Saling Berhadapan #2 : Ade Susanti vs Helmy Muzakki

Tinggal di luar negeri merupakan salah satu pilihan bagi warga Indonesia. Alasannya bisa karena tugas negara, tugas perusahaan, ikut keluarga, atau belajar.

Pada postingan blogger saling berhadapan (blogger face off) kali ini, saya dengan senang hati menampilkan dua blogger sahabat yang sedang tinggal di luar negeri.

Dengan antusiasme tinggi, mereka bersedia menjawab 12 pertanyaan seputar ngeblog yang saya ajukan tanggal 24 Juli lalu. Kedua sahabat itu adalah Ade Susanti dan Helmy Muzakki.

Ade Susanti adalah blogger asal Padang yang sedang tinggal di Amerika Serikat. Blogger yang mengeyam pendidikan tinggi di Bandung ini tinggal di Negeri Paman Sam karena ikut suami yang ditugaskan di sana. Bagi Anda yang belum mengenal aktivitasnya, saya merekomendasikan Anda untuk berkunjung ke blognya yaitu Unidede.com.

Helmy Muzakki adalah blogger asal Bogor yang sedang menimba ilmu di Jerman. Latar belakang Kimia tidak menjadi kendala baginya untuk aktif ngeblog. Bagi Anda yang ingin mengenal lebih aktivitasnya, silakan Anda berkunjung ke blognya yaitu helmymuzakki.com (update: blognya sudah tidak aktif).

Sekarang saatnya mereka berhadapan.

Ade Susanti

Helmy Muzakki

Sejak kapan Anda ngeblog?
Awal ngeblog tahun 2005, tapi setelah posting 1, habis itu tidak pernah diupdate lagi hehehe..Serius mulai ngeblog (maksudnya secara rutin diupdate) sejak pindah ke dot com bulan Oktober 2008 Sejak September 2007
Berapa blog yang Anda miliki sampai sekarang?
Yang utamanya ada 2 yaitu unidede.com (blog personal) dan unidede.com/oriflame (blog bisnis), sementara pelengkapnya 4. Jadi totalnya 6. Hmm.. sekitar 8, yang rajin diupdate Cuma 3, ga bisa bagi waktunya :D
Berapa jam waktu yang Anda gunakan untuk ngeblog setiap harinya?
4 – 5 jam kali ya, itu sudah termasuk blogwalking dan update blog 2-3 jam untuk nulis dan link building, sisanya untuk browsing-browsing aja
Apakah saat ini make money blogging?
Yup Yap
Jika ya, strategi monetisasi apa yang digunakan?
Gak ada strategi sih hihihi, yang penting ikutan paid review dan pasang iklan adnetwork Strategi, mungkin maksudnya sumbernya ya? Kalo itu saya dari Paid Review, link selling, adsense, sama nyoba flipping website (meski ini bukan dari ngeblog sih)
Bagaimana situasi make money blogging di negara tempat Anda tinggal sekarang?
Duh ini apa lagi tidak terlalu ngikutin juga, malahan nyari referensinya di blog berbahasa indonesia :D Situasi make money blogging di Jerman kurang saya ketahui dengan pasti. Tapi sepertinya masih kalah sama negara-negara seperti Amerika Serikat atau Australia. Kondisi bahasa yang lumayan membatasi blogger-blogger Jerman. Tapi sekali lagi, ini hanya opini saya.
Berapa besar (skala 1-10) manfaat twitter dan facebook bagi blog Anda?
Facebook : 8. saya pake networkblog, setiap ada postingan baru maka di facebook otomatis keliatan di profile. Banyak trafik yang saya dapat dari situ.Twitter : 3. Saya baru aktif pakai twitter, walaupun daftarnya udah 2 tahun yang lalu. Jadi belum berasa banget manfaatnya buat trafik ke blog saya :D Tidak begitu berpengaruh karena saya lebih mengandalkan search engine dan social bookmarking sebagai sumber traffic dan backlink. Klo di skala paling saya kasih 3/10. Belum bisa memanfaatkan FB dan Twitter secara maksimal.
Berapa RSS Feed blog lain yang Anda track setiap harinya?
Ada 390 blog yang saya subscribe di Google Reader saya. Sehari mungkin bisa 10 – 20 blog yang saya kunjungi. Blogwalking selain dari Google Reader juga ke blog-blog yang ninggalin komentar. Cuma 2
Menurut Anda, apa yang dimaksud dengan good content ?
Menurut saya, good content adalah isi blog yang memberi manfaat bagi pembacanya. Bisa berupa tutorial, tips atau ada ‘moral of the story’ yang bisa diambil dari cerita yang ditulis. Bisa juga tulisan yang enak dibaca, membuat pembacanya senyum2 sendiri atau tertawa lepas saat membaca tulisan kita. Makes people happy is a good thing, right? :D Good content itu orisinil, beda, buah pemikiran atau pendapat pribadi, dan yang pasti mendatangkan traffic. Konten yang bagus kalo tidak mendatangkan traffic atau sambutan pembaca sepertinya kurang mencapai sasaran.
Apakah blog bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan pasif?
Bisa banget Bisa dijadikan sumber penghasilan, baik utama maupun sampingan. Tapi kalo pasif saya ga setuju, karena blogging juga butuh waktu, tenaga, pemikiran dan ide untuk memaintenance blog tsb
Bagaimana cara Anda menghilangkan kejenuhan ngeblog?
Biasanya saya ga buka blog pada saat weekend, kayak kerja kantoran yang libur di saat weekend . Karena Senin – Jumat, saya full ngurusin blog. Jadi biar tidak bosan, ada waktu liburnya juga :D Traveling, kumpul bareng temen2, Facebookan, membelanjakan uang hasil dari make money blogging juga salah satunya lo.
Sebutkan satu blogger (dalam atau luar negeri) favorit Anda?
Saya suka blognya Raditya Dika Cosa Aranda, Yaro Starak

Semoga bermanfaat!

