10 Tips Jitu Agar Blog Anda Diterima Google Adsense

Google Adsense ApprovedGoogle Adsense (GA) merupakan salah satu cara mendapatkan uang dari internet. Selain berpotensi meraup banyak uang, blog yang dimonetisasi dengan cara ini laku keras saat dijual di Flippa.

Sayangnya, tidak semua orang disetujui sebagai penerbit GA. Alasannya beragam mulai dari blog yang belum mematuhi kebijakan webmaster, navigasi tidak jelas sampai konten yang kurang.

Hal yang sama terjadi pada saya. Walaupun saya sudah tiga kali memiliki akun GA atas nama saya, ibu saya, dan bapak saya (semuanya di-banned), faktanya saya ditolak sampai tiga kali saat daftar GA atas nama teman saya.

Saya lantas mengubah strategi dengan mendaftarkan blog lain. Alhmadulilah, blog tersebut disetujui GA (lihat buktinya pada gambar di bawah ini).

Akun Google Adsense

Terlepas dari itu, jika Anda ingin menjadi penerbit GA, ikuti tips-tips berikut ini:

1. Buat blog yang berisi tips atau how to

Saya pertama kali mendapat akun GA saat mendaftarkan paperwritingtips.com. Blog yang sekarang sudah tidak aktif tersebut berisi artikel berjenis tips dan bagaimana (how to) menulis skripsi yang baik. Yang mengejutkan, blog tersebut disetujui dalam waktu 24 jam.

Teringat hal tersebut, saya menyeleksi 10 blog berbahasa Inggris yang saya buat September 2012 lalu. Pilihan saya jatuh pada satu blog bertopik terapi yang berisi 11 artikel berjenis tips dan how to.

Saya mendaftarkan blog tersebut ke GA pada pukul 16:00 WITA, 21 Desember 2012.  Empat hari kemudian blog tersebut disetujui. Saya lupa jam pastinya karena iklan GA sudah muncul ketika saya mengunjungi blog tersebut pada 24 Desember 2012 pukul 11 malam WITA (padahal jam 17:30 WITA iklan tersebut belum muncul).

Berkaca pada hal di atas, Anda sebaiknya membuat artikel berjenis tips dan how to jika ingin blog Anda disetujui sebagai penerbit GA. Jenis artikel ini tidak sulit dibuat karena merupakan salah satu artikel pilar.

Sebagai gambaran, bila topik blog Anda adalah car, maka artikel yang bisa Anda buat antara lain:

  • How to Inspect a Car Engine
  • 10 Tips to Get Car Loan with Bad Credit
  • How to Avoid Car Scams When You Buy a Used Car Online
  • …dan seterusnya.

2. Jumlah artikel minimal 10

Jumlah artikel yang harus ada di blog saat didaftarakan ke GA masih belum jelas. Ada yang bilang minmal 10, 20, dan seterusnya. Namun, saya punya pengalaman menarik saat sebuah blog berisi 5 artikel disetujui juga oleh GA. Itu terjadi saat saya mendaftar atas nama nama ibu saya pada pertengahan Desember tahun lalu.

Terlepas dari itu, Anda sebaiknya memublikasikan minimal 10 artikel (masing-masing minimal 400 kata). Jika kurang, ada kemungkinan blog Anda masuk kategori less content sehingga ditolak GA.

3. Buat artikel yang 100% lolos CopyScape

Sekarang ini bukan eranya copy paste (copas). Selain melanggar hak cipta orang, artikel copas kemungkinan akan susah masuk Top 10 Google. Oleh karena itu, Anda harus membuat artikel yang 100% lolos CopyScape.

Jangan khawatir jika Anda tidak bisa menulis dalam bahasa Inggris. Anda bisa memesan artikel di jasa penulisan artikel lokal atau luar negeri. Bagi Anda yang tertarik memakai jasa penulisan artikel luar negeri, saya merekomendasikan iWriter.

Semua artikelnya sudah 100% lolos CopyScape saat dikirimkan ke Anda sehingga menghemat waktu karena Anda tidak perlu mengeceknya lagi di CopyScape.

4. Buat artikel dengan tata bahasa yang baik

Artikel Anda tidak cukup lolos 100% CopyScape, namun harus juga memiliki tata bahasa (grammar) yang baik. Mengapa? Karena seorang spesialis GA akan ditugaskan untuk meninjau blog Anda. Jika dia tidak mengerti maksud artikel Anda karena tata bahasanya tidak benar, maka dia akan merekomendasikan untuk menolak permohonan Anda sebagai penerbit GA.

