Saling Berhadapan #6: Isnuansa Maharani vs Iskandaria

Tips ngeblog adalah niche dari Blogodolar. Adalah menyenangkan bila bisa mengetahui para sahabat yang memiliki niche yang sama dengan blog ini. Atas dasar itulah, blogger saling berhadapan kali ini mengangkat topik tips ngeblog. Seperti yang kita ketahui, dua sahabat yang membahas topik ngeblog adalah Isnuansa Maharani dan Iskandaria.

Isnuansa Maharani adalah blogger paruh waktu yang tinggal di Jakarta. Tulisannya sampai saat ini didominasi tips menulis, networking, dan trafik, dan terkadang curahan hati. Jika Anda ingin tahu lebih banyak mengenai tips ngeblog, saya merekomendasikan Anda untuk mengunjungi blognya yaitu Isnuansa.Com.

Iskandaria adalah seorang mahasiswa yang saat ini tinggal di Pontianak. Ia banyak mengulas mengenai tips ngeblog dan entertainment. Tulisannya sangat khas dan berkualitas, sehingga Anda tidak akan rugi membacanya. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak mengunjungi blognya yaitu Kafe Gue.

Dan, sekarang saatnya mereka berhadapan.

Isnuansa Maharani

isnuansa

Iskandaria

Iskandaria

1. Sejak kapan Anda ngeblog?

Pertama kali bikin blog tahun 2005 di Blogspot. Setelah 2 tahun ngeblog di Blogspot, tahun 2007 saya membuat isnuansa.com.

Saya ngeblog sejak bulan September 2008.

2. Apa motivasi ngeblog Anda?

Pada awalnya hanya untuk menulis semua curhatan saya. Karena saya suka menulis, akhirnya saya memutuskan untuk membuat niche blogging di Isnuansa.Com.

Motivasi utama saya ialah untuk menyalurkan hobi menulis yang terhambat pasca ditutupnya situs komunitas konsumen PintuNet.com setahun yang lalu (di mana saya menjadi salah satu member aktifnya)..

Jika ada yang belum tahu, situs tersebut mirip dengan situs review produk dan jasa. Intinya merupakan situs yang sangat welcome untuk menampung pendapat dan pengalaman pribadi konsumen selama menggunakan produk/jasa tertentu.

Motivasi ngeblog saya pun kemudian berkembang sebagai sarana untuk berbagi, di samping untuk terus mengasah bakat menulis yang saya miliki.

3. Sampai saat ini berapa blog yang Anda miliki?

Ada 6 buah, tetapi yang dikelola secara serius dan aktif hanya 1.

Kalau ditotal, ada lebih dari 5 blog. Namun kebanyakan adalah blog percobaan (yang tidak saya kembangkan secara serius). Untuk saat ini saya cuma fokus mengembangkan satu blog.

4. Apakah Anda mendapat uang dari blog tersebut dan berapa digit dolar (bila berkenan menginformasikan) yang anda peroleh per bulannya?

Sampai saat ini belum, meskipun saya memang mentargetkan beberapa saat lagi bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan uang.

Tidak sama sekali, sebab saya memang belum memonetisasinya dengan bisnis online apa pun. Di samping belum memenuhi syarat untuk dimonetisasi.

Berapa page views trafik blog Anda per harinya?

Masih sangat kecil, karena niche blogging tidak mendatangkan banyak klik dari search engine. Sehari paling 200 sampai 250 page views.

Jika mengacu pada data sitemeter pd. 29-11-09, berkisar 176 page-view per harinya. Dengan rata-rata pengunjung 97 per hari.

Bagaimana cara Anda mendatangkan trafik tersebut?

Dari data Analytics saya, 60% dating dari search engine, 25% dari refferr [bisa blog teman atau social media seperti facebook] dan 15% direct traffic. Dari semuanya, 80% adalah new visitor.

Saya masih mengandalkan SEO sebagai teknik utama untuk menjaring pengunjung (dari mesin pencari).

Selebihnya dengan cara blogwalking dan meninggalkan komentar pada blog-blog lain.

