Terjemahan How to adalah Cara

Saya sudah sering menjumpai tulisan dengan judul yang diawali kata how to. Sebagai contoh, How to Make Money Online, How to Write an Article in 20 Minutes, dan How To Earn $1,000 Per Article As A Freelance Writer.

Awalnya saya menerjemahkan how to sebagai cara. Misalnya, judul kedua pada contoh di atas saya terjemahkan menjadi: Cara Menulis Sebuah Artikel dalam 20 Menit. Namun, ketika saya membeli buku Marketing Revolution-nya Tung Desem Waringin, saya berubah pikiran.

Saya menerjemahkan how to menjadi bagaimana (misal Bagaimana Memperoleh $10.000 Per Bulan dari Google Adsense). Soalnya, di sampul buku tersebut saya menjumpai judul seperti ini: Bagaimana Meningkatkan Kekayaan Anda Hingga 2.000% dalam Waktu 6 Bulan/Kurang dengan Marketing.

Bila diterjemahkan ke Bahasa Inggris, judul itu menjadi: How to Increase Your Wealth Up to 2,000% in 6 Months or Less with Marketing.

Setelah sekian lama, saya pun mengkritisi sendiri terjemahan how to. Benarkah terjemahannya menjadi bagaimana?

Saya membuka Kamus Besar Bahasa Indonesia online dan menemukan arti kata bagaimana sebagai berikut:

ba·gai·ma·na pron 1 kata tanya untuk menanyakan cara, perbuatan (lazimnya diikuti kata cara): — caranya membeli buku dr luar negeri?; 2 kata tanya untuk menanyakan akibat suatu tindakan: — kalau dia lari nanti?; 3 kata tanya untuk meminta pendapat dr kawan bicara (diikuti kata kalau): — kalau kita pergi ke Puncak?; 4 kata tanya untuk menanyakan penilaian atas suatu gagasan: — pendapatmu?;

Dari arti di atas, bagaimana adalah sebuah kata tanya. Bila kata tanya tentunya harus disertai dengan tanda tanya, bukan?

Dengan demikian, menurut saya tidak tepat bila bagaimana digunakan tanpa tanda tanya seperti dalam: Bagaimana Meningkatkan Kekayaan Anda Hingga 2.000% dalam Waktu 6 Bulan/Kurang dengan Marketing.

Mestinya: Cara Meningkatkan Kekayaan Anda Hingga 2.000% dalam Waktu 6 Bulan/Kurang dengan Marketing, yang dalam Bahasa Inggris menjadi How to Increase Your Wealth Up to 2,000% in 6 Months or Less with Marketing.

Oleh karena itu, menurut saya how to terjemahannya adalah cara.

Bagaimana menurut Anda?

Info: Postingan berjudul Bagaimana Memperoleh $10.000 Per Bulan dari Google Adsense sudah diubah menjadi Cara Memperoleh $10.000 Per Bulan dari Google Adsense.

Ebook Gratis untuk Anda

cover bawah postDownload (unduh) ebook Cara Saya Menghasilkan Rp 620 Juta dari Blog. Dalam ebook ini Anda akan tahu sumber-sumber penghasilan saya sejak menjadi full time blogger.

Dengan mengunduhnya, Anda sekaligus berlangganan newsletter Blogodolar. Manfaat berlangganan newsletter Blogodolar bagi Anda adalah 1) diskon 50% dari buku-buku terbaru saya tentang make money blogging dan SEO, 2) tips/trik ngeblog yang belum pernah saya publikasikan di Blogodolar, dan 3) postingan terbaru Blogodolar.

Masukkan nama dan email Anda lalu klik tombol Download Sekarang. Link download ebook ini akan dikirimkan ke email Anda dengan segera.

100% GRATIS. Bukan spam.