Target Saya di 2012

2012Satu di antara tiga penyebab menurunnya jumlah postingan Blogodolar 2011 sampai 135% adalah saya tidak menetapkan target untuk blog ini. Belajar dari kesalahan tersebut, saya telah menetapkan 7 target untuk tahun 2012. Ketujuh target ini dibagi ke dalam dua kategori: target Blogodolar dan target non-Blogodolar.

Saya menginformasikannya di sini dengan harapan menginspirasi Anda yang belum punya target tahun ini agar segera bertindak menetapkan target. Mengapa? Hal ini karena Anda tidak akan pernah mendapatkan apa yang Anda inginkan di 2012 kalau Anda tidak pernah tahu apa yang Anda inginkan.

Sekali lagi, mohon diingat kalimat yang dimiringkan di atas.

Target Blogodolar

Target utama Blogodolar yang saya tetapkan tiga tahun lalu adalah menjadi satu di antara blog blogging otoritas di Indonesia sebelum 31 Desember 2014. Dalam pemahaman saya, blog otoritas dicirikan oleh banyaknya postingan berkualitas dan bermanfaat serta adanya pengakuan formal atau nonformal.

Pengakuan formal bisa berupa masuk TV, diwawancara koran, dan direkomendasikan oleh blogger-blogger lain. Pengakuan nonformal bisa berupa jumlah pelanggan RSS yang banyak, Alexa Rank yang langsing, banyak penggemarnya di sosial media, dan lain-lain.

Jalan untuk menggapai target utama blog ini memang terjal, namun menantang. Satu strategi saya untuk menggapainya adalah dengan membuat target antara tahunan, yang untuk 2012 adalah sebagai berikut:

Target #1: Menulis 120 postingan sebelum 31 Desember 2012

Pada 2011 saya menulis 65 postingan, menurun drastis dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Dengan kata lain, produktivitas menulis saya “memble” di tahun tersebut.

Tahun ini saya berencana menulis 120 postingan. Bila dirinci per bulan, saya akan menulis 10 postingan di sini. Jumlah yang tidak banyak, namun butuh komitmen merealisasikannya.

Target #2: Memiliki 1.300 pelanggan RRS sebelum 31 Desember 2012

Pelanggan RSS merupakan indikator penting bagi saya karena nantinya akan berkaitan dengan strategi monetisasi blog ini. Semakin banyak pelanggan, semakin bagus. Namun, memperoleh pelanggan yang banyak itu tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Saat tulisan ini dibuat, Blogodolar memiliki 871 pelanggan RSS. Jika di bagi 3 tahun perjalanan, maka blog ini mendapat hampir 300 pelanggan setiap tahunnya. Jumlah ini saya naikkan 50% (450) sehingga pada akhir tahun 2012 Blogodolar memiliki 1.300 pelanggan.

Satu di antara taktik saya untuk mencapai target ini adalah dengan menjadi blogger tamu di beberapa blog terkenal Indonesia.

Target #3: Mencapai 1.000 pengunjung unik harian sebelum 31 Desember 2012

Saat mengelola Blogotainmen (blog hiburan yang sudah saya hapus), saya dengan mudah mendapatkan 10.000 pengunjung unik harian di blog tersebut. Namun, tidak demikian dalam mengelola Blogodolar. Saya belum pernah menembus seribu pengunjung unik sehari. Ikhtisar pengunjung Blogodolar di tahun 2011 mewakili kondisi ini.

Ikhtisar pengunjung Blogodolar 2011

Saya belum puas dengan jumlah pengunjung tersebut. Pada tahun ini saya bertekad mencapai 1.000 pengunjung harian agar tahun depan blog ini bisa dimonetisasi dengan iklan mandiri.

Rencana tindakan untuk menggapai seribu pengunjung harian antara lain:

  • Menembus Top 10 Google.co.id untuk beragam kata kunci yang berkaitan dengan blog dan mendapatkan uang dari internet.
  • Menjadi blogger tamu di blog-blog Indonesia ternama
  • Memanfaatkan Facebook dan Twitter

Target #4: Memperbaiki 200 postingan yang rusak sebelum 31 Juni 2012

Saat menginstal wordpress di blog ini, saya menggunakan username admin. Satu setengah tahun kemudian, username tersebut saya ganti. Sayangnya, postingannya lupa dialihkan ke username baru sehingga semua postingan (sekitar 250 postingan) terhapus saat username lama dihapus.

