Carl Ocab, Blogger Remaja Asal Filipina yang Mendunia Berkat Make Money Online

Apa kata kunci yang banyak dibidik orang? Salah satunya adalah make money online. Saking menggiurkannya, beberapa tahun lalu John Chow (salah satu blogger kondang dunia asal Kananda) membidik kata kunci tersebut.

Cara yang dilakukan John adalah dengan mengumumkan di blognya bahwa ia bersedia tukaran link dengan siapa saja asal link yang menuju blognya beranchor text make money online. Padahal sebelumnya, John tidak bersedia bertukaran link dengan siapa pun.

Pengumunan John Chow ini disambut baik oleh para pembacanya. Hasilnya, blogger yang kini tinggal di Amerika Seirkat itu memperoleh ratusan backlink dengan anchor text make money online. Bisa diduga, blognya John menempati nomor satu untuk kata kunci tersebut.

Ia pun dengan bangga menginformasikan di blognya: ” I am the number one for make money online”.

Rupanya Google tidak suka dengan cara yang dilakukan John Chow tersebut. Dalam pandangan mereka, John telah melakukan teknik negatif sehingga Google pun mendeindeks blognya John Chow dari hasil penelusuran.

Kasus ini menjadi perbincangan dunia sekitar lima tahun lalu. Saya pun mengamati kasus tersebut, dan tiga tahun lalu saya sesekali memantau perkembangan posisi Top 10 Google.com untuk kata kunci make money online.

Setelah tiga tahun berlalu, hari ini saya teringat kembali akan “keseksian” kata kunci tersebut. Apakah banyak perubahan di Top 10 Google dalam era Google Panda ini?

Saya pun mengetikkan kata kunci make money online di Google.com. Secara mengejutkan, nomor satu masih ditempati oleh carlocab.com. Ini artinya carlocab.com telah bertahan di nomor satu selama tiga tahun dan Google Panda tidak berpengaruh kepada blog tersebut.

make money online SERP

Walaupun tiga tahun lalu saya sering mengamati posisi Top 10 Google.com untuk kata kunci tersebut, namun saya tidak pernah membuka carlocab.com. Tapi hari ini berbeda, saya penasaran dan membuka carlocab.com untuk mengetahui siapa pemiliknya.

Awalnya saya menduga bahwa pemilik carlocab.com adalah sebuah agensi orang-orang AS. Ternyata, dugaan saya meleset. Pemiliknya adalah Carl Ocab, blogger remaja berusia 18 tahun asal Filipina. Wow…

Sekilas Carl Ocab

Carl OcabCarl Ocab membuat carlocab.com saat ia berusia 14 tahun. Sebelum ngeblog, ia rajin berinternet untuk main game online, chatting dengan teman-temannya, dan lain-lain yang tidak berkaitan dengan ngeblog. Khusus untuk game online, ia umumnya menghabiskan waktu lima jam memainkannya.

Suatu hari sang ayah menegurnya, dan teguran ini menyadarkan Carl akan kecanduan main game online. Seminggu kemudian, ia bertanya kepada ayahnya mengenai hal-hal apa saja yang lebih baik dilakukan saat berinternet. Ayahnya menyarankan ngeblog untuk mencari uang.

Ia pun membuat banyak blog di blogspot dan mengisinya dengan tulisan yang ia copas dari situs atau blog orang lain. Tak berapa lama ia pun memperoleh uang dari blog-blognya tersebut. Namun, Google menghapus semua blognya karena disinyalir spam.

Mendapati kenyataan ini, Carl bingung dan putus asa sehingga ia memutuskan meninggalkan dunia ngeblog dan menekuni hobi lamanya yaitu main musik.

Setelah beberapa bulan berlalu, ide ngeblog muncul lagi pada Carl. Kali ini bukan membuat blog copas, namun ia ingin membuat blog bertopik game online yang kontennya benar-benar yang ia tulis sendiri.

Ia pun meminta ayahnya untuk membelikan domain dan hosting. Jadilah carlocab.com yang isinya berupa game online. Beberapa bulan kemudian, Carl memperoleh sedikit uang dari blognya tersebut.

Babak baru

Carl mengubah topik blognya menjadi make money online with kidblogger. Tujuan utamanya adalah berbagi pengalaman yang ia peroleh dalam make money online. Ia pun mengoptimasi blognya untuk membidik kata kunci make money online.

Secara luar biasa, setahun kemudian blognya menempati nomor satu di Google.com untuk kata kunci tersebut. Babak baru pun di mulai di mana ia membuka iklan di blognya. Dari iklan-iklan tersebut, ia memperoleh empat digit dolar setiap bulannya.

Ternyata bukan hanya uang yang ia dapatkan, tetapi juga popularitas. Banyak blogger dunia yang mengakui kemampuan Carl karena mampu menjadi nomor satu untuk kata kunci make money online yang notabene banyak dibidik oleh orang.

Jack Humphrey dan Joel Christopher adalah contoh blogger kondang yang mengakui kemampuan Carl. Berikut adalah kutipan pernyataan Jack Humprey yang saya ambli dari blognya Carl.

I am playing the odds here. But, barring readers like Brian Clark, Andy Beard, Michel Fortin, or Dean Hunt, I am reasonably sure that this 14 year old kid from the Philippines blogs better than you do. Probably makes more money than you do too. Sad yet?

In fact, if you didn’t know his age before you checked out his site, you’d never in a million years guess Carl Ocab was so young. He has better delivery than many people trying to make money blogging who are 3 times his age. He has a grasp of blog marketing that people doing this twice as long as him still haven’t mastered!