5. Buat navigasi blog yang sederhana dan jelas

Navigasi blog di sini bisa berupa internal link, menu header, artikel terkait, dan menu sidebar. Anda harus membuat semua navigasi tersebut secara sederhana dan jelas. Contohnya:

  • Warna link biru akan cocok dipadukan dengan latar belakang putih
  • Artikel terkait ditempatkan di bawah artikel
  • Menu header berisi hanya 4-6 item
  • Sidebar berisi postingan terkini, kategori, dan tombol sosial media

6. Tambahkan video yang relevan

Kepuasan pengunjung adalah tujuan yang harus Anda capai saat memublikasikan artikel. Oleh karena itu, tambahkan video yang relevan dengan topik yang Anda bahas. Anda bisa menggunakan video sendiri atau video orang lain dari YouTube.

Tidak semua artikel perlu ada videonya. Persentase keberadaannya bisa 30-50% dari total artikel Anda.

7. Buat logo blog

Salah satu faktor profesionalitas sebuah blog adalah logo. Oleh karena itu, blog Anda harus memiliki logo agar memiliki kesan profesional. Anda bisa memesan logo tersebut di Fiverr atau membuatnya sendiri dengan photoshop.

8. Buat halaman about yang informatif dan terpercaya

Blog Anda harus memiliki halaman About yang informatif dan terpercaya. Dalam pandangan saya, informatif berarti memuat informasi tentang tujuan pembuatan blog tersebut. Adapun terpercaya adalah menuliskan identitas pemilik blog tersebut. Ingat, identitas yang ada di halaman About harus sama dengan identitas yang didaftarkan ke GA.

9. Buat halaman Kontak, Privacy Policy, dan DMCA

Selain halaman About, Anda harus juga membuat halaman Kontak, Privacy Policy, dan DMCA. Halaman kontak akan memudahkan pengunjung menghubungi Anda jika mereka punya pertanyaan yang hendak mereka tanyakan. Halaman Privacy Policy menyatakan bahwa Anda menghargai privasi pengunjung blog Anda. Adapun halaman DMCA adalah pernyataan bahwa blog Anda tidak melanggar hak cipta orang lain.

Referensi:

10. Umur blog lebih dari 3 Bulan

Seperti halnya jumlah artikel, umur blog yang didaftarkan ke GA masih belum ada patokannya (kecuali blog India yang harus berusia minimal 6 bulan). Meskipun demikian, dari pengalaman saya dan beberapa blogger lain, usia 3 bulan merupakan usia ideal.

Mengapa? Karena dalam 3 bulan Anda bisa memublikasikan banyak artikel sehingga blog Anda terindeks sempurna dan memiliki pengunjung dari mesin pencari.

Kesimpulan

Setiap orang yang disetujui sebagai penerbit GA memiliki cara-cara sendiri. Oleh karena itu, apa yang saya paparkan di atas bersifat subjektif. Namun, jika Anda mempraktikkannya dalam blog berbahasa Inggris maupun blog berbahasa Indonesia, saya optimistis peluang Anda diterima sebagai penerbit GA semakin besar.

Ebook Gratis untuk Anda

cover bawah postDownload (unduh) ebook "Cara Saya Menghasilkan Rp 620 Juta dari Blog". Dengan mengunduhnya, Anda sekaligus berlangganan newsletter Blogodolar. Manfaat berlangganan newsletter ini antara lain Anda akan mendapatkan diskon 50% dari buku-buku terbaru saya dan tips/trik ngeblog yang belum pernah saya publikasikan di Blogodolar. Ketikkan nama dan email Anda pada kolom di bawah ini sehingga Anda akan segera mendapatkan ebook tersebut.

Headline

Comments

  1. wah terima kasih infonya, umur blog saya baru satu bulan, berarti harus nunggu dua bulan lagi ya?
    kalau artikel berisi tentang agama islam bakal diterima GA gak?

  2. saran anda bgus sekali, btw apakah anda sudah berhasil dari adsense?

    • Herman Yudiono says:

      Iwanzz,

      Ditinjau dari sisi approval, saya berhasil. Bila dilihat dari sisi penghasilan, saya belum berhasil menembus $1,000 karena penghasilan terbesar dari GA adalah $585.

      Don’t get me wrong. The post is about approval by GA, not make money from GA.
      Thanks.

      • thx u mas, saya masih belajar mencari tips yang sesuai dengan GA. Termasuk belajar dari ahlinya seperti mas..