Atas bantuan seorang teman, tulisan-tulisan tersebut dapat dipulihkan kembali. Namun, satu kendala muncul yaitu gambar-gambar di postingan hilang. Akibatnya, banyak postingan tutorial yang membingungkan pembaca.

Saya sudah memperbaiki sekitar 50 postingan di pertengahan tahun lalu. Masih ada 200 postingan lama yang belum diperbaiki. Saya bertekad memperbaikinya sebelum pertengahan tahun ini agar kenyamanan pembaca tidak terganggu.

Target #5: Menembus Alexa Rank di bawah 50.000 sebelum 31 Desember 2012

Pencapaian terbaik Alexa Rank blog ini adalah 60.000. Seiring berjalannya waktu, ranking ini menurun bahkan sampai di atas 100,000. Saya berupaya menaikkannya kembali sehingga bisa menembus Alexa Rank di bawah 50.000. Sebagai informasi, ranking Alexa Blogodolar saat tulisan ini dibuat adalah 99,566.

Target non-Blogodolar

Target ini berkaitan dengan aktivitas saya di luar Blogodolar. Detailnya bisa Anda lihat di bawah ini.

Target #6: Memiliki sebuah Amazon niche blog sebelum 31 Mei 2012

Banyak blogger yang sukses mendapatkan uang melimpah dari program afiliasi Amazon. Saya juga ingin seperti dan bahkan melebihi mereka. Oleh karena itu, saya berencana membuat sebuah Amazon niche blog (sebagai kelinci percobaan) sebelum 31 Mei 2012. Prosesnya sama seperti pembuatan niche blog yang dimonetisasi dengan Google Adsense.

Sebagai tahap permulaan, blog ini akan diisi dengan 10 postingan berkualitas, bukan postingan spin atau copas dari Amazon seperti yang saya lakukan di picnicblanketsguide.com. Saya akan mengoptimasi blog tersebut pada Juli 2012.

Target #7: Memperoleh penghasilan $1,000 per bulan dari Google Adsense sebelum 31 Desember 2012

Penghasilan saya dari Google Adsense sampai Desember 2011 adalah rata-rata $500 per bulan (contohnya bisa Anda lihat di sini). Saya bertekad melipatgandakan penghasilan tersebut sebelum 31 Desember 2012. Penghasilan $1,000 adalah titik aman pertama saya sebelum melangkah ke titik paling aman yaitu $2,000 per bulan (sama dengan gaji saya sebagai karyawan).

Saya bertekad dan bertindak sungguh-sungguh untuk mencapai ketujuh target di atas. Tak lupa saya juga berdoa kepada Allah SWT agar mendapat ridho-Nya.

Ngomong-ngomong, bagaimana dengan target Anda di 2012? Jika mau berbagi, silakan Anda menuliskan satu saja pada bagian komentar di bawah ini.

Ebook Gratis untuk Anda

Cara sayaDownload (unduh) ebook "Cara Saya Menghasilkan Rp 620 Juta dari Blog". Dengan mengunduhnya, Anda sekaligus berlangganan newsletter Blogodolar. Manfaat berlangganan newsletter ini antara lain Anda akan mendapatkan diskon 50% dari buku-buku terbaru saya dan tips/trik ngeblog yang belum pernah saya publikasikan di Blogodolar. Ketikkan nama dan email Anda pada kolom di bawah ini sehingga Anda akan segera mendapatkan ebook tersebut.

Headline

Comments

  1. bloggerpas says:

    pertamax neh,,
    semoga tercapai gan..
    salam sukses

  2. Kalau saya target saya, fokusnya di niche blog mas. Bisa menghasilkan paling tidak $500 dalam 6 bulan kedepan dan $1K diakhir tahun ini. Klo blog Dunia Komputer sepertinya tidak banyak target. Saya masih berusaha mengembalikan trafik saya sebesar 6K UV yang sempat hilang saat si Panda lahir. Mungkin dengan memperbaiki postingan yang anjlok peringkatnya dan bahkan akan menghapus posting yang saya anggap kurang bermutu, serta menambah beberapa post lagi.