Ebook Gratis untuk Anda

cover bawah postDownload (unduh) ebook Cara Saya Menghasilkan Rp 620 Juta dari Blog. Dengan mengunduhnya, Anda sekaligus berlangganan newsletter Blogodolar. Manfaat berlangganan newsletter ini antara lain Anda akan mendapatkan diskon 50% dari buku-buku terbaru saya dan tips/trik ngeblog yang belum pernah saya publikasikan di Blogodolar. Ketikkan nama dan email Anda pada kolom di bawah ini sehingga Anda akan segera mendapatkan ebook tersebut.

Headline

Comments

  1. blogpopuler says:

    Langsung Ke TKP..
    Apalagi blognya itu lho “make money blogging”, jadi bisa pake belajar
    .-= Postingan terbaru blogpopuler………………Bertubuh Tinggi Ciri Pendapatan Lebih Besar =-.

  2. sangat bermanfaat, bisa belajar banyak nie. thank’s kang.
    .-= Postingan terbaru Deka………………Testing =-.

  3. blogpopuler says:

    Sama-sama profesional deh…
    .-= Postingan terbaru blogpopuler………………Urban Painting, Keren Abis… =-.

  4. Blogger Ingusan says:

    Masing2 master punya jurus sendiri2… yg pemula jadi ngiler aja nih.. kapan ya bisa punya traffic guede’?

    Btw, kang Yudiono.. aku dah add linknya kang di blogku. Mampir atuh kang dicek, skalian nambah2 traffic plus komentar n sarannya biar blogku bisa sukses kaya’ bognya kang.. :-)

  5. @Raiderhost: Kalau Dian Sastro atau Sandra Dewi kayaknya lebih cocok dengan saya. So, Blogodolar vs Sandra Dewi sangat menarik tuh. Kalau Mas Eko dapat bagian setelah saya deh :D

  6. @Jajang: Sip juga buat Jajang :D

  7. @Elsa Sakina: Thanks juga apresiasinya Mbak Elsa :D

  8. @thedollarcorner: Tidak ada salahnya belajar sama sahabat yang di luar Soroako koq, biar bertambah wawasannya Mas Adhi :D

  9. Wow, hebat ya mereka berdua.. :)

  10. acara yang seru,salam sukses

  11. manusia online says:

    info menarik … semoga bisa kayak mereka-mereka yang sukses … ^_^

  12. Bersahabat dgn blogger yg stay di luar negeri memang menyenangkan, bisa dapat banyak info2 penting yg mungkin berguna buat kita kalau keluar neg nanti.
    .-= Postingan terbaru zee………………wiken kebanyakan makan =-.

  13. keren…semoga kita yang masih di dalam negri ikut mendulang sukses seperti mereka!!
    .-= Postingan terbaru casual cutie………………Lancome Genifique Youth Activating Concentrate =-.

  14. blogpopuler says:

    Kapan kang wawancara antara belajarafilliasi dengan bloggerpemula.Pasti seru tuh :-)

  15. Kalau belajaraffilasi harus dihadapkan dengan yang biasa afiliasi juga Om Frank. Lagi dicari dulu lawannya tuh.

  16. aku sekolah di luar negeri akh… biar di wawancara begini sama kang yudiono…
    wkwkwkwkw
    .-= Postingan terbaru AlvienRizki………………Budi, Teruslah Bermain Bola =-.

  17. Wuih…keren nih postingan, memberi pencerahan untuk saya Kang…Thanks ya :)
    .-= Postingan terbaru Yep………………Facebook Mbah Surip Diramaikan Ucapan Belasungkawa =-.

  18. sip lah, langsung ke TKP utk jalan2 dan belajar.
    salam.
    .-= Postingan terbaru bundadontworry………………Kecerdasan Spiritual. =-.

  19. Yup, beda dengan berhadapan #1. Ini disesuaikan dengan blogger yang diwawancara Neng

  20. @yusupman: Thanks apresiasinya Mas Yusup.

    @Desain Lansekap: Lanjuuuut Mas :D

  21. Nuhun KangBoed…Salam juga :)

  22. Trims apresiasinya Kang Saka :D

  23. Hebat bener…gmn nuangin idenya ya…?
    .-= Postingan terbaru Cari Duit gratis………………Pengganti CIAO – Focalprice =-.

  24. reviewnya lengkapa banget euy
    luar biasa….selamat yah buat mbak aed ^_^

  25. wah keren review n interviewnya mas, memberi pencerahan dan pembelajaran pada saya tentang berbagai aspek ngeblog. sering2 aja bikin interview kaya gini mas, tp jangan saya yg diinterview wakakak…. *gr mode : on*

  26. saya juga sering berkunjung ke unidede. emang keren blognya mba’ ade itu. banyak yg bisa dipelajari dari sana.
    .-= Postingan terbaru st_hart………………How to Boost Your Memory Power =-.

  27. Wew, ini yg ke 2,ya. . Tx inf0nya. . Aq mau dpt ulasan kang r0hman vs oom d0nx. . Bs request ga ni? Pengen tau.

  28. wah.. makasih.. ulasannya sangat berguna banget…:D
    .-= Postingan terbaru tetembak………………Survey : 10 Persen Remaja Alami Pelecehan Seksual di Internet =-.

  29. wah.. sangat menarik ulasan para blogger master nih/..
    .-= Postingan terbaru idafazz………………Cara Membersihkan Laptop dan Notebook =-.

  30. sangat menarik dan membuka inspirasi mas..:D