah sb ternyata masih yang terbaik tampaknya buat promosi ya kang

    thx dan sukses kang

  3. says

    3 bulan pertama, saya masih bloon. saya hanya menulis dan blogwalking saja mas.
    Jadi hasilnya memang tidak memuaskan. Saya juga pernah menjadi sponsor setelah blog saya agak mapan.

    salam hangat dari BlogCamp

  4. Jeng Liz | Program Afiliasi Gratisan says

    Lagi bikin PDF SEO nie…tapi blom bisa kasih reportnya krn baru ajah upload pdf nya :) Bulan depan ajah lihat hasilnya…nanti kureport ke teman2 :) Dgn PDF SEO kita bisa mengoptmalkan hosting unlimited hehe kebetulan aku pake hostgator :)

  5. says

    mas…kalau tema blog kita bukan blogging rasanya agak payah juga buat menjadi blogger tamu….padahal memang menjadi blogger tamu banyak untungnya. apalagi jika artikelnya dipublikasikan di blog yang banyak pengunjungnya

    • says

      Tidak masalah Mas/Mbak.
      Apapun tema blog Anda, pengalaman Anda bisa dituliskan menjadi tulisan tamu.
      Misalnya, Anda mengelola blog peternakan.
      Anda bisa menulis seperti ini:
      - 5 Trik Saya Meningkatkan Trafik Blog Peternakan Saya
      - Bagaimana Saya Menghasilkan Rp 1 Juta dengan Blog Peternakan Saya.
      - dsb.

  6. andoko says

    Artikel yang bagus untuk pemula seperti saya. Hanya saja saya masih bingung sendiri unutk membuat postingan yang menarik…

  7. Power Alternatif says

    dari blogwalking+lintasberita+update artikel+spam iklan baris, hasilnya masih ajah jarang yg dateng, blognya mikro niche jadinya memang jarang yg dateng tapi kalo udah dateng biasanya langganan terus coz memang pengunjung yg datang lagi itu cari info baru dari blog ane..capeeeee promo blog dibulan pertama…cape bgd..hhehe..