  3. Agus Roma says:

    Target saya di tahun ini adalah berpenghasilan dari Bisnis Online saya bagi menjadi 3 kategori, Amazon di akhir tahun 2012 bisa berpenghasilan $1500, bisnis afiliasi+MLM Indonesia yang saya ikuti terget mencapai peringkat tertinggi di bisnis tersebut di Desember 2012, dan mengonlinekan keahlian saya dengan membuat jasa ketik online. Aminnn.

  4. terimakasih kang yudi..artikel tentang target ini sangat menginspirasi saya.
    mudah2an kita semua yg baca artikel ini pada sadar betapa target itu sangat penting.
    sesederhana apapun target jika gagal menetapkannya, insya Alloh kita gagal meraihnya.

    saya lihat kang yudi telah berhasil menetapkan targetnya.
    mudah2an 50% keberhasilan sudah ditangan.
    sisanya yang 50% lagi menunggu untuk dijemput dengan kesungguhan dan kesabaran.

    • Kang Yudiono says:

      Mas Emha, thanks juga.
      I like “50% lagi menunggu untuk dijemput dengan kesungguhan dan kesabaran”

  5. kalau target saya di tahun 2012 seperti ini kang:

    Target berkaitan dengan blog:
    – Menembus alexa rank 500ribuan di kuartal pertama tahun 2012
    – Menembus alexa rank 100ribuan di kuartal kedua tahun 2012
    – Mencapai alexa rank di bawah 100ribu sebelum 31 Desember 2012
    – Mencapai google page rank 6 sebelum 31 Desember 2012

    Target di luar blog:
    – Belajar melancarkan nyetir mobil #sampai sekarang belum lancar.
    – Membantu orang tua untuk ekspansi usaha keluarga.

  6. Untuk blog puskel, Berbagi Info Seputar PusKesMas, target pada tahun 2012 ini, yakni:
    > Mengupayakan konsisten menulis artikel setiap 3 atau 5 hari , perkiraannya sekitar 5-10 postingan sebulan.
    > Mengusahakan perbaikan akses tampilan blog lebih cepat dengan target statistik pengunjung unik lebih dari 1000 kunjungan per hari
    > Mencoba monetasi blog melalui bimbingan dari para blogger terkenal nasional termasuk pengasuh blogodolar ini… ;)
    Semoga bisa dilaksanakan…SALAM hangat dari Kendari. 8)

    • Kang Yudiono says:

      Terima kasih telah berbagi targetnya Dokter Tusuda.
      Salam hangat juga dari Sorowako ;)

  7. BelajaRr Sendiri says:

    Wahh.. hebat targetnya sampai seperti itu.. Gimana buat yang newbie ya ??

  8. Anak Desa says:

    Sukses buat targetnya Gan… Saya masih menyusun targetnya nih…

  9. semangat mas,, mudah-mudahan cita2nya bisa tercapai. ketika sudah dipuncak kesuksesan mau berbagi ilmunya kekami,, he

  10. Alhamdulillah, tulisan Kang Yudi nih selalu menginspirasi saya. Saya sudah coba nyusun target juga seperti di link berikut. Saya juga ingin mencoba menjadi blogger tamu di blog lain, mohon referensi blog ternama yang Kang Yudi rekomendasikan dong… Oya, jika berkenan, saya pun mengundang Kang Yudi menjadi tamu di blog saya. Bravo Kang…!!!

    • Kang Yudiono says:

      1. Untuk blogger tamu, dokter bisa coba blognya Kang Rohman, o-om.com, blogguebo.com, dan isnuansa.com.
      2. Insya Allah (bulan depan) saya bikin postingan mengenai topik kesehatan yang ada kaitannya dengan ngeblog di blognya dokter.
      3. Bravo juga buat dokter!

