Yang Blogger Bisa Pelajari dari Kesuksesan Jose Mourinho

Anda seorang penggemar sepak bola dunia? Jika ya, Anda pastinya tahu Jose Mourinho. Pria berkebangsaan Portugal ini telah menjadi buah bibir di dunia sepak bola dalam satu dekade terakhir karena kesuksesannya membawa klub-klub yang ia latih menjadi juara di liga domestik maupun di liga Eropa.

Sebagai blogger, Anda bisa belajar dari kesuksesan Mourinho tersebut untuk membawa blog Anda ke level yang lebih tinggi.

Mari mulai dengan melihat terlebih dahulu catatan suksesnya.

Catatan Sukses Jose Mourinho

Jose Mourinho

Gambar dari telegraph.co.uk

Ia memulainya dengan membawa FC Porto menjadi juara UEFA Cup pada tahun 2003. Setahun kemudian pria yang bernama lengkap José Mário dos Santos Mourinho Félix ini sukses menjadikan FC Porto juara Liga Champions.

Jose Mourinho kemudian pindah ke Chelsea, klub milik raja minyak Rusia, Roman Abramovich, yang prestasinya tertatih-tatih di kancah Liga Primer Inggris. Ia sukses membawa tim biru London tersebut memenangi Liga Primer Inggris pada 2005 dan 2006 sekaligus mematahkan dominasi Manchester United.

Pada tahun 2008, Jose Mourinho mencari peruntungan di Liga Serie A Italia dengan menukangi Inter Milan. Setahun kemudian, pria yang kerap disapa Mou ini membawa Inter Milan jadi juara Liga Serie A. Pada tahun 2010, Mou sukses mengantarkan tim berjuluk I Nerazzurri (Si Biru Hitam) itu merengkuh treble (tiga tropi dalam satu musim): juara Serie A, Coppa Italia, dan Liga Champions.

Prestasi ini mencatatkan dirinya sebagai pelatih ketiga (setelah Ernst Happel and Ottmar Hitzfeld) yang memenangi tropi Liga Champion dengan dua tim berbeda. Bukan hanya itu, pria yang kondang sebagai “The Special One” ini juga ditetapkan sebagai Pelatih Terbaik 2010 oleh FIFA.

Di tahun yang sama, Jose Mourinho kemudian pindah ke Liga Spanyol (kondang disebut La Liga) dengan menjadi pelatih Real Madrid. Ia sukses menggondol tropi Copa del Rey di musim pertamanya membesut tim berjuluk Los Galacticos tersebut.

Tidak berhenti di situ, pada tahun ini Mourinho mempersembahkan tropi La Liga bagi Real Madrid sekaligus meruntuhkan dominasi Barcelona di bawah asuhan Pep Guardiola dengan mega bintang Lionel Messi yang telah merajai Liga Spanyol dalam tiga tahun terakhir. Ia sekali lagi mencatatkan dirinya di papan rekor sebagai pelatih keempat setelah Tomislav Ivić, Ernst Happel, dan Giovanni Trapattoni yang mampu meraih juara liga di empat negara berbeda.

Pelajaran dari Kesuksesan Mourinho

Seperti yang Anda baca di atas, Jose Mourinho memiliki segudang prestasi yang mendunia. Sebagai blogger, setidaknya Anda bisa memetik pelajaran-pelajaran penting dari kesuksesan pelatih bertangan dingin tersebut.

Pelajaran tersebut tersirat dari beberapa kutipan Jose Mourinho di bawah ini:

1. Percaya Diri

Jangan panggil aku sombong, aku juara Eropa dan aku rasa aku the special one.”

Jika Anda ingin menjadi blogger sukses dan meraup banyak uang dari blog Anda, maka Anda harus percaya diri. Jangan katakan Anda pemula. Jangan bilang Anda tidak memiliki kemampuan atau bakat. Jangan pula utarakan Anda tidak akan sukses.

Semua itu TIDAK PENTING.

Yang penting adalah Anda yakin dengan kemampuan Anda. Anda yakin bahwa Anda akan berhasil. Anda percaya bisa mengatasi kendala-kendala ngeblog yang dihadapi. Anda tidak ragu dalam setiap aktivitas ngeblog yang dilakukan. Anda bulat tekad bisa mengubah kehidupan Anda dan bahkan dunia!

2. Tidak takut bersaing

“Takut tidak ada dalam kamus sepak bolaku”

Seorang juara lahir dari persaingan. Jika Anda terjun ke dunia ngeblog dan takut bersaing dengan blogger-blogger senior atupun blogger-blogger junior berbakat, maka Anda tidak akan pernah lahir sebagai juara. Anda layak disebut sebagai pecundang sejati karena kalah sebelum bertempur.

Pandanglah persaingan itu dari sisi positif. Darinya Anda akan banyak tahu dan semakin paham menapaki kurva pembelajaran ngeblog.