Popularitasnya ternyata tidak hanya di dunia online. Di dunia offline, Carl diwawancarai koran setempat dan menjadi pembicara di beragam saresehan mengenai marketing dan blogging.

Pelajaran dari Carl Ocab

Carl Ocab telah menunjukkan kepada kita bahwa usia tidak menjadi patokan kesuksesan dalam dunia blogging. Dengan usia remaja, ia mampu dikenal dunia dan menjadi nomor satu untuk salah satu kata kunci yang paling banyak dibidik orang.

Selain itu, kesuksesan Carl membuktikan bahwa blogger Asia Tenggara bisa bersaing dengan blogger-blogger dari belahan dunia lain. Jadi, jangan takut bersaing dengan blogger/webmaster bule bila Anda ingin terjun di skala internasional.

Comments

  1. says

    luar biasa,, saya mengambil pelajaran dari tulisan ini adalah,, ketidak putus asaan yang dimilikinya membuat dia mampu bertahan dan menjadi nomor satu,, Saat ini penyakit yang sering menjangkiti para blogger pemula, adalah putus asa, mantaap postingannya,,sudah lama saya tidak mengunjungi blog ini.

  2. Wawan says

    Orang2 filipina dan india emang paling terkenal di dunia internet marketing, selain orang amerika tentunya

  3. says

    tambahan aja gan, orang-orang filipina dan india banyak yang sukses di dunia IM karena mereka tidak terkendala faktor bahasa inggris seperti yang dialami banyak blogger Indonesia.

    • says

      Mengapa mereka tidak terkendala faktor bahasa Inggris karena bahasa Inggris merupakan bahasa native mereka? 100% NO…Bahasa native Filipina adalah Tagalog, sementara bahasa native India adalah bahasa Hindi.

      Menurut saya, orang-orang Filipina dan India (seperti yang Anda sebutkan) bisa berbahasa Ingrris karena mau belajar dan terus memperdalam bahasa Inggris.

      So, jangan jadikan bahasa Inggris sebagai ALASAN. Saya yakin blogger Indonesia mampu fasih berbahasa Inggris sepanjang kita MAU dan TEKUN belajar dan memperdalam bahasa Inggris (baik otodidak maupun melalui kursus).

      • says

        Benar sekali kang, Bahasa Inggris jangan dijadikan alasan. Malahan kita seharusnya lebih berkerja keras untuk bisa fasih bahasa inggris yaitu dengan cara mengikuti kursus bahasa inggris. Saya yakin jika kita benar-benar niat pasti dalam beberapa bulan kita sudah lancar menulis dalam bahasa inggris.

  4. Dearryk says

    Satu pelajaran yang bisa saya ambil dari “kakak” asal philipina ini adalah, kalau kita menulis blog berdasarkan hobi dan kesukaan kita, hasilnya akan lebih menyenangkan dari pada memaksakan apa yang tidak kita sukai dan kuasai.

  5. Kevin says

    jadi penasaran dengan strategi si Carl buat mendapatkan posisi nomor satu untuk kata kunci tersebut. kira2 gimana yah ?

  6. Yayan says

    Inspiratif banget kang…. Mudah-mudahan, saya selalu ingat cerita ini dikala mood saya jelek…. :-)

  7. says

    wow keren n inspiratif kang, ngeblog yang didasari hobi itu peluang suksesnya lebih gede ya kang, itu pasti si carl fokus habis tuh bidik keyword ‘make money online’ nya. mantap :) dapat satu inspirasi lagi nih..:D

  8. says

    Passion + Motivasi yang kuat, memudahkan siapa saja untuk bisa sukses …
    oot sedikit: perlu berapa lama membuat tulisan seperti ini kang?

  9. jalanperjaka.blogspot.com says

    menarik sekali.
    saya jadi tertarik make money online.
    adakah yang bisa membantu??

  10. pesutweb says

    Mantep. walaupun dari filifina, berbeda bahasa bukan menjadi masalah dalam menghasilkan uang dari blog. dan menguasai bahasa inggris adalah hal wajib saya rasa untk make money blogging ini.

  11. Franky says

    Menurut saya kesuksesan Carl Ocab adalah pada cara pengelolahan blognya. Dia mampu membuat tulisan hasil karyanya sendiri dan tanpa unsur copas. Itulah yang membuat blognya mampu menembus urutan teratas pada kata kunci make money online :-) :-)

    • sendaljepit says

      hehe…betul itu resep utama, no duplicate content, tanpa unsur copas. Tapi resep ini masih kalah sama “NO CONTENT” lho om Franky. Tengok saja SERP di Google untuk “make money online” hari ini…ancurrrrrrlah dunia SEO!

  12. says

    serasa tertampar membaca artikel ini T.T
    saya mulai ngeblog usia 15 tahun, duluan dia setahun,, tapi dia sudah menduniaa..
    damn!!

  13. NativeHacker says

    masih remaja aja udh nghasilin duit bnyak…
    pas gede nnti duitnya tinggl cheat kali ya :D

  14. says

    wah hebat ya masih muda udah sukses di dunia online.apalagi yang jadi topik blognya tentang make money online
    makasih juga buat kang yudiono yang udah ngepost kayak gini.sangat…sangat…menginspirasi sekali :)

  15. rhyantmuaniezt says

    Terimakasih kang…, Sangat2 Informatif Dan Menambah Inspirasiku Untuk Selalu Nge’blog…., Ok…Thx , n’ Support U…., Kang…!!!!