Update Postingan Lama Anda

Banyak blogger yang menulis postingan, namun setelah itu melupakannya. Padahal postingan lama tersebut bisa di-update. Selain meningkatkan page views, update postingan lama bisa juga meningkatkan posisi postingan tersebut di mesin pencari karena Google menyukai blog yang di-upadate secara reguler.

Di bawah ini adalah dua cara mudah untuk melakukan update postingan lama Anda.

1. Buat link internal ke postingan terbaru yang relevan

Anda menulis beberapa postingan terbaru bertopik SEO. Tiga bulan sebelumnya Anda juga membuat postingan sejenis. Anda bisa meng-update postingan lama ini dengan membuat link internal ke beberapa postingan terbaru tersebut.

2. Tambahkan satu atau dua paragraf

Katakanlah ada pengembangan atau pendalaman suatu topik yang Anda tulis beberapa bulan lalu. Update postingan lama tersebut dengan menambahkan satu atau dua paragraf.

Paragraf itu bisa berupa:

  • Update: Anda bisa membaca topik sejenis pada postingan ini dan itu [sertakan link ke postingan yang dimaksud].
  • Saya telah mengembangkan topik ini dengan perkembangan terbaru. Silakan simak di postingan ini dan itu [link ke postingan yang dimaksud]

Jika Anda belum punya gambaran mengenai hal ini, silakan lihat contohnya pada postingan tips menjadi blogger tamu. Saya meng-update postingan tersebut sehari yang lalu.

Mohon diingat, ketika Anda melakukan update postingan lama, hindari membuat link internal yang tidak perlu agar tidak terkesan dipaksakan.

Selain itu, tidak semua postingan lama perlu di-update karena mungkin saja topik postingan lama tersebut tidak dikembangkan lebih lanjut.

Comments

  1. iskandaria says

    Tips di atas bagus juga untuk memberi suntikan backlink pada posting-posting terbaru kita. Efeknya akan menaikkan posisinya di SERP (jika tingkat persaingannya agak ketat). Oya, anchor teks berupa “postingan ini” pada posting di atas apa tidak sebaiknya diganti dengan judul postingnya saja Kang? Selain lebih deskriptif, juga lebih bagus untuk SEO-nya.

    Yang saya maksudkan yaitu anchor teks menuju posting tips menjadi blogger tamu. Jadi menurut saya lebih baik ditulis “silakan lihat contohnya pada artikel tentang Tips Menjadi Blogger Tamu” :-)

    • says

      Awalnya saya menggunakan anchor text Tips Menjadi Blogger Tamu.
      Namun, karena topiknya tidak sesuai, maka saya ganti dengan anchor text “postingan ini”. Tujuannya hanya sebagai contoh saja, bukan tujuan SEO.

      Kalau di postingan yang relevan saya selalu memakai anchor text yang deskriptif.

      Btw, thanks masukannya Mas Is.

  2. Rizdan says

    Tips yang bagus bisa di praktekkan di saat ada suatu perubahan dalam artikel yang kita sampaikan
    .-= Postingan terbaru Rizdan………………Cara Merubah Blog Nofollow Menjadi Dofollow =-.

  3. ago says

    Dipraktekkan dulu ah,, soalnya memang pernah kepikiran bagaimana kalo postingnya hampir sama dengan yang pernah diposting sebelumnya, kasus pada blog saya tentang ketikan komputer, program ms.office kan selalu ada yang terbaru, jadinya kadang ada sebagian contohnya tombol shortcut yang sudah tidak relevan.
    thanks sharingnya kang,,,
    .-= Postingan terbaru ago………………Page setup ms. Word 2007 (dari inchi ke cm) =-.

  4. says

    oke banget tuh kang, kadang buat posting artikel baru kita susah cari bahannya, tp kita bisa meng-update dan memodif postingan lama.. htr nhn
    .-= Postingan terbaru dur14t………………Benzoil peroksida =-.

  5. Imamz says

    saya juga lagi belajar masang link internal nih Kang, walaupun agak susah untuk menyambungkan dengan artikel baru .

    terima kasih atas pelajarannya :)
    .-= Postingan terbaru Imamz………………Kontes Menulis imamz(dot)net =-.

  6. Radinal says

    ooo gitchu yah kang. Thanks infonya..
    .-= Postingan terbaru Radinal………………Prince Of Persia Return =-.

  7. Blog Seputar SEO Series Tutorial says

    makasih atas tipsnya kang,
    tapi saya selama ini sering melakukan dengan mengupdate beberapa paragraf dan pada title postnya saya tambah repost kang

    • says

      Yang saya maksudkan adalah update Mas, bukan repost.
      Dalam pandangan saya, sebaiknya hindari repost karena menunjukkan bahwa kita kurang kreatif mencari ide postingan.

  8. says

    Iyach tuch Kang Kabayan juga sering lupa updated posting lama padahal ada beberapa hal yang berubah atau gak updated lagi tuch. Soalnya enakan buat posting baru aza.. he..he..
    .-= Postingan terbaru Kang Kabayan………………Klasemen ISL 2010 Terbaru | Liga Super Indonesia =-.

  9. berita terkini says

    ada pertanyaan ini kang, kira – kira ada efek nya ga ketika kita mengupdate postingan lama sekaligus merubah tanggal nya ke depan sehingga menjadi postingan baru di home page, bagaimana klo kyk gitu kang, efek nya bagus atau buruk ya? thx

    • Kang Yudiono says

      Saya pikir jangan diubah tanggalnya karena khawatir terdeteksi duplikat konten oleh Google.