Bersinergilah dengan para pesaing Anda sehingga Anda dan mereka tumbuh dan berkembang bersama. Jika sudah pada kondisi ini, persaingan tidak menakutkan, bukan?

3. Kerja keras

“Aku adalah seorang pelatih, bukan Harry Potter. Dia memang penyihir, tapi dalam kehidupan nyata tidak ada sihir. Sihir itu fiksi, dan sepak bola nyata.”

Membangun sebuah blog yang dikenal orang tidak semudah membalik telapak tangan. Memperoleh ribuan dolar per bulan tidaklah dalam satu malam. Anda harus kerja keras menggapainya. Anda mesti berkeringat (dan bahkan bercucuran air mata) mencapainya.

Janganlah terbuai dengan iming-iming mendapat puluhan juta rupiah dari blog dengan ongkang-ongkang kaki. Janganlah tergoda mencapai kesuksesan sesat dan sesaat.

Namun, ingatlah tidak ada pencapaian tanpa perjuangan. Ingatlah tidak ada sihir dalam dunia ngeblog. Ingatlah tidak ada kerja cerdas sebelum Anda kerja keras. Ingatlah bahwa kerja keras Anda akan membawa hasil (cepat atau lambat).

4. Konsisten

“Aku Jose Mourinho dan aku tak berubah. Aku datang dengan seluruh kualitas dan kekuranganku.”

Sebagai seorang blogger, sejatinya Anda adalah seorang penulis. Anda harus konsisten menulis tulisan yang bermanfaat bagi yang membacanya. Anda wajib konsisten dengan tidak mencuri konten orang lain. Anda mesti konsisten memegang teguh etika ngeblog tanpa menari di atas penderitaan orang lain.

5. Belajar

“Aku belajar bahasa Italia lima jam sehari dalam waktu berbulan-bulan agar dapat berkomunikasi dengan pemain, media, dan fans.

Banyak hal yang harus Anda pelajari dalam dunia ngeblog mulai dari menulis konten, SEO, sampai media sosial. Teruslah belajar dari hal-hal kecil sampai hal-hal besar. Dengan belajar dan menerapkannya Anda akan berpengalaman. Pengalaman adalah guru berharga yang tidak akan Anda peroleh di buku-buku pelajaran. Namun, Anda akan memperolehnya dari mengalaminya.

Miliki dan terapkan kelima hal di atas mulai sekarang juga. Cepat atau lambat Anda akan menjadi “The Special One” dalam dunia ngeblog.

Comments

  1. says

    saya baru tau jose mourinho sehebat itu
    btw kutipan2 dan semangatnya boleh banget nih ditiru
    tidak ada kerja cerdas sebelum kerja keras
    thx for the nice post…

  2. says

    saya penggemar jose mourinho sejak di chelsea… tapi kalau klub tetap chelsea, no madrid…hehehe
    debutnya sejak menjadi asisten pelatih di barca juga bagus, mas..

  3. iskandaria says

    Poin kelima menurut saya paling penting dan paling mantap untuk diteladani oleh blogger. Banyak hal yang mesti dipelajari dari aktivitas blogging. Entah itu dari sisi seni menulis maupun hal-hal teknis seputar web atau seputar pengelolaan web/blog.

  4. says

    mou ibarat seorang filosuf dilapangan hijau… kita bisa belajar banyak hal dr mou, termasuk “resep” kesuksesannya spt yg dituliskan diatas… namun, ada jg yg tdk perlu kita tiru dr mou… yaitu kepercayaan diri yg trlalu tinggi shg tampak sgt arogan…

  5. Zhay says

    Betul mas…tambah lagi nih, kebanyakan penyakit yang sering mendera blogger pemula yaitu pengen sempurna, karena rasa itu justru malah tidak blogging..padahal langsung aja blogging, ntar kesempurnaan itu bisa didapat dalam perjalanan blogging…
    mirip dengan ungkapan Mou yang ini “Aku adalah seorang pelatih, bukan Harry Potter. Dia memang penyihir, tapi dalam kehidupan nyata tidak ada sihir. Sihir itu fiksi, dan sepak bola nyata.”

  6. Jefferly Heliathusofri says

    wahh luar biasa memang Om Jose ini.
    saya salut.
    tapi kalau di sepak bola saya lebih suka Pep Guardiola.. :D
    satu hal yang bisa dicatat dari posting ini, adalah 5 kunci sukses nya.
    salam super.

  7. nur abidah says

    walaupun sedikit sombong, om jose punya keyakinan dan rasa percaya diri yang besar serta berani bertarung…:)

  8. says

    Terimakasih atas nasehatnya…semuanya betul dan penting.
    Kadang2 itu bukanlah hal yang baru. Tetapi komitmen kita lah yg harus diperbaharui thdp nasehat itu.
    Semoga kita semua bisa menjalankan nasehat tersebut.

