Laporan Penghasilan Bulanan Saya – Agustus 2013

Selamat datang di laporan penghasilan Agustus 2013 saya. Sejak Januari 2013, setiap bulannya saya memublikasikan penghasilan bulanan saya sebagai seorang full time blogger. Bukan untuk bermaksud sombong, namun ini sebagai catatan saya untuk terus transparan dan mungkin memotivasi Anda yang bergelut di dunia ngeblog.

Sebelum ke rincian penghasilan, seperti biasa saya menginformasikan beberapa hal yang menjadi perhatian saya di bulan lalu.

1. Sumedang Internet Marketers

Saya mudik ke kampung halaman di Sumedang pada 10-16 Agustus 2013. Selain bersilaturahmi ke orang tua dan kerabat, saya juga didapuk menjadi salah satu pembicara di seminar Blogging, Dari Hobi Menjadi Profesi yang diadakan komunitas Sumedang Internet Marketers tanggal 15 Agustus 2013.  Sebuah pengalaman yang mengesankan karena bertemu dengan panitia yang bersemangat, peserta yang menarik, dan pembicara lain (Rakean/Super Hero Ads-Id dan Ade Irman Kurniawan/Bidanku.com) yang luar biasa.

Antusiasme dan profesionalitas kawan-kawan di komunitas Sumedang Internet Marketers sungguh di luar perkiraan saya. Beberapa dari mereka bahkan sudah meraup sukses dari Google AdSense dari blog-blog bahasa Indonesia yang dikelolanya.

Harus saya akui, Sumedang Internet Marketers menciptakan dunia online lebih cetar membahana. Situasi yang tidak pernah saya rasakan di Makassar!

2. Google AdSense

Penghasilan saya dari Google AdSense sebesar $180,99 (lihat screenshot di bawah). Ini lebih kecil dibandingkan penghasilan dari Google AdSense Juli 2013. Saya belum mampu menaikkan penghasilan ke kisaran $300-an lagi karena blog-blog niche baru saya belum menghasilkan.

Penghasilan dari GA Agustus 2013

3. Afiliasi Amazon

Berbicara mengenai afiliasi Amazon, ada dua hal yang menjadi perhatian saya. Pertama, saya merasakan pembayaran pertama sebesar $124,80. Pembayaran ini merupakan akumulasi penghasilan saya dari Agustus 2011 sampai dengan Juni 2013. Hampir 2 tahun baru payout!

Metode pembayaran yang saya gunakan adalah direct deposit ke akun bank virtual saya di Payoneer. Sayangnya, sampai sekarang saya belum bisa menarik uang tersebut melalui ATM karena kartu Payoneer belum sampai ke rumah saya. Padahal, waktu kedatangan kartu tersebut antara 29 Agustus 2013 sampai 5 September 2013. Semoga saja tidak ada aral melintang sehingga kartu itu sampai ke rumah saya.

Kedua, blog niche saya yang diikutkan di Duel Blog Niche menghasilkan $422,39. Sungguh di luar dugaan sekaligus memompa semangat saya untuk membuat blog-blog niche lain yang dimonetisasi dengan afiliasi Amazon. Sinar semakin terang? I hope so

Terlepas dari itu, di bawah ini adalah screenshot penghasilan dari Amazon untuk Agustus 2013. Saya akan memaparkan lebih detail tentang hal ini pada postingan update Duel Blog Niche berikutnya.

Penghasilan dari Amazon Agustus 2013

Catatan: Saya juga punya sebuah blog niche yang dimonetisasi dengan program afiliasi Amazon yang penghasilannya sekitar $6.

Rincian Penghasilan dan Biaya

Mohon dicatat penghasilan saya ini ada yang belum saya terima karena mengikuti ketentuan pembayaran 30-60 hari atau batas minimum payout dari program-program yang saya ikuti. Sebagai contoh, Amazon  memberlakukan payout dalam 60 hari.

Terlepas dari itu, berikut adalah rincian penghasilan yang saya peroleh di Agustus 2013.

Biaya yang saya keluarkan adalah sebagai berikut:

Alhamdulilah…

Ebook Gratis untuk Anda

cover bawah postDownload (unduh) ebook "Cara Saya Menghasilkan Rp 620 Juta dari Blog". Dengan mengunduhnya, Anda sekaligus berlangganan newsletter Blogodolar. Manfaat berlangganan newsletter ini antara lain Anda akan mendapatkan diskon 50% dari buku-buku terbaru saya dan tips/trik ngeblog yang belum pernah saya publikasikan di Blogodolar. Ketikkan nama dan email Anda pada kolom di bawah ini sehingga Anda akan segera mendapatkan ebook tersebut.

