9 Cara Saya Mendapatkan Uang dari Internet

ilustrasi uang dari internetAda banyak cara mendapatkan uang dari internet. Saking banyaknya, tak sedikit blogger pemula yang bingung memilih cara mana yang baik untuk dirinya. Memikirkan hal ini, saya mencoba menguraikan 9 cara saya untuk menghasilkan uang lewat blog-blog yang saya miliki.

Kesembilan cara ini saya bagi menjadi dua kelompok:  cara yang sedang/pernah saya lakukan dan cara yang akan saya lakukan.

Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

7 Cara Mendapatkan Uang yang Sedang/Pernah Saya Lakukan:

1. Paid review

Saya menghasilkan uang dari paid review (kadang disebut juga pay per post atau sponsored reviews) via broker atau tanpa broker. Ada banyak broker program ini, namun saya hanya mengikuti empat broker berikut:

Kelebihan bila menggunakan broker adalah ada banyak pengiklan dan Anda tidak perlu mencarinya. Namun, kelemahannya adalah penghasilan Anda akan dipotong oleh broker tersebut (30-50%).

Besarnya uang per review berbeda-beda setiap broker. SR memberlakukan sistem bid sehingga Anda bisa melakukan penawaran sesuai rangking blog Anda di broker tersebut. Kisaran penawaran yang umum adalah $5-$200. Sebagai informasi saja, saya sudah dua kali mendapat job seharga $200.

Sementara itu, tiga broker lain menggunakan sistem non-bidding. Blogverstise dan Review umumnya memberikan job seharga $5-$10, sementara LinkWorth memberikan job seharga $5-$50.

Saya juga menghasilkan uang dari paid review tanpa broker. Biasanya pengiklan atau agen iklan menghubungi saya langsung. Saya mematok harga $25-$50 untuk sebuah paid review di blog-blog berbahasa Inggris yang saya miliki.

Tips singkat: Untuk menghasilkan banyak uang dari program paid review, menurut pengalaman saya, blog Anda sebaiknya:

  • Memiliki page rank minimal 2
  • Alexa rank di bawah 500 ribu
  • Memiliki konten dalam bahasa Inggris
  • Topiknya kesehatan, traveling, rumah, finansial, dan otomotif

2. Pay per click (PPC)

PPC adalah program yang akan membayar Anda bila ada iklan yang diklik pengunjung. Empat program PPC manca negara yang saya ikuti adalah:

Dari keempat program PPC tersebut, favorit saya adalah Google AdSense dan Infolinks.

Sementara itu, saya juga mengikuti PPC lokal di blog-blog berbahasa Indonesia, seperti:

3. Iklan mandiri

Iklan mandiri adalah menyediakan slot iklan (berupa banner) di blog sendiri tanpa perantara. Ukuran banner bervariasi, mulai dari 125×125 sampai 728×90. Biaya beragam karena bergantung kepada jumlah pengunjung. Saat saya mengelola Blogotainmen (blog hiburan yang sudah saya hapus), saya mematok harga Rp 100 ribu rupiah per bulan untuk setiap banner ukuran 125×125.

Jika Anda ingin memaksimalkan cara ini, Anda bisa membaca tulisan saya berikut:

4. Cost per mile (CPM)

Program CPM membayar Anda berdasarkan seribu impresi. Sebagai contoh, sebuah blog yang menghasilkan 100.000 page views per bulan menampilkan iklan dengan CPM $1, maka blog tersebut akan mendapatkan $100 per bulan (100.000/1.000 x $1). Program yang pernah saya hanya Inniti.

Namun, bila Anda memiliki blog berhasa Inggris dengan jutaan page views per bulan, Anda bisa mencoba:

5. Afiliasi

Pembayaran program afiliasi berdasarkan komisi dari produk atau jasa orang lain yang dipromosikan. Saya baru mencoba afiliasi individual (misal afiliasi hosting) dan Amazon. Sementara itu, banyak juga jejearing afiliasi yang layak dicoba, antara lain:

Sekadar informasi, afiliasi adalah salah satu program penghasil dolar yang menjanjikan. Pat Flyn adalah salah satu contoh blogger sukses di bidang ini (ia menghasilkan lebih dari $10,000 per bulan).

6. Text link ads

Text link ads adalah iklan link yang muncul di tulisan atau sidebar. Harga iklannya bervariasi, bergantung kepada brokernya. Berdasarkan pengalaman saya, harganya berkisar antara $4-8 per bulan. Broker text link ads yang saya ikuti adalah:

7. Paid download

Paid download adalah program yang akan membayar Anda jika file yang Anda simpan di situs penyimpanan gratis di-download orang lain. File ini bisa berupa pdf, gambar, software, dan lain-lain. Uang yang akan Anda dapatkan bervariasi, umumnya $0.001 per download. Dengan kata lain, Anda akan dapat $1 bila file Anda di-download oleh seribu orang.

Di program ini, saya hanya bermain di Ziddu. Dari 3 tahun keikutan, saya belum pernah payout.

2 Cara Mendapatkan Uang yang Akan Saya Lakukan:

Di luar ketujuh cara di atas, saya berencana menghasilkan uang dari dua cara berikut:

8. Menjual Jasa

Saya pernah punya pengalaman menjual jasa pembuatan blog. Namun, karena konsep dan strateginya tidak jelas, jasa yang saya dirikan bersama dua teman saya itu terbengkalai. Walaupun demikian, menurut saya, menjual jasa adalah strategi yang baik untuk mengumpulkan uang dari internet.

Jasa yang sedang saya buat adalah:

  • jasa pembuatan blog
  • jasa backlink
  • jasa penulisan artikel berbahasa Inggris

Saya akan mengumumkannya dalam waktu dekat ini.

