Jika Aku Menjadi Full Time Blogger: 10 Hal yang Akan Dilakukan

sepuluhSatu di antara program televisi yang saya sukai adalah Jika Aku Menjadi. Program ini menampilkan mahasiswa atau mahasiswi yang tinggal bersama keluarga sederhana dan tidak berkecukupan. Selain dihiasi isak tangis, acara ini juga menampilkan kebahagian di ujung ceritanya.

Terinspirasi program ini, saya berandai-andai jika saya menjadi full time blogger. Apa yang akan saya lakukan?

Berikut adalah 10 hal yang akan saya lakukan dalam satu tahun pertama:

1.Tinggal di kota besar

Saat ini saya tinggal di sebuah desa yang berjarak 600 Km dari Makassar. Selain koneksi internet, kendala yang saya hadapi di tempat tinggal sekarang adalah seringnya mati lampu. Oleh karena itu, saya akan pindah ke kota besar (Makassar, Bandung, atau Bogor) agar semua kendala itu hilang.

Selain itu, jika saya tinggal di kota besar, saya pun bisa lebih leluasa membangun jaringan dengan blogger-blogger lain. Misalnya, ikut pesta blogger atau kopi darat.

2. Membuat 100 niche blog

Saya sangat terinspirasi oleh kesuksesan Spencer Haws yang mampu mendulang $10,000 per bulan dari ratusan niche blognya yang dimonetisasi dengan Google Adsense. Saya juga punya pengalaman membuat blog yang dalam 3 bulan terakhir mampu menghasilkan $100 per bulannya.

Atas dasar ini, saya hendak membuat 100 niche blog dalam 10 bulan. Target tiap blog adalah $20-50 per bulan. Proyek 100 blog ini sulit saya lakukan saat ini karena terbentur waktu dan koneksi internet yang payah.

3. Tetap bekerja 8 jam sehari

Sebagai karyawan, saat ini saya bekerja 8 jam sehari (dari pukul 7 sampai dengan 15) dalam 5 hari kerja (Sabtu-Minggu libur). Jika saya menjadi full time blogger, saya akan tetap kerja 8 jam sehari di rumah. Jam kerja akan saya mulai pukul 8 dan berakhir pukul 16. Selain itu, Saya akan libur hari Sabtu-Minggu dan mencurahkan waktu untuk rekreasi bersama keluarga.

4. Mendalami bahasa Inggris

Bahasa Inggris adalah salah satu kunci sukses untuk membuat niche blog. Saat ini kemampuan bahasa Inggris saya masih pas-pasan sehingga banyak menggunakan jasa penulisan artikel untuk membuat konten niche blog. Selain mengeluarkan uang yang relatif besar, kelemahan ini memupuk ketergantungan kepada orang lain.

Oleh karena itu, saya akan mendalami bahasa Inggris dengan mengikuti kursus yang diselenggarakan lembaga bahasa Inggris. Dengan demikian, kemampuan menulis bahasa Inggris saya akan membaik. Jika kemampuan ini sebaik kemampuan saya dalam menulis bahasa Indonesia, maka akan ada proyek 100 blog kedua.

5. Mengikuti latihan kebugaran (fitnes)

Tidak bisa dipungkiri, kerja terus menerus di depan komputer bisa mengganggu kesehatan (simak 7 Gangguan Kesehatan Akibat Ngeblog). Oleh karenanya, saya akan mengikuti latihan kebugaran di tempat fitnes. Waktunya adalah 3 kali seminggu yang dilakukan di sore hari.

6. Menulis buku

Jika saya berhasil mendulang ribuan dolar di proyek 100 blog, saya akan menulis buku mengenai apa yang saya lakukan. Buku ini bisa berupa eBook yang akan saya jual sendiri atau saya tawarkan kepada penerbit untuk diterbitkan dalam versi cetak.

7. Melancong

Tiap dua bulan sekali saya akan melancong ke beberapa tempat wisata domestik yang belum pernah saya kunjungi. Saat ini, saya hanya bisa liburan setahun sekali, itu pun mudik ke Sumedang. Saat melancong nanti, saya akan sempatkan bertemu dengan para blogger yang saya kenal di tempat tersebut. Sambil menyelam, minum air!

8. Membuat usaha offline

Saya memiliki jiwa wirausaha. Oleh karena itu, saya akan membuat usaha offline kecil-kecilan (misal toko kelontong, kios voucher, atau lainnya). Selain sebagai sebagai back up usaha online, usaha offline ini juga sebagai bukti status sosial karena saya tidak ingin disangka memelihara tuyul!

9. Menunaikan ibadah haji

Ibadah haji adalah rukun Islam yang harus ditunaikan oleh setiap muslim yang mampu. Jika saya berhasil di dunia online ditambah dana dari tabungan, saya akan menunaikan ibadah haji agar terjadi keseimbangan antara duniawi dan akhirat.

10. Taat membayar zakat dan pajak

Uang dari online biasanya tidak terdeteksi oleh pengelola pajak. Sebagai warga negara yang bijak, saya akan tetap membayar pajak. Selain itu, saya juga akan mengeluarkan zakat tiap bulannya agar berkah.

Hmmm…senang rasanya kalau berandai-andai. Nah, sekarang giliran Anda, apa yang akan dilakukan jika Anda menjadi full time blogger?

Hak cipta gambar: DGilder

Comments

  1. rismaka says

    Hehehe.. senang sekali ya kang kalau berandai-andai…

    Saya juga ah.. Mungkin kalau saya cukup sederhana, membeli rumah yang lapang, tanah yang luas, dan kendaraan yang cepat. Itu dulu.

    BTW selamat, untuk picnicblanketguide sudah merangkak naik menuju halaman depan. Semoga ke depannya bisa di halaman pertama.

