17 Jenis Postingan yang Layak Anda Ketahui

Tanggal 17 Agustus adalah hari kemerdekaan Indonesia. Terkait hari kemerdekaan bangsa kita tercinta ini, saya menginformasikan 17 jenis postingan blog. Kenapa hanya 17 jenis postingan?

Tujuannya supaya mudah diingat oleh Anda. Sebagai contoh, bila tahun depan Anda merayakan kemerdekaan, mudah-mudahan saja Anda teringat tulisan saya ini.

Selain hasil pengamatan saya dari beberapa blog dalam dan luar negeri, sebagian besar dari ke-17 jenis postingan tersebut sudah saya praktekan di dua blog yang saya miliki.

1. Tutorial (How to)

Postingan jenis ini memaparkan bagaimana cara melakukan atau membuat sesuatu. Akan lebih baik jika tutorial ini merupakan hasil pengalaman Anda (jangan copy paste tutorial orang lain), sehingga tulisan Anda unik.

Contoh tulisan saya yang termasuk tutorial:  Cara Mudah Verifikasi Blog WordPress di Google.

Tulisan ini merupakan solusi dari problem yang saya alami. Karena teranking baik di Google, Alhamdulilah tulisan ini banyak mendatangkan pengunjung ke blog gratisan saya.

2. Pencapaian Pribadi

Jenis postingan ini menceritakan kesuksesan Anda dan bagaimana cara Anda mencapainya. Mungkin Anda ragu untuk menuliskan jenis postingan ini karena khawatir dianggap narsis (melebih-lebihkan diri sendiri).

Hemat saya, stop berasumsi seperti ini. Tuliskan sekecil apapun pencapaian Anda itu dan bagaimana cara Anda mencapainya. Sepanjang gaya penulisannya sopan, saya yakin orang lain akan suka membacanya.

Misalnya saja, Blog Anda memperoleh nilai Alexa 100 ribu dalam waktu dua bulan.

Anda bisa menulis judulnya seperti ini: Bagaimana Cara Saya Mencapai Nilai Alexa 100 Ribu Dalam Dua Bulan. Atau, bisa juga seperti ini: 5 Cara Jitu yang Saya Gunakan untuk Mencapai Nilai Alexa 100 ribu dalam dua bulan.

3. Review (Ulasan)

Jenis postingan ini megulas seluruh aspek suatu produk atau layanan dan terbagi menjadi dua macam yaitu review dibayar dan review pribadi. Di luar review berbayar, review pribadi merupakan hal yag relatif mudah dilakukan.

Anda bisa mereview blog teman Anda (baik positif atau negatif), review lagu-lagu dari band favorit Anda, review film terbaru, dan sebagainya. Jika Anda belum familiar dalam melakukan review pribadi saya meyarankan Anda untuk berkunjung ke blognya Iskandaria.

Di blog milik pemuda lajang berusia 27 tahun ini Anda bisa menemukan beberapa review berkualitas. Satu di antara review terbarunya adalah Review Film Transformer-2

4. Postingan Daftar

Postingan jenis ini mendaftar (menyenaraikan) beberapa hal penting dari suatu topik. Jenis postingan ini merupakan salah satu jenis postingan yang banyak dibuat oleh para blogger.

Bagi Anda yang telah beberapa kali berkunjung ke sini, tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan jenis postingan ini karena saya sudah banyak membuatnya. Contohnya, 10 Alasan Utama Mengapa Anda Harus Bangga Sebagai Blogger

5. Wawancara

Postingan jenis ini menampilkan hasil wawancara dengan orang-orang terkenal atau bisa juga para sahabat. Selain untuk mempererat persahabatan dan networking, wawancara juga untuk memperoleh opini seseorang yang dipandang mumpuni di bidangnya.

Dua contoh tulisan saya yang termasuk jenis ini adalah: Wawancara dengan Yep dan Berhadapan: Franky vs Dinda Watson.

6. Profil

Jenis postingan ini menampilkan lebih detail mengenai latar belakang, pendidikan, kesuksesan, atau aktivitas seseorang yang terkenal. Misalnya, saat dulu merebak kasus cinta segitiga, banyak blog yang menampilkan profil Rani Juliani.

7. Postingan Link

Ini berupa postingan yang membahas singkat atau menampilkan semua poin-poin penting (tanpa pembahasan) suatu topik yang diambil dari tulisan blog lain. Misalnya, Blog A menulis 10 Cara Jitu Meningkatkan Pelanggan RSS.

Karena Anda menganggap tulisan ini penting, Anda bisa membuat postingan link dengan judul yang berbeda, antara lain:

  • Sudahkah Anda tahu 10 Cara Jitu Meningkatkan Pelanggan RSS?
  • Anda Ingin Meningkatkan Pelanggan RSS? Inilah 10 Cara Jitunya
  • Dan lain-lain.