  3. Belajar bisnis online says:

    Pantesan saya selalu ditolak mentah-,mentah GA lha wong DMCA ntica ma GPP nya gak pernah bikin. hmmm jadi semangat lagi nih ngelamar GA

  4. Ilmu Rocket Marketing 2013 says:

    akan sy coba untuk buat GA pak, sy sudah coba lebih dari 2 kali..n trus ditolak…heee

  5. Shohibul Kontes Unggulan Indonesia Bersatu says:

    GA saya kembang kempis mas, kenapa ya hasilnya kok kurang memuaskan.
    Ijin mengintisarikan tips ini untuk saya post di blog saya, oleh mas. Akan saya beri link ke sini
    Terima kasih tipsnya yang gamblang
    Salam hangat dari Surabaya

  6. adsense memang memiliki daya tarik tersendiri. Namun sebenarnya banyak peluang lain selain adsense. Akan tetapi, terima kasih sudah berbagi tips

    • Herman Yudiono says:

      Okto,

      Benar, Adsense daya tariknya luar biasa. Saya ingin merasakan $1,000 pertama dari PCC ini, sehingga mencobanya kembali.
      Terima kasih sudah mampir ke sini. ;)

    • Blognya Azwar says:

      mas kok ane nggk bisa-bisa daftar GA.. selalu gagal, tdk memenuhi sarat padah blog ane sudah lengkap artikel original, pngunjung lumayan dikit, navigasi lengkap.. umur blog baru 3 bulan. mina sarannya donk gimana ini.. :)

  7. Adsense Tips says:

    setiap pengajuan Adsense selalu melahirkan cara dan trik unik sehingga menambah keragaman dalam mendapatkan akun GA, selamat atas diterima Ga Lagi mas Yudiono

  8. selamat kang, berhasil diterima GA.
    kalau saya sendiri sudah berpaling ke adnetwork lain.
    Pengalaman saya, GA mudah diterima, tapi sulit untuk dapat penghasilan yang stabil per bulan.
    Dan satu lagi : rawan di banned.

  9. pantesan saya ditolak terus karena belum memenuhi syarat seperti yang kang Yudi tulis ini

  10. Azwar Suaib says:

    iya nih mas bro… saya sudah beberapa kali mendaftar AG namun 2 kali tertolak.. setelah itu mau coba daftar lagi, ehhh sudah gak bisa… katax ” silahkan mendaftar di blogger.com” saya nggk ngerti apa maksud dari itu… terimah kasih atas artikel yang sobat buat ini, sungguh infofatif dan informatif

  11. saya kurang sependapat dengan yang nomor 2 om yang Jumlah artikel minimal 10, Blog saya blog bahasa Indonesia saya daftarin GA 100 artikel lebih baru diterima dan itu juga saya dengar dari beberapa blogger rata-rata 100 lebih artikel blog Indonesia baru di terima kalau blog Indonesia :)

  12. Guntur Go Blog says:

    Terimakasih Artikelnya Bos, sangat informatif. Saya akan mencoba apa yang Bos Tulis. Karena saya juga udah bingung daftar adsense ini. Di tolak teyuuuuuuussss’

    Best Regards,
    Guntur

  13. Saya ingin jug mendaftar Google Adsense, setidaknya belajar mencari penghasilan lewat blogging namun kelihatannya tidak mudah dan butuh keberuntungan juga ya agar blog diterima Google Adsense
    terima kasih tas penjelasannya, izin bookmark tulisan anda

  14. Mas Andank says:

    GA emang unik, banyak cara untuk lolos

  15. Memang susah dipastikan dan tidak ada rumusan yang baku agar diterima jadi penayang GA.
    Mungkin dengan membenahi alasan-alasan penolakan yang biasa tercantum dalam email pemberitahuan bisa membuahkan hasil [diterima].
    Dan saya sepakat dengan kesimpulan; paparan diatas bersifat subjektif.

  16. makasi infonya gan.., sy juga coba2 daftar ke GA., tapi saat pendaftaran buat pemasangan iklan blog ane sering diTOLAK., -_-” (sudah lebi dari 10x )?
    apa diGoogle adsense
    – gk boleh ada backLink.
    – kontennya minimal 500 karakter.
    ?

  17. ane ditolak terus gan… :)

  18. Ijin gabung gan. Ane PEMULA,..
    Sudah ane Subscribe & bookmark site agan. Mohon Pencerahan2 agan.
    Thank B4 It.

  19. Menulis Tips says:

    Adsense memang sulit bagi yang kurang paham masalah konten, intinya berusahalah membuat konten yang bermutu… itu saja! semoga kita tidak mudah menyerah

  20. Dah Berusaha Kesana Kemari, Daftar Kesana Kemari Tapi Tetap Saja Nggak Di Terima Gan… Pusing Banget….

  21. saya pernah daftarin blog tentang how to lebih spesifik topik pregnancy, artikel banyak, blog berumur, ada contact info, Privacy Policy, tapi tetep aja ditolak , emang sih blognya prusahaan dan saya adminnya, tapi kenapa ditolak ya gan katanya tidak sesuai peraturan webmaster google.
    mohon pencerahannya didalam kegelapan ini :)

    • Herman Yudiono says:

      Apakah artikel-artikel tersebut 100% lolos CopyScape? Kalau copas punya orang lain, saya pikir itu penyebab ditolaknya blog tersebut.
      Just my opinion.

