Saling Berhadapan #8: Freyser Dungus vs. I Gede Ari Kurniawan

Setelah terhenti sekian lama, blogger face-off  akhirnya muncul kembali. Ini adalah wahana para blogger untuk saling berhadapan dalam menjawab beberapa pertanyaan yang saya ajukan ke mereka. Pada edisi kali ini, yang berhadapan adalah Freyser Dungus dan I Gede Ari Kurniawan.

Berikut adalah profil singkat mereka.

Freyser Dungus (kondang dengan nama Bro Eser) adalah blogger asal Amurang, Sulawesi Utara. Pria berusia 28 tahun yang hobi membaca ini sering berbagi cerita dan berita di blognya, Eser Zone. Jika Anda berminat kepada tips ngeblog dan tips mencari uang dari internet, Anda mesti mengunjungi blog tersebut.

I Gede Ari Kurniawan (nama onlinenya Dearryk) adalah blogger asal Seminyak, Bali. Pelajar SMU berusia 15 tahun yang punya hobi mendengarkan musik, bermain futsal, dan bermain play station ini adalah orang dibalik blog Dearryk. Jika Anda berusia remaja, Anda wajib mengunjungi blog tersebut untuk mengetahui cerita-cerita menarik seputar dunia remaja dan sekolah.

Sekarang saatnya mereka berhadapan.

Freyser Dungus

Freyser Dungus

I Gede Ari Kurniawan

I Gede Ari Kurniawan

1. Kapan dan mengapa Anda membuat blog Anda?

4 April 2006. Blog pertama kali hanya sebagai tempat curhat soal cinta, maklum masih ABG.

Blog pertama saya dibuat sekitar Februari 2009 tapi untuk blog saat ini dibuat Juli 2010. Awalnya alasan saya ngeblog adalah ingin menyalurkan hobi menulis dan tertarik membaca sebuah blog yang berisi filsafat-filsafat yang menarik.

2. Bagaimana Anda memilih topik?

Berdasarkan apa yang saya minati sehingga nantinya blog tersebut tidak menjadi beban.

Saya pernah mencoba menggunakan tool untuk memilih topiknya, tapi hasilnya saya kesulitan menulis. Jadi, saya memilih topik sesuai kemampuan dan kemauan saya.

3. Berapa jam waktu yang Anda dedikasikan untuk mengelola blog Anda?

Ngga menentu. Kadang cuma  10 menit, tapi kadang sampai berjam-jam bahkan kadang tidak ada waktu untuk mengurusnya jika banyak kerjaan kantor (seperti yang terjadi beberapa hari yang lalu).

Kalau sedang ingin melakukan “renovasi besar” biasanya sekitar 4 jam. Kalau secara rutin, sekitar 6-7 jam seminggu.

4. Berapa page views harian blog Anda?

Saya sekarang ngga pernah memperhatikan laporan Google Analytics.

Sekitar 300-400.

5. Apakah Anda sudah menghasilkan uang dari blog Anda? Jika ya, apa sumber-sumbernya?

Pernah. Pay Per Post dan afiliasi walaupun tidak seberapa.

Sudah. Sumbernya yang utama adalah PTR dan kadang saya mendapat ‘recehan’ dari memberikan konsultasi untuk beberapa blogger pemula di daerah saya.

6. Apa kekeliruan ngeblog terbesar Anda?

Sampai saat ini saya belum pernah merasakan keliru terhadap suatu hal yang saya lakukan dalam dunia ngeblog.

Kekeliruan terbesar saya adalah ketika salah memasukan kode di edit HTML, hingga hasilnya kolom komentar berantakan dan saya terpaksa mengganti template LAGI.

7. Berapa besar dampak Facebook dan Twitter terhadap blog Anda (skala 1-10)? Jelaskan alasannya

Skala 6. Sebenarnya Facebook dan Twitter bisa memberikan dampak yang besar bagi blog saya (apalagi soal trafik), akan tetapi saya tidak mengeksplorasi lebih jauh blog saya dengan kedua situs jejaring sosial tersebut.

Skala 7.  Facebook memberikan cukup banyak pengunjung, apalagi ketika saya menulis topik tentang remaja karena kebetulan teman saya di Facebook juga kebanyakan seusia saya. Sementara Twitter tidak begitu, karena saya tidak punya banyak follower. Tapi, kadang juga memberikan suntikan pengunjung.

8. Apa keunggulan blog Anda dibanding blog setopik yang ada di Indonesia?

Blog saya masih bayi jadi mungkin tidak bisa melebihi  blog tetangga apalagi isi blog saya gado-gado

Blog saya adalah blog pribadi. Jadi, bisa dikatakan tidak banyak keunggulannya. Hanya tampilannya lebih rapi, lumayan ringan, dan sering di-update dengan tulisan original.

9. Sebutkan 3 target blog Anda di tahun 2012?

Lihat aja di Target dan Impian Tahun 2012.