Dalam postingan yang dibuat, Anda harus menampilkan secara singkat 10 poin tersebut, me-link ke sumber postingan, dan menghimbau pembaca untuk mengunjungi sumber postingan tersebut untuk mengetahui penjelasan lebih dalamnya.

8. Postingan Problem

Jika Anda memiliki problem dengan suatu produk atau layanan, Anda bisa dengan mudah membuat postingan jenis ini. Akan lebih baik jika postingan ini disertai solusinya sehingga pembaca tidak mengalami hal jelek yang dialami Anda dengan produk atau layanan itu.

Salah satu postingan saya yang termasuk kategori ini adalah Koneksi Internet Lambat.

9. Opini

Postingan ini bisa berupa kesetujuan atau ketidaksetujuan (kritik) Anda terhadap suatu topik. Yang perlu diperhatikan, Anda harus siap mental dengan komentar negatif terhadap opini Anda tersebut. Tidak semua orang sependapat dengan Anda.

Bila Anda belum familiar dengan jenis postingan ini, silakan lihat di tulisan saya sebelumnya: Kritik untuk Stop Dreaming Start Action.

10. Inspirasi

Jenis ini berisi kisah-kisah inspirasi dan motivasi, baik dari pengalaman Anda maupun dari diri orang lain. Contoh: Inspirasi dari Jon Morrow.

11. Prediksi

Jenis postingan ini memprediksi apa saja yang akan terjadi di waktu mendatang. Anda bisa secara bebas memprediksinya. Saya telah membuat jenis postingan ini yaitu sehari sebelum diadakan Final Liga Champion bulan Mei 2009 lalu (simak di Final Liga Champion 2009).

12. Perbandingan

Postingan ini membandingkan kelebihan dan kekurangan dari dua produk atau layanan sejenis. Kunci utama dari jenis postingan ini adalah Anda harus mengenal betul produk-produk tersebut. Misalnya, Produk A vs Produk B.

13. Hipotesis

Jenis postingan ini umumnya menyenangkan dan bisa dibilang datang dari ide gila. Selain itu, pembaca juga bebas berkomentar. Umumnya jenis postingan ini diawali dengan kata “Bagaimana Jika…”. Contohnya,  Bagaimana Jika Google dan Yahoo Merger?

14. Projek

Postingan jenis ini menceritakan projek-projek apa yang sedang Anda lakukan. Misalnya, Anda memiliki projek membuat antivirus baru. Anda bisa membuat postingan yang menceritakan projek tersebut dari latar belakang sampai kondisi terakhir saat Anda menulis postingan tersebut.

15. Informasi dan Definisi

Informasi bisa berupa berita terkini atau berita unik dari seluruh penjuru negeri. Sementara itu, definisi adalah penjelasan secara gamblang sebuah topik. Wikipedia adalah situs yang populer dengan jenis postingan definisi.

Saya sudah membuat postingan jenis ini di blog gratisan saya 2 bulan lalu. Jika Anda tertarik silakan cek di Definisi Page Rank dan Apa itu RSS Feed?

16. Poling atau Diskusi

Jenis postingan ini meminta pendapat pembaca Anda mengenai topik-topik di luar blog Anda maupun blog Anda sendiri. Salah satu postingan saya yang masuk jenis diskusi adalah Lebih Penting Page Rank atau Alexa Rank?

17. Kumpulan Postingan (Roundups posts)

Sesuai namanya, jenis postingan adalah kumpulan beberapa postingan terbaik Anda selama kurun waktu tertentu. Sebagai contoh, Anda bisa membuatnya secara bulanan, tiga bulanan, enam bulanan, atau satu tahunan.

Biasanya postingan ini berupa daftar judul postingan Anda beserta deskripsi singkatnya. Selain akan menarik minat pengunjung baru, jenis postingan ini juga merupakan strategi membuat internal link yang bagus. Contohnya: 20 Tips Ngeblog untuk Pemula.

Ebook Gratis untuk Anda

cover bawah postDownload (unduh) ebook Cara Saya Menghasilkan Rp 620 Juta dari Blog. Dengan mengunduhnya, Anda sekaligus berlangganan newsletter Blogodolar. Manfaat berlangganan newsletter ini antara lain Anda akan mendapatkan diskon 50% dari buku-buku terbaru saya dan tips/trik ngeblog yang belum pernah saya publikasikan di Blogodolar. Ketikkan nama dan email Anda pada kolom di bawah ini sehingga Anda akan segera mendapatkan ebook tersebut.

