Cara Menempati 10 Besar Google Dalam 5 Menit atau Kurang

Anda mungkin berpikir bahwa judul di atas mengada-ada atau bohong. Saya yakinkan Anda bahwa judul di atas adalah benar adanya. Ini saya dapatkan dari beberapa postingan Blogotainmen yang menempati 10 besar Google dalam waktu 5 dan 2 menit.

Ah, mungkin ini menggunakan teknik SEO hitam atau plugin. Jika itu yang ada di pikiran Anda, sekali lagi saya yakinkan bahwa hasil ini tidak menggunakan kedua cara itu alias normal. Tidak pula diback link dari blog atau situs lain. Anda akan tahu caranya sebentar lagi.

Mohon diingat, cara yang akan saya uraikan bukan untuk mengikuti kontes SEO. Namun, untuk membantu Anda dalam mengoptimalkan postingan agar posisinya baik di hasil penelusuran Google.

Studi kasus

Beberapa waktu lalu saya memperoleh ide membuat postingan bertopik Carla Bruni, isteri presiden Prancis yang mantan foto model kondang. Saya menemukan tulisan di blog luar negeri mengenai pria-pria yang pernah menjadi kekasihnya. Saya pun menuliskannya di Blogotainmen.

Saya mengeceknya di Google untuk melihat apakan postingan tersebut sudah terindeks atau belum. Hasilnya, postingan tersebut menempati nomor 1 Google dalam 5 menit.

10 besar Google dalam 5 menit

Studi kasus yang kedua adalah mengenai pelatih sepak bola termahal di dunia yang saya tulis kemarin. Setelah dipublikasikan, postingan ini menempati posisi nomor 4 di Google dalam waktu 2 menit.

10 besar Google dalam 2 menit

3 Tipsnya

Saya bisa memperoleh hasil tersebut, Anda pun bisa mempeolehnya. Di bawah ini adalah 3 tipsnya:

1. Pilih topik yang sedikit pesaingnya

Topik seperti ini berupa topik yang kurang mendapat perhatian orang. Anda bisa memeriksanya di Google ‘s Adwords Keyword Tool atau SEO Book Keyword Suggestion Tool.

Sebagai contoh, kata kunci pelatih sepak bola termahal sangat sedikit pesaingnya. Hal ini ditunjukkan oleh tidak adanya warna hijau pada hasil Google’s Adwords Keywords Tool  di bawah ini.

kata kunci sedikit pesaing

2. Sisipkan kata kunci pada paragraf pertama

Deskripsi di hasil penelusuran Google berjumlah 160 karakter. Oleh karena itu, selain di judul postingan, sisipkan juga kata kunci yang ada bidik pada paragraf pertama postingan Anda. Tidak perlu banyak-banyak, satu kata kunci saja sudah berdampak terhadap hasil penelusuran Google.

3. Gunakan theme yang ramah SEO

Walapun ada yang menyangsikan, theme wordpress yang digunakan membantu hasil penelusran di Google. Untuk mencapai hasil optimal di mesin pencari, ada baiknya Anda menggunakan theme wordpress yang ramah SEO. Saya sendiri menggunakan theme Prosense yang termasuk dalam best SEO wordpress theme versi WPhack.com.

Itulah 3 cara yang bisa Anda lakukan agar postingan Anda menempati 10 besar Google dalam 5 menit atau kurang. Saya sangat senang jika Anda mengkonfirmasi studi kasus ini dengan bereksperimen dengan kata kunci yang Anda bidik.

P.S: Jika Anda membidik kata kunci yang ketat persaingannya, postingan 7 Trik Menjadi Nomor Satu di Google mungkin bisa membantu Anda.

Ebook Gratis untuk Anda

cover bawah postDownload (unduh) ebook "Cara Saya Menghasilkan Rp 620 Juta dari Blog". Dengan mengunduhnya, Anda sekaligus berlangganan newsletter Blogodolar. Manfaat berlangganan newsletter ini antara lain Anda akan mendapatkan diskon 50% dari buku-buku terbaru saya dan tips/trik ngeblog yang belum pernah saya publikasikan di Blogodolar. Ketikkan nama dan email Anda pada kolom di bawah ini sehingga Anda akan segera mendapatkan ebook tersebut.

Headline

Comments

  1. Assalamualaikum…

    pertama, sudah lama satrya tidak kesini, tiba2 sewaktu kesini terkejut dengan template barunya :mrgreen:

    kedua, selain ketiga point diatas, jangan lupa untuk Ping artikel terbarunya kang :D

  2. ooo pantesan postingan saya lama diindex-nya, brarti banyak saingan ya? padahal udah di Ping juga loh..

  3. karzanik says:

    iya sih mas kelebihan dari nangkring di 10 google, banyak pengunjung unik yang masuk….makasih buwat memantapkan SEO-nya…

  4. Tips yang menarik juga nih bang, mo di coba dulu deh,

  5. Wahh, saya kemarin nulis prediksi belanda vs denmark jg 5menitan udah masuk 10 besar. Giliran brazil vs ivory coast halaman 2 pun gak nampak. Padahal sama-sama prediksi. Kok beda ya?

  6. Terima kasih kang, link untuk memilih topik yang sedikit pesaing yang kedua (SEO book keyword suggestion tool), baru saya tahu,,

  7. Dunia Komputer says:

    Makasi infonya Kang. Saya terapkan semua tipsnya. Btw, saya agak kesulitan menemukan theme yang SEO friendly dan nyantol dihati. Punya stok referensi theme WP lagi ga Kang?

  8. Makasih atas tips-tipsnya, semoga bermanfaat.

  9. sangat menarik nih kayaknya…dicoba ah, mungkin perlu ganti theme dulu nih.

