Seberapa Banyak Pengunjung yang Diperoleh Bila Jadi Nomor Satu di Google?

Seperti yang saya singgung di postingan 7 Trik Menjadi Nomor Satu di Google, alasan orang menempati posisi nomor satu di Google adalah prestise (gengsi) dan prestasi. Prestise artinya menaikkan pamor sehingga layak disebut master SEO, sementara prestasi berkaitan dengan jumlah pengunjung yang diperoleh.

Pertanyaannya adalah seberapa banyak pengunjung yang diperoleh bila suatu blog atau situs menempati peringkat pertama di hasil penelusuran Google?

Salah satu jawabannya datang dari penelitian yang dilakukan oleh Universitas Cornell, Amerika Serikat, pada 2008 lalu. Mereka menggunakan eye tracking technology untuk mengetahui persentase pengunjung yang mengklik situs yang ada di peringkat satu dan seterusnya.

Hasilnya menunjukkan bahwa peringkat pertama Google tidak mendapatkan 100 % pengunjung, namun mendapatkan 56,36 % saja. Sisanya terbagi ke posisi di bawahnya (lihat gambar di bawah ini).

persentase 10 besar Google

Dengan kata lain, jika suatu kata kunci dicari 100,000 orang per bulan, maka suatu situs atau blog yang menempati peringkat pertama untuk kata kunci tersebut akan mendapat sekitar 56,360 pengunjung unik per bulannya. Semakin banyak yang mencarinya (misalnya satu juta sebulan), maka semakin banyak pula pengunjung yang akan didapatkan per bulannya.

Oleh karena itu, mungkin inilah alasan mengapa orang ingin menempatkan blog atau situsnya di peringkat pertama Google untuk suatu kata kunci.

Bagaimana dengan Anda, apakah ingin menempati peringkat satu Google untuk kata kunci yang Anda bidik?

Ebook Gratis untuk Anda

cover bawah postDownload (unduh) ebook Cara Saya Menghasilkan Rp 620 Juta dari Blog. Dengan mengunduhnya, Anda sekaligus berlangganan newsletter Blogodolar. Manfaat berlangganan newsletter ini antara lain Anda akan mendapatkan diskon 50% dari buku-buku terbaru saya dan tips/trik ngeblog yang belum pernah saya publikasikan di Blogodolar. Ketikkan nama dan email Anda pada kolom di bawah ini sehingga Anda akan segera mendapatkan ebook tersebut.

Headline

Comments

  1. Tentu saya ingin Kang.., namun sampai saat ini blogku baru ada di halaman 2. Masih harus berjuang keras.
    Satu hal Kang.., terkadang situs yang ada di halaman 1 juga tidak sesuai isi/kontenya dengan yang kita harapkan, cuma keyword-nya saja yang pas, jadi saya membuka halaman 2 atau 3.

  2. siapa seh yg gak mau mas, apalagi kalau bisa selalu menjadi no. 1 untuk banyak kata kunci, wuihhhhh,,,,pasti luar biasa tuh incomenya yah mas, hehehe :D

  3. Sudah ada kata kunci yang nomor 1 google Kang, tapi pengunjung tidak sampai segitu karena kata kuncinya kurang dicari,,

  4. Pasti aku menginginkannya!

  5. ya mau kang, tapi sampai sekarang Aku masih kesulitan nongkrong di no 1 google

  6. Blog Pendidikan Karakter says:

    menjadi nomor 1 di Google untuk keyword yang dicari adalah target saya Kang. Dan alhamdulillah saya telah mencapainya untuk keyword Blog Pendidikan Karakter. Cara yang saya lakukan untuk mencapai itu adalah:
    1. Memanfaatkan jasa Google Keyword Tool
    2. Saya mencari dan membidik keyword yang masih sepi pesaing
    3. Saya menyesuaikan konten artikel dan keyword artikel dengan artikel yang saya bidik itu

    Terima kasih Kang, atas masukannya selama ini.

  7. untuk membagi ilmu saya kurang peduli dengan peringkat di google,,,tapi kalo udah soal kontes baru deh saya optimasi. hehehe :lol:

  8. budiastawa says:

    Kepingin sih kepingin, Kang. Tapi apa daya tangan tak sampai. Cari ide buat nulis hari ini aja susah :lol: Terima kasih atas analisanya, Kang Yudiono. Sukses selalu.

