Jika Aku Menjadi Full Time Blogger: 10 Hal yang Akan Dilakukan

sepuluhSatu di antara program televisi yang saya sukai adalah Jika Aku Menjadi. Program ini menampilkan mahasiswa atau mahasiswi yang tinggal bersama keluarga sederhana dan tidak berkecukupan. Selain dihiasi isak tangis, acara ini juga menampilkan kebahagian di ujung ceritanya.

Terinspirasi program ini, saya berandai-andai jika saya menjadi full time blogger. Apa yang akan saya lakukan?

Berikut adalah 10 hal yang akan saya lakukan dalam satu tahun pertama:

1.Tinggal di kota besar

Saat ini saya tinggal di sebuah desa yang berjarak 600 Km dari Makassar. Selain koneksi internet, kendala yang saya hadapi di tempat tinggal sekarang adalah seringnya mati lampu. Oleh karena itu, saya akan pindah ke kota besar (Makassar, Bandung, atau Bogor) agar semua kendala itu hilang.

Selain itu, jika saya tinggal di kota besar, saya pun bisa lebih leluasa membangun jaringan dengan blogger-blogger lain. Misalnya, ikut pesta blogger atau kopi darat.

2. Membuat 100 niche blog

Saya sangat terinspirasi oleh kesuksesan Spencer Haws yang mampu mendulang $10,000 per bulan dari ratusan niche blognya yang dimonetisasi dengan Google Adsense. Saya juga punya pengalaman membuat blog yang dalam 3 bulan terakhir mampu menghasilkan $100 per bulannya.

Atas dasar ini, saya hendak membuat 100 niche blog dalam 10 bulan. Target tiap blog adalah $20-50 per bulan. Proyek 100 blog ini sulit saya lakukan saat ini karena terbentur waktu dan koneksi internet yang payah.

3. Tetap bekerja 8 jam sehari

Sebagai karyawan, saat ini saya bekerja 8 jam sehari (dari pukul 7 sampai dengan 15) dalam 5 hari kerja (Sabtu-Minggu libur). Jika saya menjadi full time blogger, saya akan tetap kerja 8 jam sehari di rumah. Jam kerja akan saya mulai pukul 8 dan berakhir pukul 16. Selain itu, Saya akan libur hari Sabtu-Minggu dan mencurahkan waktu untuk rekreasi bersama keluarga.

4. Mendalami bahasa Inggris

Bahasa Inggris adalah salah satu kunci sukses untuk membuat niche blog. Saat ini kemampuan bahasa Inggris saya masih pas-pasan sehingga banyak menggunakan jasa penulisan artikel untuk membuat konten niche blog. Selain mengeluarkan uang yang relatif besar, kelemahan ini memupuk ketergantungan kepada orang lain.

Oleh karena itu, saya akan mendalami bahasa Inggris dengan mengikuti kursus yang diselenggarakan lembaga bahasa Inggris. Dengan demikian, kemampuan menulis bahasa Inggris saya akan membaik. Jika kemampuan ini sebaik kemampuan saya dalam menulis bahasa Indonesia, maka akan ada proyek 100 blog kedua.

5. Mengikuti latihan kebugaran (fitnes)

Tidak bisa dipungkiri, kerja terus menerus di depan komputer bisa mengganggu kesehatan (simak 7 Gangguan Kesehatan Akibat Ngeblog). Oleh karenanya, saya akan mengikuti latihan kebugaran di tempat fitnes. Waktunya adalah 3 kali seminggu yang dilakukan di sore hari.

6. Menulis buku

Jika saya berhasil mendulang ribuan dolar di proyek 100 blog, saya akan menulis buku mengenai apa yang saya lakukan. Buku ini bisa berupa eBook yang akan saya jual sendiri atau saya tawarkan kepada penerbit untuk diterbitkan dalam versi cetak.

7. Melancong

Tiap dua bulan sekali saya akan melancong ke beberapa tempat wisata domestik yang belum pernah saya kunjungi. Saat ini, saya hanya bisa liburan setahun sekali, itu pun mudik ke Sumedang. Saat melancong nanti, saya akan sempatkan bertemu dengan para blogger yang saya kenal di tempat tersebut. Sambil menyelam, minum air!

8. Membuat usaha offline

Saya memiliki jiwa wirausaha. Oleh karena itu, saya akan membuat usaha offline kecil-kecilan (misal toko kelontong, kios voucher, atau lainnya). Selain sebagai sebagai back up usaha online, usaha offline ini juga sebagai bukti status sosial karena saya tidak ingin disangka memelihara tuyul!

9. Menunaikan ibadah haji

Ibadah haji adalah rukun Islam yang harus ditunaikan oleh setiap muslim yang mampu. Jika saya berhasil di dunia online ditambah dana dari tabungan, saya akan menunaikan ibadah haji agar terjadi keseimbangan antara duniawi dan akhirat.

10. Taat membayar zakat dan pajak

Uang dari online biasanya tidak terdeteksi oleh pengelola pajak. Sebagai warga negara yang bijak, saya akan tetap membayar pajak. Selain itu, saya juga akan mengeluarkan zakat tiap bulannya agar berkah.

Hmmm…senang rasanya kalau berandai-andai. Nah, sekarang giliran Anda, apa yang akan dilakukan jika Anda menjadi full time blogger?

Hak cipta gambar: DGilder

Ebook Gratis untuk Anda

cover bawah postDownload (unduh) ebook Cara Saya Menghasilkan Rp 620 Juta dari Blog. Dalam ebook ini Anda akan tahu sumber-sumber penghasilan saya sejak menjadi full time blogger.

Dengan mengunduhnya, Anda sekaligus berlangganan newsletter Blogodolar. Manfaat berlangganan newsletter Blogodolar bagi Anda adalah 1) diskon 50% dari buku-buku terbaru saya tentang make money blogging dan SEO, 2) tips/trik ngeblog yang belum pernah saya publikasikan di Blogodolar, dan 3) postingan terbaru Blogodolar.

Masukkan nama dan email Anda lalu klik tombol Download Sekarang. Link download ebook ini akan dikirimkan ke email Anda dengan segera.

100% GRATIS. Bukan spam.