Headline

Comments

  1. Postingan laporan penghasilan dari blogodolar.com ini selalu aku tunggu, untuk menyemangati aku. Selamat Mas Herman.

  2. Sepertinya turun daru penghasilan bulan lalu mass,, tpi penghasilannya tetap gede,, hehe

    • Herman Yudiono says:

      Sarif:

      Bukan sepertinya, tapi lebih sedikit dibanding penghasilan Juli 2013 karena bulan lalu saya tidak menjual blog niche.

  3. Kapan-kapan ada jika ada seminar lagi pengen ikut mas yudiono

  4. Ngiler melihatnya gan. Saya ini berbulan bulan di adsense tapi penghasilan masih di bawah 100. Share dong tipnya. Oh ya minta no hpnya dong. Pengen kontak langsung nich.

    • Herman Yudiono says:

      Mukti,

      Saya rada sulit dihubungi lewat HP. Jika ingin diskusi, silakan hubungi saya lewat halaman Kontak Blogodolar.

  5. Bro, mau nanya itu biaya hostgator $65 kenapa mahal sekali, itu biaya reseller atau vps?

    • Herman Yudiono says:

      Ancha:

      Itu adalah biaya bulanan Hostgator Baby Plan (4 buah) dan Hostgator Reseller Aluminum (1 buah).

  6. Saya sekarang juga lebih tertarik maen di amazon kang..

  7. alhamdulillah, semoga tambah sukses mas

  8. Laporannya makin menarik, terutama untuk blog yang dimonitisasi dengan afiliasi Amazon. Saya harap Kang Yudi sekali waktu akan membeberkan secara rinci teknik optimasi yang digunakan, biar yang lain juga bisa ikutan meraup dolar dari Amazon.

    • Herman Yudiono says:

      Tut Sugi,

      Pada update duel blog niche selanjutnya, saya akan paparkan teknik link building yang telah saya lakukan.

  9. Lagi-lagi hanya bisa tercengang dan kagum.
    Tunggulah Kang Herman, Saya akan menyusul #ngarepbeda

  10. Woow mantap jaya kang incomenya…oia, nanti kalau ada seminar di daerah Jabar lagi mohon dikabari ya kang apalagi akang yang jadi pembicaranya!
    Btw, bulan ini belum jual blog niche secara private sale lagi kang? Mohon info kang, kira2 usia blog niche yang laik untuk dijual berapa bulan? dan gimana pertimbangan2 akang untuk memutuskan suatu blog dijual/ tidak?

    • Herman Yudiono says:

      Apep,

      Siap… Iya, saya masih kekurangan stok blog niche yang mau dijual.
      Infonya:
      1. Usia blog niche yang saya jual antara 3-6 bulan.
      2. Pertimbangan utamanya adalah penghasilan minimal $50 per 30 hari terakhir Google Adsense.

  11. Saya selalu mengikuti perkembangan blogodolar ini dan Ini salah satu artikel yang selalu saya tunggu-tunggu untuk memotivasi saya.

    Oh ya, saya tunggu artikel tips trik optimasi blog niche amazonnya ya kang.

  12. Luar biasa kang? Motivasimu menjadi semangat buat diriku..!!

  13. Lagi-lagi para pengunjung blogodolar dibuat tercengang dengan adanya postingan penghasilan blog.

    Pantas banyak yang menuliskan kang herman merupakan salah satu blogger sukses Indonesia

  14. gimana dengan blogger yang masih sekolah mas ?
    keinginan saya untuk terjun ngeblog sangat besar, tapi udah dekat ujian ..
    :(

    • Herman Yudiono says:

      Muhammad Nafarin,

      Saya pikir Anda bisa memanfaatkan waktu 1-2 jam sehari setelah sekolah untuk blogging. Ini dilakukan dengan tidak mengganggu waktu belajar Anda di rumah tentunya.

  15. Sangat menginspirasi saya yang baru mengenal blogging, apalagi blogodolar blog yang terbuka dan bertujuan baik agar blogger lain juga bisa seperti Kang Yud. salam kenal.

  16. Wow… Laporan ini makin membuat saya bersemangat ngeblog agar sukses seperti Om Yudhiono. hihihi…

  17. Saya lebih memperhatikan pendapatan Kang Herman dari Amazon. Karena saat ini saat lagi fokus di Amazon.

    Cuma masalahnya Kang, di link building. Website Niche saya sudah ada di halaman pertama dan posisi #1, tapi itu cuma bertahan 2 bulan, habis itu turun sedikit demi sedikit sampai akhirnya di halaman 2.

    Padahal saya terus tambah dengan backlink yang baru. Jadi saya mohon Kang untuk menulis tips link building khusus Amazon bisa secepatnya…

    • Kang Yudiono sebelumnya saya minta ijin untuk membantu Mas Lukman untuk menjawab pertayaannya. Dan jika ada yang kurang, mohon nasehatnya juga.

      Kita biasanya membuat backlink dari blog coment, sosial boormark, article direktori, gust post, prease lease dll.