  11. Sri W Priambodo says:

    Assalamualaikum…
    Terima kasih atas trik2nya…sangat membantu bagi New Blogger seperti saya…salam kenal juga dari saya…sekligus mohon bimbingannya…supaya sy juga bisa membuat yg terbaik bagi blog saya…

    • Kang Yudiono says:

      Salam kenal juga Sri. Insya Allah saya sharing apa yang saya tahu di sini, sehingga bisa membantu Anda.

  12. Target yang luar biasa Mas…. Kalau saya ingin seperti poin 1 yaitu memperkaya postingan yang sudah saya rencanakan dalam tahun ini. Yang lainnya perlahan menyusul :D…

  13. mas, cara menjadi blogger tamu itu gimana sih? atas jawabannya, terima kasih mas.
    saya tunggu jawabannya mas.
    makasih

    • Kang Yudiono says:

      Silakan lihat di Blogguebo Mas.
      Di situ ada panduan bila Anda ingin jadi blogger tamu di Blogguebo.com

  14. jadi blogger saya belum mampu, tapi target saya sesegera mungkin menerbitkan buku best seller tahun ini

  15. kang blogodolar ini kenapa ga di monetize terus? kan bisa misalnya daftar di idblognetwork.com dan saya yakin blogodolar bakal dapat duit yang banyak juga :)
    cuma saran dari penggemar setia yang bertahun2 berkunjung di blogodolar dan tidak pernah melihat iklan disini :D

    • ane setuju dengan pendapat bung Keyoy,
      klo blogodolar di monetize, mungkin ngga’ hanya rupiahnya saja yang banyak DOLLAR nya pun banyak , lho!!!

      • Kang Yudiono says:

        Keyoy dan Dhon,

        Trafik Blogodolar belum banyak, jadi belum saya monetisasi. Saya inginnya monetisasinya dengan jualan produk atau jasa saya. Produk informasi (eboook), misalnya.

  16. Kang Yudiono says:
  17. Bulan 2 2011 ranking alexa blog informasibisnis.net ada di 320.000. Saya menargetkannya untuk mencapai rangking dibawah 100.000 pada pada bulan 6 2011, namun meskipun jumlah kunjungannya naik, sejak bulan 6 2011 hingga awal 2012 ini ranking terus merosot sampai di angka 460.000. Kalah dibandingkan blog carabisnisonline.net yang terus mendekati ranking alexa blog informasibinsis.net. Jadi target yang saya ingin capai di pertengahan 2011 lalu akan saya coba capai di pertengahan 2012 ini. Target tersebut untuk kedua blog saya.

    • @ Abdul Madjid dan Candikota,

      Salah satu cara menaikkan alexa rank adalah dengan meningkatkan repeated visitors (pengunjung yang ketagihan datang ke blog Anda).

  18. Selamat menembak keyword 40K Gan.
    Saya suka juga kalau Gan Khalid berkunjung terus ke sini :D

  19. saya dah lama berkenalan dengan adsense, dah pernah cair satu kali. Tapi itu dah lama sekali, dahulu kala… hehe…. kira-kira dalam 3 bulan kedepan saya punya target penghasilan dari adsense sebesar $500 masuk akal tidak ya kang? (skrg adsense masih $0 dan belum ada blog yg niche untuk mendukungnya)

  20. semua orang punya target tersendiri di tahun 2012…smoga sukses dengan targetnya, dan semoga tercapai targetnya di tahun 2012….Thanks sudah berbagi..

  21. Sukses buat rencana ke depannya..semoga apa yang dilakukan menjadi terlaksana..salam kenal..

  22. Lapak Online Malang says:

    wah mantep ni targetnya.. bisa bagi2 tipsnya donk biar rankingya keren seperti itu.. :D

    mampir2 juga ni di website saya.. :D

  23. Target saya jumlah pengunjung, adapun masalah moniterize blog masih belum faham. Terima kasih semangat targetnya terasa banget.. jujur saya belum pernah dapat sesen dollar, apalagi sampai 1000.. kalau rupai pernah dapet tapi saya putuskan lagi hubungannya.. jadi blog saya nganggur deh..