  10. mantap Kang, akan saya coba, makin banyak ilmu nih yang saya dapat dari sini

  11. Zaiful Anwar says:

    Wah berarti intinya Riset Keyword ya Kang.

  12. terima kasih kang
    saya mao belajar lagi masalah keyword :)

  13. dJumTKS Weblog says:

    yups benar sekali kang ‘Pilih topik yang sedikit pesaingnya’ memang akan bisa jadi nomor 1 atau 10 besar…tapi orang sedikit mencarinya di search engine :-), thanks.

  14. Saya sering menggunakan cara ke-1 dan ke-2, hasilnya sangat bagus di Search engine. Kalo belum muncul dihalaman 1 SE, saya submit ke iklan baris atau social bookmark.

  15. pentol Kramat says:

    Thanks tipsnya kang Yud…kebetulan 3 bln an ini aku dah terapin langkah 1-3, tentunya digabung dengan beberapa trik seo lainnya. Dan alhamdulillah skrg pengunjung dah mayan stabil nyampe ribuan per hari

  16. Catatan Blogger Amphibi says:

    pantas u dicoba nih tipsnya
    thx kang ya

  17. blog saya juga sering ada di halaman 1, untuk keyword yang jarang ada pencarinya :D

  18. Amin…

  19. tambahan untuk poin yang kedua, menyebarkan keyword di bagian tengah dan akhir paragraf juga cukup efektif apalagi longtail keyword,,,,terbukti sangat ampuh :)

  20. Memang kalau saingannya sedikit kita bisa jadi yang pertamax…

  21. bagus mas tipsnya… saya dulu juga heran kenapa postingan saya bisa keindex kurang dari 5 menit.. memang keyword yg saya pakai tidak ngetrend :D
    ternyata mas malah dah melakukan riset.. jadi saya bisa paham.. makasih mas

  22. Indovision says:

    Mantap! benar tipsnya, sangat ok banget, segera di praktekkan. Thanks

  23. Iya nih… saya belum baca artikel yang ini kemarin. :)

  24. wah, ane coba yah sobat, thanks a lot :D

  25. tanks infonya mas, dicoba tipsnya mas

  26. ihh..keren banget tips nya..mau nyoba-nyoba juga ah..makasih mas.

  27. Indovision says:

    Dgn kunci yg sy bidik sdh berhasil menempati hal 1 di google urutan no 3.
    Setelah sy cek dgn Google ’s Adwords Keyword Tool ternyata kunci yg sy bidik merupakan kunci yg paling banyak saingannya… ga nyangka. Thanks

  28. wahhh…. langsung praktek ke TKP..!!

  29. fisika-ceria says:

    artikelnya membantu bgt.., thanks mas

  30. Auto Car Trends says:

    thanks tips nya

  31. mantaps ne..
    yang mw liat blog aq disini yach…
    http://ahlitips.blogspot.com
    baru buat..

  32. great posting bro, kreatif

  33. Salam kenal dari bloger newbie bang. ijin bokmark. skalian ijin copas beberapa artikel.

    • Kang Yudiono says:

      Sebaiknya jangan copas Mas Opick, namun buat saja postingan link dengan beberapa paragraf yang Anda tulis sendiri.

  34. kq bisa secepat itu ya….berarti google cpt banget responnya…

  35. Wah ini semua pakai WP yah? Kalau yang pakai Blogspot ada gak kang? :)
    Maaf newbietol :)

  36. xamthone plus says:

    mantap kang postingannya, ini yang saya cari

  37. Saya sudah lakukan juga langkah2 yg di atas tapi jadi agak sulit kalau untuk blog baru yang masih beberapa kontennya selain itu backlink blog juga masih dikit. Saya butuh waktu 4 hari agar menjadi nomor satu di halaman pertama google untuk blog baru saya ini..
    Nice post….

  38. Yasser Ramli says:

    Makasi infonya Kang. Saya terapkan semua tipsnya. Btw, saya agak kesulitan menemukan theme yang SEO friendly dan nyantol dihati. Punya stok referensi theme WP lagi ga Kang?

  39. BELAJAR BISNIS says:

    oke ,mantap gan infonya,thanks

  40. thanks gan

  41. wah.. bisa d.coba nih.. nice info gan

  42. Ass.wr.wb
    Trima kasih info2 nya
    karena saya pemula masih banyak yg belum ngerti
    ,aklum ibu RT yg gaptek

  43. download software says:

    ternyata ada juga cara menempati urutan 10 besar dalam 5 menit…hehehe

  44. katalog mebel says:

    artikelnya berguna untuk menambah wawasan

  45. Salam Kenal Admin.. Blog agan Emang keren deh.. terbukti ane masih Berkeliaran disini.. Nyari info2 tentang Blogging, Selepas ane tadi mengunjungi blog agan yang membahas infolink.. Ane jadi termotifasi berkat postingan agan .. Thanks ya gan Postingan Agan bermanfaat buat ane.. Ane jadi ga ragu Ngefollow Blog agan.. Oh ya mampir dong gan ke blog ane dan nilai lah apa yang kurang dari blog ane.. :

  46. Gan ane mau tanya untuk SEO Book Keyword Suggestion Tool. ini apakah harus beli to, soalnya aku dah coba download kok gak bisa

  47. Sudah lama saya ikuti tulisan2 Kang Yudiono, tapi baru kali ini bisa ikut komen.

    Oya, kang, apakah teknik ini masih bisa dipraktekkan di 2013 ini, mengingat kata temen2 (juga kata blogodolar) algoritma google selalu berubah?

    Trims