    • Kang Yudiono says

      Mantap Ris…Tanahnya seluas lapangan bola ya :lol:
      Btw, thanks ucapan selamatnya ;)

  2. Rizdan says

    Jadi kebayang juga kang uang mengalir seperti niagara,
    Semoga saja apa yang kang yudiono andai-andaikan bisa terwujud jadi kenyataan,Tuhan maha tahu segala yang ada dalam hati yang tulus

  3. says

    waduh…..orang-orang udah pada “didepan pagar”, “dihalaman”,…..tapi saya baru buka jendela nich….thx utk motivasinya, belajar mmg pada dasarnya sampai akhir hayat kita…!

  4. says

    Wah kok mirip list nich… kecuali no 1 soalnya dah betah tinggal di kampung nich… meskipun di kampung sinyal flexi 1x nya 75%

    Maju trus Kang Yudi…

    • Kang Yudiono says

      Saya di sini memakai Flexi juga Kang Kabayan.
      Susah banget kalau buka Google Keyword Tool dan cpanel hosting doreo.
      Kalau lagi “ngadat”, buka email yahoo saja minta ampun lamanya :(

  5. Sriyono Semarang says

    waahahaha… oke banget point 8, apa kata tetangga ya kira kira, (untuk hitungan sekitar kampung) aku punya motor bagus, mobil, sudah gitu mobil tante yang lebih baguuuus lagi ditaruh dirumah karena rumahnya nggak muat mobil, padahal aku nggak keliatan orang “kerja” …. :D
    *mengkin ada kali yang mikir, “oooo jangan jangan mas Sri itu miara tuyul ya…. “

  6. says

    sepertinya asik juga kalau bekerja sebagai full time blogger. Menjadi full time blogger memang harus didukung oleh kemampuan berbahasa inggris yang baik. karena pengunjung blog akan lebih banyak jika blog kita berbahasa inggris…

    • Kang Yudiono says

      Benar Mas Adi.
      Terkebih bagi yang memonetisasi blognya dengan Google Adsense.
      Wajib menguasai bahasa Inggris ;)

  7. says

    Prinsip yang diterapkan sangat baik Kang, selalu berorientasi kedepan lengkap dengan perencanaan yang matang.
    Semoga semuanya bisa terwujud Kang
    Sukses dan sejahtera buat kita semua. AMin :)

  8. says

    tambah satu mas klo saya, mau buat sesuatu yang belum kebayang sih bentuknya apa, tapi tujuannya untuk lebih memperkenalkan blog ke orang2 yang belum ngerti blog, supaya pada ngeblog, hehehe

  9. Kang Yudiono says

    Niche blog kan setelah di setup gak perlu di-update terys menerus Guusn ;)
    Thanks dukungannya ya.

    • Kang Yudiono says

      Biasaya 10 artikel, lebih banyak lebih baik (misal 50 artikel).
      Rencananya saya ingin tinggal di Makassar, Bogor, atau Bandung neh ;)

  10. says

    Sebuah to do list yang menjadi kerangka kita dalam berkarya sebagai full time blogger. Sempat kaget ketika kang herman BBM saya dan menyampaikan hal ini, tapi hidup adalah sebuah pilihan, apapun yang terbaik buat kang herman saya pribadi akan mendukungnya, syukur-syukur saya bisa ketularan. Mantep euy sekarang, GA nya sudah meninggalkan saya ;)

  11. says

    hihi…kalo saya pengennya hidup cukup mas, cukup buat beli mobil, cukup buat beli rumah, cukup buat pergi haji, cukup buat makan enak tiap hari, cukup buat byr zakat (kalo pjk ga ikhlas mas, banyak yg dikemplang). hehe..

    tak doain smoga mimpi mas tercapai. amin

  12. baha andes says

    ngeblog masih cuma hobby bukan untuk profesi euy…. tapi ko saya masih ragu ya.

  13. Kang Yudiono says

    Iya Bang, kalau tinggal di kota besar bisa kopdar dengan blogger lain (silaturahmi dan nambah ilmu).
    Wah-wah, bisa ditimpuk sama orang di rumah tuh Bang :lol:

  14. Kang Yudiono says

    Trims Mas Purwanto.
    Banyak yang bilang bahwa mimpi adalah angan-angan kosong (ngelantur).
    Namun, bagi saya mimpi adalah cita-cita.
    Kalau berbicara cita-cita, kita akan semangat mencapainya, bukan?

  15. says

    poin-poinnya sangat mendetail nih, jadi niat banget sepertinya jadi full time blogger
    saya doain deh semoga cita-citanya segera terwujud kang :mrgreen:

  16. firdaus says

    memang bener mas ngoblog itu sangat mengasikan. pertama saya kenal dunia seperti ini, kurang percaya bahwa seorang bloger atau hanya memiliki blogspot mana mungkin bisa menghasilkan uang. ternyata setelah saya tekuni dan diterima menjadi penayang iklan dari google alhamdulilah bisa beli yang saya inginkan hasil dari blog. pertama blog bermodalkan pentium 3 sama modem hp. alhamdulilah sekarang ada barokah dan bisa lebih semangat lagi

  17. Amalia says

    Wah, insya Allah dikabulkan oleh Allah swt. Amiin.
    Kalo saya, mau ikutan berandai2 juga akh.. saya pengen bisa zakat 20 juta per bulan, terhitung 2,5% dari penghasilan bisnis online saya. Amiiin ya Allah, ya Rabbal Alamiin. :)

  18. jogjawae says

    berangkat haji urutanr 9 ya mas.. ha ha..
    gak papa lah, daripada gak ada niat haji sama sekali ^ ^