Headline

Comments

  1. wah keren banget kang !!!
    inilah ILMU BLOGGER yang kita cari …
    makasih yaw…
    dont forget to visit me back !!!

  2. Catatan Rudy says:

    Ku paling sering pake type yg mana ya?

  3. Dinda Watson says:

    Aku lebih sering posting tentang apa ya??? ga ada yang khusus sih…kayaknya yang how to… tapi ngga juga… ato yang review sama yang postingan daftar sepertinya… macam – macam deh hehe :mrgreen:
    .-= Postingan terbaru Dinda Watson………………Membuat Gambar Animasi .Gif Mudah Dengan Easy Gif Animator =-.

  4. Ardy Pratama says:

    Holoh, bner2 djabarin nih tipe2 postingan… Hehehehe…

  5. lengkap banget..keren keren…ijin bookmark :D
    .-= Postingan terbaru aditya permana………………Anda Dapat Memulai Bisnis Online Dengan Affiliate Marketing =-.

  6. @Raiderhost: Memang banyak yang jadi penembak keyword sekarang ini Mas. Trims apresiasinya neh :D

  7. @Dinda: Semakin banyak macam, semakin kreatif kan? :D

    @Chokey: Betul Syech.Mantap betul tuh fotonya, kayaknya memang benar Anda itu rajanya afiliasi ular :D

  8. Cerita rismaka says:

    Wah keren nih kang. Kalau postingan di atas itu termasuk type postingan yang mana?

  9. @Ardy Pratama: Trims Mas dah mampir :D

    @Aditya Permana: Terima Kasih apresiasinya Mas Adit.Semoga ini bermanfaat.

    @Bunda: Selamat mencoba Bunda :D

  10. Lengkap banged ya…
    Kalo saya, selain cari yg informatif dan inspiratif, saya juga suka baca blog2 personal… membaca kisah kehidupan orang lain itu bisa membawa pencerrahan juga buat kita :).
    .-= Postingan terbaru zee………………Warung Kopi Alun-2 Indonesia =-.

    • @Zee: Terima kasih apresiasinya Mbak. Betul Mbak,saya juga sering membaca blog personal karena unik dan asli tulisannya sehingga informatif dan inspiratif. Mbak Zee adalah salah satu yang menginspirasi saya aktif ngeblog setelah melihat Mbak di elifestyle “Cara Mendulang Uang dengan Blog” di Metro TV awal April 2009 lalu.

  11. @Sobat Sehat: Kalau postingan terbaru Mas Putra termasuk postingan daftar. Makin semangat saja neh ngeblognya setelah punya blog WP berbayar Mas :D

  12. @Jajang: Hot itu artinya bisa terkini kan? So, dia termasuk jenis postingan informasi. Kalau hot yang artinya porno, bisa juga tremsauk postingan informasi :D

  13. MacFamous says:

    berarti intinya hajar semua topik .. buahahhaah ;)
    .-= Postingan terbaru MacFamous………………Cara Membuat Gravatar Untuk Post Comment =-.

  14. klo postingan saya tergolong apa ya?
    inspirasi..? keknya bukan..
    kisah sukses..? belum..
    project..? terlalu abstrakz..
    .-= Postingan terbaru rigih………………The Legend : What’s wrong with not wanting everybody to die? =-.

  15. Kalo saya mah kayaknya kombinasi tapi gak tau lah.
    yang penting buat saya mah bisa berbagi aja, apa yang saya tahu.
    .-= Postingan terbaru Deka………………Menggunakan Deep Freeze =-.

  16. Benar2 komplit. kayak jamu komplit aja ya? heheheheee….
    Salam…
    .-= Postingan terbaru Babesajabu………………USB Keren Yang Bikin Lapar =-.

  17. postingan saya acakadul, gak tentu arah dan tujuannya…hehehe…
    yang penting enjoy dehhh….
    Salam…
    .-= Postingan terbaru Babesajabu………………USB Keren Yang Bikin Lapar =-.

  18. @MacFamous: Yang penting enjoy Mas :D

    @Chokey: Menunggu bus jemputan kali? :D

    @Desain Lansekap: Trims apresiasinya Mas Adit :D

  19. Nice… hebat kang!
    Harusnya tambah satu yang harus diketahui yaitu postingan dengan judul “17 Jenis Postingan yang Layak Anda Ketahui”

    Sukses!

  20. Ko ga ada tulisan “Postingan terbaru…. “

    • @Dedekusn: Nuhun kang apresiasinya. Postingan terbaru saya 2 hari sekali Kang karena disesuaikan dengan waktu yang saya miliki untuk membuat postingannya :D

  21. @Babesajabu: Trims apresiasinya. Setuju Beh, yang penting menulis secara enjoy aja :D

  22. wah… postingan tentang tutorial paling pertama hehehe..
    Kalau tentang belajar affilisi masuk postingan apa kang?
    .-= Postingan terbaru franky………………Tip Agar Permalink Postingan SEO Friendly =-.