    • Jangan menyerah Bli.
      Lanjutkan perjuangan!
      Saya sudah mengupas cara membuat ide postingan.
      Silakan simak di kategori Tips Menulis.
      Semoga membantu.

  9. Selamat Mas Adin dan lanjutkan!

  10. Susah memang Mas Nugroho, namun kalau terus diupayakan, saya pikir akan bisa.

  11. Benar Bang.
    Kuncinya harus banyak memperoleh backlink dari blog atau situs orang lain bila ingin cepat jadi nomor wahid.

  12. pingin deh bisa menjadi nomor satu

  13. Menjadi nomor satu di keyword populer saya sangat mau. tepi itu susah. :mewek

    • ya bos, jadi nomor satu di keyword populer memang sangat susah? lebih baik konsen pada artikel kita, semisal kita buat artikel yang pengunjungnya sebulan 5000/ artikel tentunya dengan tinggkat persaingan yang kecil, jadi jika kita punya 100 artikel yang seperti itu dan artikel kita mampu bertengger di halama 1 G, pasti pengunjung blog kita per bulan akan cukup banyak….

  14. memang pengunjung search engine itu mantab kang :D
    Alhamdulilah sekarang pengunjung satrya dari searche engine sudah mencapai 50-60% dari total seluruh kunjungan dalam sebulan :mrgreen:

    Pasti akang lebih tuh :D

  15. menurut saya pribadi, tidak harus dapet nomor 1 (paling atas) tapi yang penting muncul di halaman pertama. Karena saya sendiri sebagai pengguna ketika mencari sesuai tidak selalu meng-klik yang paling atas pada SERP.

  16. analisa yang mantab… tapi harus berusaha jadi yang pertamax… hehhe..

  17. Backlink Dofollow Gratis dan Dibayar says:

    wah manteb kang infonya. :)

  18. pt indonesia says:

    dulu posisi situs saya pada keyword yang saya bidik berada pada posisi 40-an, dan sekarang malah meluncur balik ke posisi 280-an ….alias halaman 28 … busyet …

    apa yag salah ya ? bingung saya … :)

  19. Indovision says:

    Sy sdh menempati peringkat 3 halaman pertama di Google untuk kata kunci yang saya bidik. Ini terjadi sejak google update PR yg terakhir dan masih bertahan hingga ssat ini. Jumlah pengunjung dalam sebulan ya … lumayan.

  20. Salam Kenal Kang Yudiono..

    Memang prestise dan prestasi menjadi no 1 di google, sayangnya susah sekali apalagi keywordnya banyak pesaing blog saya http://meshotelioma-prognosis.blogspot.com boro-boro bisa bagus di SE ke index-nya aja lama banget :( , btw menurut kang Yudiono lebih mudah mengoptimasi wordpress atau blogspot Kang ?

    Thx jawabannya..

  21. fisika-ceria says:

    berguna bgt postingan seo mas.
    jd semangat tuk ngeblog mas

  22. mudah mudahan bisa mas mencapai nomer duapun gak masalah yang penting terkenal.

  23. jujur mas, saya belum dapat pengunjung yang banyak, tetapi saya tetap berusaha untuk melakukan optimasi dan menulis artikel menarik terus. dan mungkin juga artikel-artikel mas ini bisa sangat membantu saya. so, saya coba dulu ya mas.. :)

    mampir balik yuk mas :D

  24. tambah semangat nerapin seo

  25. saya kurang setuju dengan mas ni…. coz…. bagaimanapun pengunjung pasti akan memperiotaskan kepada nomer 1 di SERP…..

  26. Buy Chewable Vitamins says:

    Thanks, good information but it will be good to expand a little more in your next blog post. Looking forward to them.

  27. kayanya masih jauh untuk bisa kaya gitu deh :(

  28. maesti berusaha keras banget nih biar bisa mencapai seperti itu, thx udah share

  29. wew…banyak banget yaaa??? tapi mesti harus wajib tetep semangat niiihh….

  30. referensi buku kuliah says:

    semenjak beralih ke wp-org pengunjung web aq turun drastis.. pada waktu pake wp-com laris manis di top 1 google.. sekarang kalah ma wp-com ku sendiri yang notabene wp-com nya dah aq hapus.. hiks.. menyesal meninggalkan wp-com

  31. banyak banget triknya mas, jadi nomor satu gmna yah bisa? optmz dong

  32. 1000 pengunjung

  33. cool.. nice information how to get 1st page on Google. and learn seo made easy. i’ve read but not all implemented on my blog