      Yang perlu dilakukan adalah

      Coba cek “Anchor tekst-nya”
      Coba cek “RELEVEAN-nya”
      COba cek “Variasi backlinknya”

      untuk “Variasi backlinknya” , Dari berbagai jenis baclink ada tidak yang paling menonjol (yang sering dijadikan sumber baclink) diantara sumber backlink?

      Jika Ya, coba tambahkan baclink dengan sumber baclink yang berbeda, dan jangan lupa perhatikan anchor teks-nya dan “RELEVAN NICHE YANG DIINCER”.

      Semoga bermanfaat.

      • Herman Yudiono says:

        @ Dika, terima kasih jawabannya.

        @ Lukman: Saya tidak tahu jawaban pastinya. Mungkin saja blog Anda kena update algoritma yang disinyalir oleh beberapa praktisi SEO terjadi lagi minggu lalu.

  18. wah, infolinknya keren mas bisa smpe ratusan $$ gt, dr brp blog tu??

  19. Hemmm …
    Btw, untuk blog yg monetize infolink apakah ada yg berbahasa Indonesia Kang?
    Saya tertarik dgn Infolinknya ..

    • Herman Yudiono says:

      Shavojihan Moeis,

      Bukan, semuanya blog berbahasa Inggris karena Infolinks belum support blog/situs berbahasa Indonesia.

  20. Hendra Galus says:

    Jadi nyesek lihatnya… Harus banyak belajar nih…
    Makasih mas, laporannya buat sy tambah semangat..

  21. salah satu blog indonesia yang saya suka…. seperti layaknya quicksprout.com. Btw karena saya tidak bisa komentar lagi d article Duel Blog series, yang ingin saya tanyakan
    1. Apakah semua backlinknya mengarah ke domain utamanya? Kl memang d bagi dengan halaman lainnya, berapa persentase jumlahnya antara domain utama dan inner pagenya?
    2. Bagaimana dengan anchor textnya? Saya denger blog yang baru lauching perbandingannya 70:30 (general text:exact keyword)
    3. Dari http://www.blogodolar.com/duel-blog-niche-4-rencana-link-building/, akang Herman bilang “… perlu lebih dari 100 backlink”. Kok akang Herman tahu perlu 100 backlink?

    Terima kasih sekiranya sudah mw membaca apalagi menjawab pertanyaan saya.

    Salam
    Budi

    • Herman Yudiono says:

      Budi,

      1. Sebagian besar backlink ke halaman utama. Kira-kira porsinya 95%.
      2. Saya variasikan anchor texnya. Saya tidakl ingat berapa persen anchor text keyword utama.
      3. Hanya dugaan berdasarkan pengalaman saya. Untuk KW yang rendah persaingannya, 10 backlink saja cukup.

  22. senasib dengan saya kang, kartu payoneer saya jg blm dateng2..
    padahal jg perkiraan dateng awal2 bulan ini.. :D
    #ditunggu aja kang,..

  23. Kang Herman SS Infolink ga d cantumin juga yah ?

  24. Lumayan tuh LinkWorthnya… Bulan ini sudah payout kang?

  25. Wah, jadi tambah semangat nih ngeblog setelah lihat penghasilan blogdollar, thanks mas, sy sngat termotivasi.

  26. Nice share Kang. Oya, blogodolar kenapa ga dimonetisasi pake GA sekalian Kang?

  27. template baru kang ? wah akhirnya pakai Payoneer juga hehehe

  28. Penghasilan nya lumayan juga mas, dari Amazone bisa segitu.

    main di Amazone gak segampang yang saya bayangkan.

  29. Salam kang Yudi! saya pernah ikut seminar anda waktu di Sumedang. Rasanya penghasilan anda sebagai blogger bisa menjadi motivasi saya sebagai blogger pemula. Cuma yang saya tanyakan dari pengeluaran untuk sewa hosting hostgatornya kok besar banget? Perasaan untuk sewa bulanan hosting hosgator paket yang paling mahal pun cuma $8,31/ month. Mohon Penjelasannya karena saya juga berencana menggunakan hostgator

  30. wah, pake payooner yah, saya juga sudah daftar dan di approve, pengiriman katanya kurang lebih 1,5 bulan sampai 2 bulan, tapi ini udah 7 bulan kartunya belum sampai juga…mudah-mudahan nasib kartu payoonernya mas tidak seperti saya deh! sukses selalu

  31. untuk blogger pemula bikin semangat baca artikel ini dan menciptakan mimpi baru he…

  32. ini kunjungan kesekian kalinya namun baru memberikan komentar. melihat dari statistik yang diperoleh mas herman. kalo boleh tau blog agan yang berpenghasilan seprti itu menggunakan niche apa? apakah hanya satu blog atau ada beberapa blog. ngiler liatnya.

  33. dari dulu aku nunggu tulisan akang yg ngebahas langkah2 dari A-Z, karena memang ingin menghasilkan seperti akang

  34. Nunggu report bulan september kang
    sukses