  23. postingan tentang tutorial jadi yang pertama.Mari-mari kalau pingin tahu tentang tutorial blog berkunjung keblog saya.hehehehe (sekalian promosi kang….)
    Kalo nggak bisa koment, berarti browsher barangkali yang bermasalah.
    .-= Postingan terbaru franky………………Tip Agar Permalink Postingan SEO Friendly =-.

    • @Franky: He he, no problem Om. Perihal saya susah sekali komen di blognya Om Franky, itu karena koneksi yang lelet terus. So, bagian komentarnya gak terbuka tuh :D

  24. Kalau artikel di blog saya gimana, bos?
    .-= Postingan terbaru celetukansegar………………GMT, Gelapnya Mentara Tau! =-.

  25. Wow…komplit…plit…plit ulasannya Kang :)
    Keren banget…ngak salah , anda memang ahlinya.
    Hebat Kang :)
    .-= Postingan terbaru Yep………………Bowlingual Voice: Alat Penterjemah Bahasa Anjing =-.

  26. @Yep: Terima kasih apresiasinya :D

    @KangBoed: Nuhun…Gak apa-apa, yang penting enkoy Kang :D
    .-= Postingan terbaru Blogodolar………………9 Target Pertama yang Disarankan Darren Rowse untuk Para Pemula =-.

  27. mantep Bos, jadi tahu kalau kategori postingan di blog saya campur baur ala gado-gado! :)
    .-= Postingan terbaru sendaljepit………………Ayo Sedot Jutaan eBook gratis di World eBook Fair 2009! =-.

  28. Street.Walker says:

    Lah Postingan warez masuk kek mana nch???
    xixixi
    .-= Postingan terbaru Street.Walker………………HTTrack Website Copier, Offline web browser =-.

  29. @Pakde Cholik: Saya berasumsi bahwa itu ada di kesalahan banner.
    Biasanya PR turun kalau banyak ikut paid review :D.

  30. Hmm, detail dan komplit banget nih klasifikasi dan contohnya. Kalo versi saya malah secara umum aja kang. Menurut saya jenis postingan blog terbagi menjadi 4 bagian, yaitu :

    1. artikel tutorial (tips praktis bergaya how to)
    2. artikel opini
    3. artikel informasi (termasuk news)
    4. artikel curhat atau sharing

    Nah, ulasan dan pembagian kang yudiono di atas adalah penjabaran dari keempat jenis artikel versi saya tsb :D Mantep deh..
    .-= Postingan terbaru iskandaria………………15 Artis Remaja Tercute Indonesia =-.

  31. Wandi thok says:

    Saya suka yang nomer 8 dan 16 mas :D tenin.
    .-= Postingan terbaru Wandi thok………………Bagaimana menurut Anda? =-.

  32. woooowwwww..mantabs mas….tak praktekan ntar…ning nek posting wawancara angel ketoke mas…ndadak wawancara uwong barang masalahe…hehehehehehe….
    .-= Postingan terbaru Haris_DokterBisnis.Net………………Ada 4 Jenis Sekolah Bisnis, Mana yang Akan Anda Ikuti? =-.

  33. Gerai Qur'an says:

    Terimakasih Kang, Sekarang saya ga bingung lagi mau nulis apa di blog…

  34. mantap.. mhon ijin buan copy…

  35. info yang sangat bermanfaat..
    .-= Postingan terbaru Bang Iwan………………HIBAH NOVEL SAAT POSTINGAN KE-1000 =-.

  36. Ijin copas untuk dipelajari..
    .-= Postingan terbaru Bang Iwan………………HIBAH NOVEL SAAT POSTINGAN KE-1000 =-.

  37. gushardcore says:

    gimana caranya biar blog kita cpat terindeks di google atau bing

  38. bagus… tapi mengapa gambar Rimururu yg jadi gambar postingan ini?

  39. Just to let you know… your website looks extremely strange in Mozilla on a Mac

  40. Mantab…. Sumber inspirasi

  41. gimana dengan jenis postingan saya ya?
    bingung :)

  42. hahaha spt pelajaran sekolah aja…blogging udah jadi ilmu rupanya….

  43. Aneka HOT says:

    Nekjika Toko Online masuk tipe yang mana mas Herman?

  44. Wah,,mkasih banyak master..kadang2 kita bingung mau buat postingan apa, tapi stelah membaca artikel ini, sy jadi bisa lebih fokus untuk buat postingan,karena jenis postinganya menjadi terbagi-bagi kedalam berbagai kategori.