  1. Mengganti domain menjadi TLD
  2. Menghasilkan lebih banyak penghasilan dari blog berbahasa Indonesia.
  3. Mengikuti kopdar dengan skala lokal atau nasional.

10. Apa cara terbaik meningkatkan trafik blog Anda?

Bagi saya cara terbaik untuk meningkatkan trafik adalah dengan penerapan SEO on-page dan off-page. Tapi untuk blog saya yang bersifat personal, saya tidak terlalu memperhatikan berapa besar trafik dari blog tersebut. Yang saya perhatikan justru feedback dari pengunjung terhadap artikel yang saya buat.

Awalnya saya mengira kalau submit ke direktori online atau traffic exchange akan cukup meningkatkan trafik. Tapi, itu memerlukan banyak waktu. Bagi saya, cara terbaik adalah dengan mengandalkan SEO (mesin pencari) dan jejaring sosial.

11. Apa pendapat Anda mengenai PPC lokal (kumpulblogger, KlikSaya, dll)?

Belum begitu menjanjikan untuk diajak kerja sama (kecuali idblognetwork )

PPC  lokal menurut saya adalah salah satu jalan terbaik untuk menghasilkan uang dari blog. Selain iklannya mungkin lebih dimengerti oleh pengunjung, uang yang didapat juga lumayan. Sayangnya, iklan yang sering muncul hanya masalah ‘ranjang’ dan tidak banyak brand ternama yang beriklan di PPC lokal.

12. Apa saran Anda kepada para blogger yang baru mulai ngeblog?

Ngeblog sesuai dengan minat dan waktu yang tersedia sehingga nantinya ngeblog menjadi sesuatu hal yang menyenangkan bukannya menjadi sesuatu beban. Percayalah, ngeblog itu bukanlah sebuah kesia-siaan karena akan begitu banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dengan ngeblog.

Ngeblog itu seperti pacaran. Tiga bulan pertama adalah masa paling menyenangkan sekaligus paling sulit. Kalau bisa melewatinya, pasti Anda akan mendapatkan kepuasan yang sebenarnya. Untuk mengatasi rasa jenuh, tinggalkan saja aktivitas ngeblog sementara.

Just for fun, silakan Anda voting siapa blogger yang menarik bagi Anda berdasarkan jawaban kedua blogger tersebut.

Ebook Gratis untuk Anda

Cara sayaDownload (unduh) ebook "Cara Saya Menghasilkan Rp 620 Juta dari Blog". Dengan mengunduhnya, Anda sekaligus berlangganan newsletter Blogodolar. Manfaat berlangganan newsletter ini antara lain Anda akan mendapatkan diskon 50% dari buku-buku terbaru saya dan tips/trik ngeblog yang belum pernah saya publikasikan di Blogodolar. Ketikkan nama dan email Anda pada kolom di bawah ini sehingga Anda akan segera mendapatkan ebook tersebut.

Headline

Comments

  1. Kang frayser acuh tak acuh dalam hal menjawab setiap pertanyaan. :)
    semoga review saya juga bisa tampil di blogdolar ini. :)

  2. hmm, itu pageview per hari 300-400 per hari (blognya Dearryk) bisa dapat alexa rank 500ribuan ? padahal pageview blog saya rata-rata 1000-1300 per hari, tapi alexa rank masih 1jutaan. gimana menurut kang Yudiono?

    • Alexa Rank tidak hanya dipengaruhi page views, namun ada juga faktor lain seperti jumlah pengunjung unik, bounce rate, waktu tinggal pengunjung, dan repeated visitors.
      Coba Anda analisis faktor-faktor tersebut di blog Anda via Google Analitics.

    • iskandaria says:

      @Kevin,
      Alexa rank juga dipengaruhi oleh pageviews per visit kalau menurut saya. Bukan hanya pageviews total. Tentunya juga oleh sejumlah faktor lain, seperti yang dibilang oleh Kang Yudiono.

      • terus gimana dengan software alexa booster dan beberapa trik untuk mengakali alexa rank?

        • iskandaria says:

          @Kevin,
          Saya malah baru dengar tentang Alexa booster. Namun bagi saya, yang penting biarkan saja prosesnya secara alami. Itu jauh lebih memuaskan daripada pakai jalan pintas atau cara yang tidak alami.

  3. bukan hal baru sekarang banyak remaja kreatif , salut ama mas yud yg menampilkan blogger exiting

  4. wah bagus, mas. saya tertarik sumerpenghasilan blogger dari tu yakni PTR, rupanya masih ada toh program itu, kayanya tema PTR sudah jarang dibahas para blogger

  5. Wahh. .info yang bagus.. terima kasih. . salam kenal
    sejak saya mengikuti site ini saya mendapat hal baru… ;)

  6. Wah hebat bro ezer dari Manado juga nongol di blog ini. ^_^