  9. new angetanget says

    Jose Mourinho sering membenturkan dirinya pd tembok sehingga tidak ada pilihan yg tepat baginya kecuali menghadapi semua tantangan dengan sepenuh hati dan kemenangan menjadi harga mati walaupun kadang kalah juga. Salam anget anget

  10. achmad sholeh says

    setujuh kang, sya emang fans MOU melatih manapun akan menjadi team favorit saya

  11. Ayahnieda says

    Setuju kang … Banyak filosofi yang baik dari olaharaga sepak bola yang kita bisa terapkan, Jose mungkin salah satu contohnya sebagai pribadi pantang menyerah …

  12. Yayan Suryana says

    Walaupun saya tidak suka main bola, tapi saya suka dengan kutipan-kutipan si Om Mourinho ini. Kreatif buat Kang Yudiono, bisa menggabungkan dengan dunia blogging…

  13. says

    Terimakasih. Semangatnya bisa ditiru, kesempurnaan akan datang kemudian lewat belajar dan ketekunan. Nice posting Kang. :)

  14. Erik says

    wah bener2 mantep. walau saya ga suka bloa, kata2 pelatih itu sangat tepat sekali 100%

  15. says

    Benar juga ya, banyak pelajaran dari Sepakbola khususnya kesuksesan Mourinho yang bisa kita petik untuk dijadikan motivasi dalam dunia ngeblog. Tapi selain itu, dalam kehidupan sehari-hari juga bisa kita pergunakan.

  16. didik says

    Bagian ini yang paling aku suka :
    “Anda mesti berkeringat (dan bahkan bercucuran air mata) mencapainya.
    Janganlah terbuai dengan iming-iming mendapat puluhan juta rupiah dari blog dengan ongkang-ongkang kaki. Janganlah tergoda mencapai kesuksesan sesat dan sesaat.”

    nice…

  17. thia says

    walaupun hanya seorang penggemar sepakbola musiman, semangatnya patut ditiru!
    nice post………… :)

  18. says

    Saya pernah baca di salah satu postingan blogger besar, kalau mau sukses ikuti apa yang dilakukan oleh orang2 sukses (sikap). Ternyata dimata Kang Yudiono juga demikian. Bagus ni,,,
    Semoga kita bisa mengimplementasikannya dalam dunia blogging dengan baik,,

  19. says

    Tulisan yang mencerahkan. Saya tahu memang Mou adalah The Special One. Namun anda menterjemahkannya ke dunia blog. Salut!

  20. Andank says

    hal di atas sangat penting saya rasa kang Yud, apalagi sekarang butuh kerja keras agar dapat hasil maksimal

  21. Slamet wahyudi says

    Terimakasih pencerahannya kang. Jadi tambah semangat ngeblog nih setelah dicharge.

  22. Rahel says

    Sayangnya Om Jose seperti kutu loncat kesana kemari, seperti tidak konsisten :) Terlalu mengejar materi Salam blogger

  23. Alia @ Tips Kesehatan says

    Bagus artikelnya … tapi kok ga ada tanggapan dari penulis ya atas beberapa komentar yang bertanya

  24. says

    wah, pelajaran yang sangat berharga sekali, saya jadi semakin semangat untuk mengejer impian menjadi blogger sukses, semoga ini bisa memotivasi semua orang. Thanks sudah berbagi, salam sukses selalu kawan.

  25. raskyra says

    bener, mourinho punya banyak sisi baik, dia tipe orang pejantan tangguh, anak indonesia sangat patut berkarakter seperti diia

  26. Serba Sembilan says

    Mourinho dan Arsene Wenger… 2 pelatih favorit ku… Banyak inspirasi dari beliau berdua :)

  27. Bloge Wonk Cerbon says

    sepertinya saya wajib belajar ngeblog dengan Kang Yudiono, bukan pada Jose Mourinho, kebetulan saya baru sampai kelas 6 SD :D

  28. says

    “Aku Jose Mourinho dan aku tak berubah. Aku datang dengan seluruh kualitas dan kekuranganku.”
    “Aku belajar bahasa Italia lima jam sehari dalam waktu berbulan-bulan agar dapat berkomunikasi dengan pemain, media, dan fans.”

    Inilah yang penting bagi saya, memulai karir sebagai blogger ga memiliki skill ttg menulis, tidak mengerti ttg membuat web, dan pusing memikirkan hasil dr ngeblog. Tetapi seiring berjalannya waktu dan terus belajar, semua kekuranganku berangsur tertutupi dan blog menjadi jalan hidupku…

    Btw, kayaknya ingin belajar nih ma akang ttg Adsense, sudah hampir 1 tahun main adsense POnya 2 bulan sekali…. Oia, hampir lupa salam kenal Kang

  29. nunung hidayat says

    menuggu blogodolar update lagi plus ebook nya (udah lama nich)…….!