Laporan Penghasilan Bulanan Saya – Agustus 2013

Selamat datang di laporan penghasilan Agustus 2013 saya. Sejak Januari 2013, setiap bulannya saya memublikasikan penghasilan bulanan saya sebagai seorang full time blogger. Bukan untuk bermaksud sombong, namun ini sebagai catatan saya untuk terus transparan dan mungkin memotivasi Anda yang bergelut di dunia ngeblog.

Sebelum ke rincian penghasilan, seperti biasa saya menginformasikan beberapa hal yang menjadi perhatian saya di bulan lalu.

1. Sumedang Internet Marketers

Saya mudik ke kampung halaman di Sumedang pada 10-16 Agustus 2013. Selain bersilaturahmi ke orang tua dan kerabat, saya juga didapuk menjadi salah satu pembicara di seminar Blogging, Dari Hobi Menjadi Profesi yang diadakan komunitas Sumedang Internet Marketers tanggal 15 Agustus 2013.  Sebuah pengalaman yang mengesankan karena bertemu dengan panitia yang bersemangat, peserta yang menarik, dan pembicara lain (Rakean/Super Hero Ads-Id dan Ade Irman Kurniawan/Bidanku.com) yang luar biasa.

Antusiasme dan profesionalitas kawan-kawan di komunitas Sumedang Internet Marketers sungguh di luar perkiraan saya. Beberapa dari mereka bahkan sudah meraup sukses dari Google AdSense dari blog-blog bahasa Indonesia yang dikelolanya.

Harus saya akui, Sumedang Internet Marketers menciptakan dunia online lebih cetar membahana. Situasi yang tidak pernah saya rasakan di Makassar!

2. Google AdSense

Penghasilan saya dari Google AdSense sebesar $180,99 (lihat screenshot di bawah). Ini lebih kecil dibandingkan penghasilan dari Google AdSense Juli 2013. Saya belum mampu menaikkan penghasilan ke kisaran $300-an lagi karena blog-blog niche baru saya belum menghasilkan.

Penghasilan dari GA Agustus 2013

3. Afiliasi Amazon

Berbicara mengenai afiliasi Amazon, ada dua hal yang menjadi perhatian saya. Pertama, saya merasakan pembayaran pertama sebesar $124,80. Pembayaran ini merupakan akumulasi penghasilan saya dari Agustus 2011 sampai dengan Juni 2013. Hampir 2 tahun baru payout!

Metode pembayaran yang saya gunakan adalah direct deposit ke akun bank virtual saya di Payoneer. Sayangnya, sampai sekarang saya belum bisa menarik uang tersebut melalui ATM karena kartu Payoneer belum sampai ke rumah saya. Padahal, waktu kedatangan kartu tersebut antara 29 Agustus 2013 sampai 5 September 2013. Semoga saja tidak ada aral melintang sehingga kartu itu sampai ke rumah saya.

Kedua, blog niche saya yang diikutkan di Duel Blog Niche menghasilkan $422,39. Sungguh di luar dugaan sekaligus memompa semangat saya untuk membuat blog-blog niche lain yang dimonetisasi dengan afiliasi Amazon. Sinar semakin terang? I hope so

Terlepas dari itu, di bawah ini adalah screenshot penghasilan dari Amazon untuk Agustus 2013. Saya akan memaparkan lebih detail tentang hal ini pada postingan update Duel Blog Niche berikutnya.

Penghasilan dari Amazon Agustus 2013

Catatan: Saya juga punya sebuah blog niche yang dimonetisasi dengan program afiliasi Amazon yang penghasilannya sekitar $6.

Rincian Penghasilan dan Biaya

Mohon dicatat penghasilan saya ini ada yang belum saya terima karena mengikuti ketentuan pembayaran 30-60 hari atau batas minimum payout dari program-program yang saya ikuti. Sebagai contoh, Amazon  memberlakukan payout dalam 60 hari.

Terlepas dari itu, berikut adalah rincian penghasilan yang saya peroleh di Agustus 2013.

Biaya yang saya keluarkan adalah sebagai berikut:

Alhamdulilah…

Ebook Gratis untuk Anda

cover bawah postDownload (unduh) ebook Cara Saya Menghasilkan Rp 620 Juta dari Blog. Dengan mengunduhnya, Anda sekaligus berlangganan newsletter Blogodolar. Manfaat berlangganan newsletter ini antara lain Anda akan mendapatkan diskon 50% dari buku-buku terbaru saya dan tips/trik ngeblog yang belum pernah saya publikasikan di Blogodolar. Download sekarang juga.