3 Kemampuan Dasar Wartawan yang Anda Perlukan untuk Menulis Artikel Bermutu

Postingan tamu ini ditulis oleh Syaiful Bahri dari pengunjungblog.com.

Apakah Anda serius ngeblog? Apakah Anda ingin mendapatkan uang dari aktifitas blogging? Apakah Anda ingin seperti Darren Rowse? Apakah Anda berencana untuk menggantungkan hidup Anda pada dunia blogging? Jika iya, salah satu hal yang harus Anda lakukan adalah menulis konten bermutu.

Biasanya konten bermutu ditulis dengan bahasa yang jelas, dan memiliki manfaat besar kepada pembaca. Tidak usah khawatir dengan tingkat kesulitannya,  karena ini adalah win-win solution (menguntungkan kedua belah pihak).

Lagi pula, dengan menulis konten bermutu Anda akan mendapatkan manfaat sebagai berikut:

  • Blog Anda akan menjadi otoritas dan menjadi rujukan untuk topik yang dibahas
  • Meningkatkan jumlah pelanggan RSS karena pembaca dengan sukarela menjadi pelanggan RSS Feed blog Anda.
  • Membangun kredibilitas dan popularitas blog Anda. Ini sangat penting jika blog Anda hendak dimonetisasi dengan afiliasi, menjual produk sendiri, atau pun menjual iklan mandiri.
  • Menjadi generator trafik dari mesin pencari dalam jangka panjang karena umumnya posisi artikel bermutu akan bagus di hasil penelusuran mesin pencari.

Jika Anda butuh membuat artikel bermutu, tiga kemampuan dasar wartawan berikut akan membantu Anda.

1. Tahu Apa yang Menarik bagi Pembaca

Wartawan dituntut mencari informasi yang menarik. Kriteria menarik sendiri sebenarnya relatif, tergantung kepada jenis koran atau majalah tempat mereka bekerja.

Tetapi secara umum kriterianya yaitu aktual, booming, analisa terhadap kasus yang tajam, dan menyajikan informasi yang dibutuhkan pasar pembacanya.

Semangat menyajikan artikel yang menarik itu bisa Anda tiru, dengan cara membuat artikel dengan kualitas seperti di atas. Anda bisa berpegangan kepada hasil identifikasi Anda terhadap kebutuhan pengunjung. Strateginya adalah:

  1. Membaca komentar mereka, biasanya jika mereka kesulitan dan ingin mengetahui lebih lanjut mereka menuliskannya di bagian komentar.
  2. Bertanya langsung. Pertimbangkan untuk membuat kategori post di blog Anda yang dikhususkan untuk bertanya kepada mereka. Contoh yang nyata dan baru adalah yang dilakukan Kang Yudiono pada postingan Apa Kendala Anda dalam Mendapatkan Uang Lewat Ngeblog.
  3. Menampilkan menu Kontak Saya. Secara pribadi saya pernah mengalaminya, salah satu pembaca blog saya mengirim email dengan menggunakan form kontak saya, dia meminta saya menulis tentang bagaimana mengatasi rasa gugup ketika presentasi.

Cara-cara lain bisa Anda lihat pada postingan 7 Cara Mengidentifikasi Kebutuhan Pembaca Blog Anda.

2. Selalu Ingin tahu

bertanyaKemampuan wartawan lain yang bisa Anda adopsi adalah mereka bisa mengetahui suatu peristiwa dengan lebih detail, bahkan bisa saja lebih detail jika dibandingkan dengan korban dan saksi. Sebab mereka mempunyai, atau lebih tepatnya diharuskan menjadi orang yang selalu ingin tahu.

Rasa ingin tahu sangat penting bagi blogger, karena hal itu membuat blogger selalu upadate perkembangan topik yang dia bahas, dan membuatnya selalu mampu menguasai topik tersebut.

Sebagai contoh, jika blog Anda tentang SEO, dan Anda tidak mengetahui detail dan elemen penting apa yang berubah dengan adanya Google Panda. Maka, teknik-teknik SEO yang Anda bahas akan basi.

Tidak sulit membuat Anda mendapatkan informasi terbaru di topik blog Anda. Anda bisa berlangganan RSS Feed blog-blog besar yang setopik, Technorati Watchlist, Twitter Alert, dan Google News and Blogs Alert. Layanan-layanan itu akan mengirim artikel baru ke email Anda.

Terlepas dari itu, pastikan Anda juga memiliki sifat seperti anak kecil. Mereka selalu ingin tahu terhadap sesuatu. Untuk memudahkan Anda, gunakan selalu konsep 5W+1H ketika mencari informasi topik yang akan Anda tulis.

3. Menyaring Data

Jika kasus yang akan diungkap oleh seorang wartawan memiliki silang pendapat dan sulit diverifikasi, seorang wartawan menggunakan teknik triangulasi data.

Contoh penggunaan biasanya kepada kasus-kasus kejahatan. Jika pelaku kejahatan itu ada dua orang, maka wartawan akan bertanya secara terpisah kepada dua pelaku itu.  Kemudian dilengkapi dengan  keterangan saksi. Informasi-informasi yang di-iya-kan oleh 3 macam sumber data itu lah yang akan digunakan sebagai bahan tulisan. Sedangkan yang lain, diabaikan karena data itu dianggap tidak valid.

Anda bisa menggunakan teknik-teknik wartawan itu untuk membuat konten bermutu. Caranya?