Dulu sempat memanfaatkan sosial-bookmarking seperti LintasBerita dan InfoGue. Sekarang sudah tidak pernah, tetapi beberapa kali pernah dibantu oleh orang yang tidak dikenal (yang mensubmite beberapa artikel blog saya ke salah satu situs sosial-bookmarking tersebut).

Oya, kadangkala saya juga memanfaatkan situs iklan baris gratis untuk membantu optimasi di mesin pencari..hehehe

Bagaimana Anda mendapat ide untuk membuat postingan tentang tips ngeblog?

Membaca! Hampir semua ide saya muncul setelah saya embaca tulisan orang lain. Mungkin hanya 10% saja kini yang murni curhatan saya.

Seringkali saya terinspirasi dari pengalaman sendiri selama ngeblog. Selebihnya ialah hasil menyimak artikel-artikel di blog lain saat blogwalking.

Berapa besar (skala 1-10) manfaat twitter dan facebook bagi blog Anda?

Twitter saya punya acount, tapi tidak aktif. Belum memiliki energy untuk memaksimalkan penggunaannya. [Saya kerja 10 am sampai 8 pm]. Di Facebook, saya memanfaatkan networked blogs untuk menampilkan seluruh postingan blog saya ke Facebook. Tetapi berhubung sebagian besar teman Facebook saya dari politisi [yang sampai saat ini belum ngeh dan tertarik blog], jadi hanya 3 saja saya pikir manfaatnya bagi isnuansa dot com.

Percaya atau tidak, sampai saat ini saya belum tertarik bergabung di facebook maupun twitter. Jadi saya sama sekali belum memanfaatkan kedua situs sosial-media tersebut untuk promosi blog.

Berapa RSS Feed blog lain yang Anda track setiap harinya?

Ada 500++ yang saya daftarkan. Tetapi yang apdet dalam sehari mungkin hanya 80an. Terkadang, jika dua atau tiga hari nggak kebuka, ada 300an feed yang harus saya baca. Tetapi, saya lebih suka berlangganan blog yang memberikan full feed.

Sekitar 3-10 blog saja.

Apakah jumlah pelanggan RSS Feed penting untuk sebuah blog?

Ya! Sangat penting. Buat saya lebih baik pembaca yang loyal, meskipun mereka hanya membaca lewat feed dan tidak berkunjung secara langsung ke blog saya, daripada yang hanya mampir 1 kali, dan setelah tombol close di klik, mereka nggak tahu lagi bagaimana caranya menemukan blog kita lagi.

Cukup penting, terutama untuk blog-blog yang berorientasi profit (dimonetisasi). Sebab bagaimanapun juga, jumlah pelanggan RSS Feed merupakan salah satu tolok ukur/parameter popularitas dan kualitas sebuah blog.

Bagaimana Anda mengatasi kejenuhan ngeblog?

Sampai dengan saat ini, hampir saya belum pernah menemui kebosanan. Saya suka menulis. :D Malah masih merasa waktu ngeblog saya selalu kurang. Masih sedikit waktu yang dialokasikan untuk ngeblog.

Saya biasanya memvariasikan topik postingan yang akan saya publish. Kebetulan blog saya punya dua tema utama yang cukup luas cakupannya (yaitu entertainment dan blogging).

Trik lain biasanya dengan berusaha menjalin silaturahmi atau hubungan baik dengan blogger-blogger lain, sehingga dapat memacu semangat saya untuk terus berkarya lewat blog.

Satu lagi, saya kadang-kadang bereksperimen memposting topik-topik yang belum begitu banyak dikupas/diangkat di media online lainnya. Itu juga sangat membantu mengatasi kejenuhan dalam ngeblog.

Sebutkan satu blogger luar dan dalam negeri favorit Anda dan apa alasannya?

Kalo hanya menyebutkan satu malah susah. Nggak bisa lebih? Luar ada Darren, Daniel Scocco, Yaro, Matt Cutts, Chris G, Leo Babauta dll.

Yang dari dalam negeri: Bloguebo, Iskandaria, Blogodolar, Fanari, I Made Wira dan masih banyak lain.

