Studi Kasus Niche Blog #2: Menempati Posisi 16 di Google.com

studi kasusSeperti diketahui, mulai bulan lalu saya bereksperimen membuat niche blog yang ditargetkan menempati halaman 1 Google untuk kata kunci picnic blankets dalam kurun waktu 3 bulan. Di luar dugaan, dalam sebulan niche blog saya tersebut sudah menempati posisi 16 di Google.com.

Anda ingin mengetahui apa yang saya lakukan untuk menggapai posisi tersebut? Anda ingin tahu juga trafik blog mini saya itu?

Jika ya, siapkan diri Anda karena postingan ini agak panjang. Selain itu, mohon dicatat bahwa ini hanya sebuah studi kasus. Apa yang saya lakukan belum tentu hasilnya sama bila Anda melakukannya.

Konten

Niche blog adalah blog kecil yang difokuskan untuk membidik satu kata kunci utama. Blog jenis ini tidak memiliki banyak konten, biasanya berjumlah 10 sampai 50 konten yang berupa postingan atau halaman.

Karena jumlahnya yang sedikit tersebut, konten niche blog harus unik (bukan copas) agar terindeks bagus di Google.

Untuk urusan konten, saya menyerahkannya kepada Jasa Penulisan Artikel yang digawangi blogger asal Bali, Gede Kurnia (saya memanggilnya Bli Gede kalau chatting sama dia).

Walaupun harganya relatif di atas jasa penulisan sejenis, saya puas karena alur, tata bahasa, dan penyebaran kata kunci yang baik.

Artikel yang saya pesan berjumlah 10 buah, masing-masing 500 kata. Rinciannya satu tulisan untuk kata kunci utama yang dibidik. Sisanya, kata kunci pendukung.

Link Building

Link buildingNiche blog saya relatif lama terindeks di Google (3 hari). Saya tidak tahu mengapa. Padahal, blog saya yang saya buat sebelumnya, hanya membutuhkan sehari terindeks di mesin pencari terpopuler tersebut.

Setelah terindeks, saya pun melakukan link building. Strategi  ini rencananya akan saya lakukan dalam dua tahap yaitu link building dari beberapa blog yang saya miliki (2 bulan pertama) dan link building dari blog atau situs orang lain (article marketing, paid review, dan postingan tamu).

Pembangunan link yang sampai saat ini saya lakukan adalah:

  • Backlink dari Blogodolar (PR 4) – minggu pertama
  • Backlink dari blog wordpress gratisan saya (PR 4) – minggu ketiga
  • Backlink dari salah satu blog bahasa Inggris yang saya miliki (PR 4) – minggu keempat

Hasilnya?

Dalam dua minggu pertama, niche blog saya tidak ada di hasil penelusuran Google.com. Hal ini mungkin saja masih terkubur di kotak pasir (sand box) Google.

Pada minggu ketiga, niche blog saya nongol di urutan 24. Memasuki minggu keempat, blog tersebut kembali masuk kotak pasir Google.

Setelah di-backlink dari blog bahasa Inggris ber-PR 4, niche blog saya tersebut kembali muncul. Kali ini duduk di posisi 16.

SERP PicnicBlanketsGuide

Hasil ini di luar dugaan karena  niche blog tersebut saya targetkan masuk 50 besar dalam satu bulan pertama.

Trafik

Trafik niche blog saya berkisar antara 5 kunjungan sehari. Setengahnya (53%) berasal dari reffering sites (berasal dari Blogodolar), sisanya dari mesin pencari (24%) dan direct traffic (23%).

Yang cukup menggembirakan, pengunjung blog tersebut sudah ada dari negara-negara luar negeri, seperti Amerika Serikat, Inggris, Kanada, Swiss, Rusia, dan Jerman.

Kabar gembira lain adalah ada juga kata-kata kunci lain yang berkaitan dengan picnic blankets. Diantaranya:

  • how to choose picnic blanket
  • compact outdoor blanket
  • choose blanket for picnic
  • what kind of blanket is best for a picnic
  • kid blanket comfortable
  • …dan sebagainya

Langkah Selanjutnya

Langkah selanjutnya yang akan saya lakukan pada bulan kedua niche blog tersebut adalah:

1. Menambah konten seminggu sekali – Kontennya berupa deskripsi produk-produk dari Amazon yang berkaitan dengan picnic blankets.

2. Membuat 5 buah blog wordpress.com – Blog gratisan ini bertopik picnic atau traveling dan kontennya berupa postingan link ke artikel-artikel yang berasal dari artikel direktori. Kedua blog ini akan mem-backlink juga ke niche blog saya.