Tentukan dulu topik apa yang akan Anda angkat.  Misalkan topik yang Anda bahas adalah cara membuat title tag di home page yang bagus untuk SEO. Kemudian cari informasi dari 3 sumber berbeda, atau langsung merujuk kepada blogger-blogger kondang. Contohnya,

  1. SEO Moz menggunakan: kata kunci utama – kata kunci pendukung | brand.
  2. Viperchill menggunakan: kata kunci utama – kata kunci pendukung
  3. Daniel Scocco menggunakan: kata Kunci utama saja (dia hanya menaruh Daily Blog Tips sebagai title tag blognya).

Anda bisa mengolah data di atas menjadi bahan dasar konten Anda. Jika dilihat dengan teknik triangulasi, maka Anda bisa menulis konten yang hanya menyarankan memasukkan kata kunci utama karena tiga-tiganya menyarankan memasukkan kata kunci utama di title tag blog kita.

Jujur saya baru menggunakan 3 kemampuan dasar wartawan itu untuk membuat konten di blog baru saya. Hasilnya cukup memuaskan.

Tentang penulis: Syaiful Bahri adalah seorang mahasiswa, penulis lepas dan blogger paruh waktu. Anda bisa belajar bagaimana meningkatkan lalu lintas blog Anda di blognya, atau ikuti kicauanya di @pengunjungblog.

Ebook Gratis untuk Anda

cover bawah postDownload (unduh) ebook Cara Saya Menghasilkan Rp 620 Juta dari Blog. Dengan mengunduhnya, Anda sekaligus berlangganan newsletter Blogodolar. Manfaat berlangganan newsletter ini antara lain Anda akan mendapatkan diskon 50% dari buku-buku terbaru saya dan tips/trik ngeblog yang belum pernah saya publikasikan di Blogodolar. Ketikkan nama dan email Anda pada kolom di bawah ini sehingga Anda akan segera mendapatkan ebook tersebut.

Headline

Comments

  1. Bila sudah memiliki loyal visitor pasti sangat penting untuk mencari tahu pembahasan apa yang paling diminati oleh pembaca kita.
    Terima kasih atas share ilmunya. Sangat bermanfaat…

  2. yang nomer 3 itu yang paling sulit buat saya.
    masih kurang jelas dengan implementasi teknik triangulasi.
    bisa diberi contoh lain ?

    • kevin.. contoh lain:
      A: menggunakan adsense sebagai penghasilan utama
      B: adsense+affiliasi clickbank
      C: adsense+Pay per post

      Triangulasi: adsense…

  3. Kalau mau serius ngeblog, sekarang memang bukan lagi jamannya “Content is The King” tapi lebih ke ” Quality Content is The King”.
    Saya juga sedang belajar membuat konten yang minimal membuat senang pengunjung yang membaca dan syukur2 membawa manfaat. Susah gampangnya semua kembali ke kemauan.
    Tulisan yang mantap, menambah motivasi untuk kembali menulis.

    • terima kasih Pak..quality content memang diperlukan banget, Pak..Tapi saya punya opini lain soal “King”. Tinggal ditambah marketing(pemasaran), Quality Content+Marketing= King..
      hehehe :)

  4. nur abidah says:

    hem..perlu banyak belajar ni, dari para senior-senior

  5. Dunia internet memang dunia overload data. Harus cermat memilah dan memilihnya.

  6. Yang paling sulit ni poin ke-3, kalau salah dalam menyaring data bisa fatal akibatnya terutama saat melakukan research keyword.
    nice share gan..

  7. masih belajar menulis nih, biar tidak ketergantungan kepada penulis artikel. :-)

    Terima Kasih Tips Nya! Sukses…

  8. mungkin yang baru saya terapkan
    hanya menyaring data
    karena ingin memberikan info yang paling valid kepada pembaca
    heheh.

  9. sangat perlu di ikuti dan ditiru

  10. patut untuk dicoba nih,, semoga bisa sperti mereka,,

  11. mobiles10 says:

    mantab tutornya kang.
    thanks dah di share.

  12. pusat penjualan obat herbal alami says:

    informasi yang sangat bagu banget nih…
    jarang2 ane temuin artikel yang seperti ini….

  13. informasinya membantu sekali.. saya masih berusaha untuk selalu membuat sesuatu yang bermanfaat untuk membaca,, walaupun sederhana dan sesuai kemampuan,, nice tips ! makasih :)

  14. obat herbal ace maxs says:

    memang semuanya harus ada ilmunya….
    yachhh….

  15. Dunia blogging sangat berkaitan sekali dengan dunia tulis menulis, maka membuat konten blog yang bagus sudah semestinya diperhatikan.

    Namun yakinlah bahwa bisa karena terbiasa merupakan langkah awal untuk bisa menjadi penulis blogger yang baik. Apabila saat ini kita masih merasa susah untuk menulis jangan khawatir tetaplah terus menulis dan terus menulis maka suatu saat cepat atau lambat kita akan terbiasa menulis.

    Dan setelah kita terbiasa dengan kegiatan menulis maka kita pun akan mudah mengembangkan suatu ide yang sederhana manjadi sebuah tulisan yang bermanfaat.

  16. Wah, ternyata bener ya kata temen saya. Ternyata penghasilan dr info links juga bisa menjadi ladang usaha yg luar biasa. Terimakasih, ini inspirasi buat saya.

  17. Thanks for the sharing …
    Harus banyak belajar tentang penulisan artikel dalam blogging…

  18. mencari tahu apa yang menarik minat pembaca itu ide yang bagus, mungkin bisa dibantu juga dengan seo tool kali
    trims :)