Untuk dalam negeri, sebenarnya lebih dari satu sih. Sulit juga menentukan siapa yang paling saya favoritkan, sebab masing-masing punya kelebihan tersendiri.

Namun untuk blogger spesialis tips blogging, saya rasa mas Medhy Aginta deh. Alasannya, beliau punya kekuatan dari sisi kedalaman penyajian konten-konten blognya. Mayoritas sangat inspiratif buat saya.

Untuk blogger luar negeri terus terang belum ada yang saya favoritkan. Penyebabnya, saya jarang sekali blogwalking/menyimak blog-blog luar negeri..hehehe

Just for fun, silakan Anda vote salah satu dari mereka yang menurut Anda jawabannya paling keren, lucu, dan sebagainya. Poling ini ditutup tanggal 10 Desember 09.

Comments

  1. TuSuda says

    Kedua blogger muda tersebut merupakan contoh generasi terbaik saat ini yang sangat aktif dan produktif, baik dalam berkomentar ataupun membuat postingan. Selamat ya..
    .-= Postingan terbaru TuSuda………………3 UNDIAN HADIAH BLOG DALAM PENGALAMAN NGEBLOG =-.

  2. aldy says

    Keduanya memiliki kemampuan menulis dengan baik, tentu saja dengan gaya penulisannya masing-masing. Saya tidak memberikan vote, karena versi saya keduanya draw.

  3. yos says

    teh isnuansa ya…
    tuh salah satu rute blog walking gue cuuy…
    dari gue awal ngeblog pas masih wp.com
    sampai sekarang udah dot com.
    isnuansa dot com tetet jadi blog yang pasti gue kunjungi, hehehe
    .-= Postingan terbaru yos………………taylor swift, si pirang cantik yang aje gile =-.

  4. says

    saya sering atau boleh dibilang punya waktu wajib utk berkunjung ke blognya Mbak Nunik, disana saya mendapatkan banyak sekali tips2 ngeblog yg sangat bermanfaat, juga dgn bahasa yg mudah dimengerti, ngak njelimet.
    kalau blognya Mas Iskandaria belum pernah, mungkin setelah ini saya akan langsung berkunjung kesana.
    salam.
    .-= Postingan terbaru bundadontworry………………Sisi Lain dari Shalat. =-.

  5. Yep says

    Keren ….Kang ;)
    .-= Postingan terbaru Yep………………[Foto] Ha…ha…ha…Hewanpun Mengatakan Bahwa Seks Itu Memang Nikmat =-.

  6. says

    Do things in the correct order.
    “Many religious folk set the plough before the oxen.
    Don’t raise more Demons than you can lay down.
    Don’t shut the barn door after the horse is gone.

  7. says

    kedua blogger diatas cukup saya kenal, saya menjadi guestblogger di Isnuansa.com, tapi mas Iskandaria justru lebih saya kenal, kami pernah berkomunikasi secara intens, karena 3 buah blog yang saya kelola rata – rata berkutat di seputar kesehatan maka jika ada yang berminat dengan tawaran guestblogger maka saya akan mengirimkan artikel untuk anda.
    .-= Postingan terbaru imron46………………BEDA DOKTER SPESIALIS JIWA, PERAWAT JIWA & PSIKOLOG =-.

    • says

      Mas Imron,
      Jika Anda berminat menjadi blogger tamu (guest blogger) di Blogodolar, silakan kirimkan tulisan Anda ke yudionoh[at]yahoo.com.
      Topik tulisannya seperti yang tertera di sidebar kategori.
      Alternatif lain, sahabat saya sobatsehat.com menerima guest blogger.
      Cocok untuk tulisan Anda yang membahas kesehatan.

  8. Kevin says

    hm, sebagai blogger baru saya malah belum pernah mengunjungi kedua blog di atas, maklum jarang bw, kecuali ya ke blogodolar ini hehehe

  9. Kebaya says

    Wah blogger Indonesia yang luar biasa.. Nice artikel jadi terinspirasi neh.. Semangat..

  10. Penulis says

    Kapan yah,,, saya bisa kaya begono… Sampe ke luar negri, dan kenal banyak orang dari blog..
    Jadi kepengen nulis.. :)