  22. Lam kenal Gan. Blog Agan sangat bagus dan sangat membantu.
    nanya Gan. benarkah blogspot berbahasa Indonesia bisa diapproved GA?
    Saya baca-baca di beberapa blog, ada yang mengatakan bisa dan tidak. Gimana itu Gan, mohon pencerahan.
    Kalau sudi coba lihatin blog saya ini layak didaftarin apa tidak
    (kttsaraswati.blogspot.com)
    makasih sebelumnya Gan.
    semoga tambah sukses, dan mencapai $1,000 bahkan lebih

  23. Semua yang ditulis diatas sudah pernah kita lakukan, tapi mbah google blm terima-terima juga,,sabarrr-sabarrrrr

  24. kalo masih memakai embel2 blogspot ama wordpress bisa gak kang??

    • Herman Yudiono says:

      Priyadi,

      Blog di blogspot bisa didaftarkan, sementara itu blog di WordPress.com tidak bisa karena melanggar TOS-nya WordPress.com.

  25. Saya mau tanya nih bos,
    saya sudah mendaftarkan 2 kali tetapi hasilnya ditolak,
    hal yang saya ingin tanyakan apakah bisa mendaftarkan lagi di adsense?,

    Salam Sukses,

    Irsyad Aslam
    Your-BelajarBLOG

    • Herman Yudiono says:

      Irsyad,

      Coba saja sekali lagi. Bila ditolak juga, lebih baik daftarkan blog yang lain atau bikin blog baru dengan artikel berjenis cara atau tips.
      Setelah 2-3 bulan, blog baru tersebut daftarkan ke Google Adsense.

      • Herman,

        Tidak Bisa tuh bos,
        Email Yang saya daftarkan ditolak, sehingga tidak bisa lagi mendaftarkan blog.

        Salam Sukses,

        Irsyad Aslam
        Your-BelajarBLOG

  26. Seo Google says:

    surat cintaku yang pertama buat GA ditolak….baca tips diatas membuat asa muncul kembali…
    terima kasih mas buat tipsnya

  27. saya udah diterima tinggal optimasi aja mas

  28. Terima kasih infonya mas. Sangat bermanfaat saya rasa

  29. Informatif sekali, sekarang saya dalam proses perrbaikan blog agar diterima GA.. Amieennn

  30. Abed Saragih says:

    Saya akui memang semakin hari semakin ketat peraturan google dalam menerima menjadi publisher apa lagi sekarang ini Mas untuk mendaftarkan GA butuh 2 kali peninjauan.Benar Mas untuk mudah diterima memang judul dan isi harus ada bernada “how to” kemarin saya pernah buat blog untuk daftar GA isinya tentang bagaimana dan mengapa ternyata cepat juga diterima.

  31. Reza Aditya says:

    Aslm.wr.wb. Selamat malam kang Yudiono.

    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas postingan terkait kiat jitu diterima adsense ini. Saya langsung simpan dan ringkas di notepad, dan menerapkannya di blog niche saya (bahasa Inggris).

    Alhamdulillah, dengan hanya 10 artikel, dan umur kurang dari 2 bulan, saya dapat full approved dari google adsense.

    Saya doakan semoga tips yang kang yudiono berikan bisa menambah pahala bagi kang yud, aamiin.

    Salam,

  32. Mas mau tanya nih, bagaimana sih caranya kita mau naruh gambar di postingan agar tidak melanggar hak cipta.
    Kan tiap saya mau daftar di adsense katanya ada konten yang melanggar hak cipta. Minta pencerahannya..

  33. wah , makasih ya mas tipsnya, saya ini masih pemula suwun buat ilmunya , ibu2 yg pengen bisa nge-blog

    salam

  34. saya sudah 3x ditolak :(

  35. Benar gan,sebenarnya aturan bakunya…blog harus berumur segitu. Kalaupun ada yang diterima hanya berumur beberapa minggu itu sebenarnya keberuntungan (kalau saya belum pernah beruntung untuk diterima).

    Tips mantap,tanks yah….

  36. kliknans says:

    saya dulu pernah daftar GA, satu blog saya ditolak padahal artikelnya sudah banyak dan usianya sudah lebih dari 3 bulan, sedangkan 1 lagi sekitar 2 hari langsung di approve oleh google, padahal arikelnya baru 3 artikel dan usia blognya belum nympe seminggu… bingung juga saya sebenernya apa lebihnya blog saya yang baru 3 artikel itu dibanding yang udah banyak artikel dan lebih tua umurnya…. :D