3. Link building dari beberapa blog bahasa Inggris saya yang ber-PR 1-3. Walaupun berbeda topik, namun saya harapkan ada dampaknya sehingga mampu mendongkrak peringkat niche blog saya.

Awal bulan depan saya akan menginformasikan hasil ketiga langkah di atas.

So, stay tuned here Guys!

Hak cipta gambar: Crystal Jingsr

Comments

  1. Gus Adit says

    Strateginya uda mantap kang. Saya tunggu hasil berikutnya. Nanti saya terapkan strateginya Kang Yudiono ke niche blog saya juga. Saat ini saya masih riset keyword. Belum dapet yang bagus.

    • Kang Yudiono says

      Seingat saya ada juga niche yang trafiknya besar Kang Kabayan.
      Semua tergantung pada keyword yang dibidik.

  2. Triagung says

    Mendapatkan backlink dari blog ber PRE tinggi pasti hasilnya maknyus…walau terhitung sedikit backlinknya kalau berkualitas, dampaknya luar biasa…

    • Kang Yudiono says

      Benar Mas Tri, sekarang ini kualitas nampaknya lebih bagus daripada kuantitas backlink

  3. says

    Selamat ya kang..!

    Saya pengen niru apa yg dibahas di studi kasus ini. Cuma blognya musti bahasa Inggris seh…
    Aduh ngga kuat saya bikinnya. Bayar orang juga belom sanggup .
    Sepertinya saya mo nungguin perubahan kebijakan google aja deh. Kayanya dikit lagi blog bahasa Indonesia akan bisa dan boleh pasang GA. Sambil nunggu momen itu tiba, saya akan terus belajar menyajikan konten bermutu di blog saya.

    tks atas sharingnya.

    • Kang Yudiono says

      Sand box adalah blog kita belum dipercaya Google sehingga belum muncul di hasil penelusuran Google untuk keyword tertentu.

  4. says

    Ini yang saya suka, Kang Yudiono selalu menyajikan konten berdasarkan pengalaman real…bisa memberi banyak pelajaran dari pengalaman beliau. trims Kang

    • Kang Yudiono says

      Sama-sama Mas Yohanes.
      Senang rasanya bila Mas mendapat pelajaran berharga di sini.
      Wow!

  5. Kang Yudiono says

    Saya pikir tidak karena ini hanya link building, bukan spinner atau sejenisnya.

  6. Kang Yudiono says

    Mas Bambang,
    Saya tidak melihat pesaing seperti itu.
    Namun, satu di antara faktor yang saya lihat adalah volume pencarian keyword picnic blankets di Google Keyword Tools.
    Volume pencariannya sekitar 1.000 an.

  7. Nurul Imam says

    Wah link buildingnya klo di tambah punya sendiri enak yah, ga harus banyak2 keluar uang buat paid review dll. Laporan selanjutnya akan saya tunggu kelanjutannya kang !

    • Kang Yudiono says

      Benar Mas, namun link buildingnya harus dari beda server.
      Saya memiliki 4 akun hosting berbeda lho ;)

  8. says

    Wahhh…. saya sangat senang membaca artikenya mas, dengan pengalaman real dan bahasa mudah dicerna buat saya pemula ini. Saya salut untuk ini dan belajar serius.. makasih banyak…Kang Yudiono

  9. says

    Untuk sebuah blog baru terutama domain yang usianya belum genap 2 bulan memang sangat riskan masuk dalam google sandbox
    Nice share Kang, kedepannya makin sukses untuk anda

  10. says

    I’m a mexican guy , and I find it hilarious how all you small pink dick white boys are getting so jealous over? a girl who doesn’t even know anything about football, she probably has a crush on sanchez, which has nothing to do with sanchez skills as a QB, sanchez is a good looking dude , so I dont see why anyone would be shocked by this, eli is a married man anyway.

  11. cepatpunyaanak says

    waduh strategi link buildingnya kayaknya bisa menguras dompet.soalnya backlink dari blog ber PR kan mesti bayar,kira kira ada strategi link building yang gratis atw kalau boleh yang lebih murah,he he he maklum earning dari blogging masih dikit.gimana mas ada tidak ya?

  12. Prakas Tejo says

    “namun link buildingnya harus dari beda server.
    Saya memiliki 4 akun hosting berbeda lho”

    Server yang beda juga ngaruh ya mas buat pembangunan link ?