9. Menjual eBook

Ebook merupakan produk informasi yang postensial sebagai generator uang. Banyak blogger yang sudah membuktikannya. Saya pun tertarik menjual produk virtual tersebut.

Saya sudah mulai menulis eBook bertopik make money blogging sejak 1 Februari lalu. Saya mulai dengan membuat brainstorming, mind mapping, dan outlines. Saya menargetkan setiap outlines selesai dalam satu minggu.

Apakah eBook yang rencananya saya rilis di pertengahan tahun ini bakal laku? Entahlah. Saya hanya berusaha, Allah SWT yang menentukan.

Terlepas dari itu, semoga kesembilan cara yang saya paparkan di atas membantu Anda mendapatkan uang dari internet. Jika Anda memiliki cara lain, silakan menuliskannya pada bagian komentar di bawah ini.

Ebook Gratis untuk Anda

cover bawah postDownload (unduh) ebook Cara Saya Menghasilkan Rp 620 Juta dari Blog. Dengan mengunduhnya, Anda sekaligus berlangganan newsletter Blogodolar. Manfaat berlangganan newsletter ini antara lain Anda akan mendapatkan diskon 50% dari buku-buku terbaru saya dan tips/trik ngeblog yang belum pernah saya publikasikan di Blogodolar. Ketikkan nama dan email Anda pada kolom di bawah ini sehingga Anda akan segera mendapatkan ebook tersebut.

Headline

Comments

  1. Kalau saya selama ini hanya pengandalkan PTR dan PPC saja, kang. Saya pernah mencoba amazon, CPM dan Text-Link-Ads. Tapi, tidak ada yang berhasil karena diperlukan ketekunan lebih untuk bidang-bidang itu.

    Kalau menurut saya, penjualan jasa lebih menjanjikan dari E-Book. Karena penjualan jasa itu lebih bersifat berkelanjutan, ya, walaupun memang lebih praktis menjual e-Book dibanding jasa. Tapi, keduanya punya risiko yang sama yaitu TIDAK PUAS.

  2. kayaknya paling enak jual produk kayak ebook lewat blog gitu yah? kalau jual jasa menurut saya kok jadi seperti orang kantoran yang bekerja ikut orang

    • Kang Yudiono says:

      Pastinya saya belum tahu. Agar “kayaknya” ini mendapatkan jawaban, kita harus menempuh keduanya.

  3. engga maen amazon kang? katanya banyak yg sukses tuh.

  4. Semua sudah saya coba, yang saya dapat hanya adsense dan pay per post..
    untuk saat ini yang real adalah mendapatkan klien untuk membuat website yang kompleks. Alhamdulilah sudah bisa.

    Dan akhirnya saya sadari bahwa yang terpenting dari sebuah situs adalah translate interface dan flow desain untuk pembayaran.

  5. Saya sebetulnya sama mas, sudah mengikuti segala macem yang sampean jabarkan, namun belum menghasilkan sebesar yang anda dapat, terkendala pada sedikitnya pengunjung blog.Saya turut bergembira anda akan menerbitkan ebook, bertemakan nyari duit dari blog,, sebelum terbit mas ada sedikit saran kalau bisa ebook itu fokus bagaimana pengalaman dan langkah2 anda saat memulainya nya dlu. sehingga bisa menghasilkan seperti saat ini,, saya sangat menunggu panduan bagaimana meningkatkan penghasilan dari blog bahasa inggris dengan target pengunjung tidak banyak tapi menghasilkan.
    Saya dukung mas, kalau dah terbit nanti Insya Allah mau coba beli,, tpi jangn mahal-mahal yah,, he.

  6. mas,, saya mau tanya ni,, kalau ikutan byk program (yg di atas) dg hanya satu blog.. apa ada resikonya mas?? cz saya ingin nya mencoba.. mksh

    • Kang Yudiono says:

      Menurut saya resiko terbesarnya mungkin earning tidak optimal. Sebaiknya, blog PPC berbeda dengan blog paid review agar earning maksimal.

  7. sapa pernah coba yang PPC
    tai ga ad ayang klik sama seklai
    huhuhu.

    btw saya tertarik benget dengan afilisi marketing
    yang dibahas oleh mr.pt flynn
    setelah tanya ke dia memang cara asik keliatanya.

    hanya saja belum ngerti
    gemana cara kerjanya.

  8. wah ternyata banyak cara menghasilkan uang lewat internet, infonya kumplit, makasih kang

  9. Sedikit dari cara diatas telah dan terus saya lakukan, meskipun hasilnya hanya cukup untuk bayar tagihan internetan. Memasuki 2012 ini saya mencoba peruntungan jualan online, selain itu juga membeli beberapa nama domain untuk beberapa blog yang akan saya buat di tahun 2012 ini.

  10. Terima kasih atas informasi yang di berikan. Saya masih sangatlah newbie, saya sudah mencoba PPC yang bapak sarankan di atas tapi kira-kira ada tidak ya, program PPC lain ? saya sudah cari tapi bingung PPC atau CPM. . Mhon dukungannya. Salam Kenal :)

  11. sayaa ga bisa gan, saya cewe gimana langkah yang mudah dapetin duit buat kuliah :D gimana atuh step yang pertama-tama gitu

    nuhun kang

    • Kang Yudiono says:

      Tutut, saya pikir tidak ada cara mudah mendapatkan uang baik offline maupun online. Perlu kerja keras, keuletan, dan kesabaran dalam menggapainya.
      BTW, menurut saya, bila ingin make money blogging, langkah pertama yang Anda lakukan adalah fokuslah pada konten di blog Anda.

      • Setuju Kang,
        Itu adalah langkah awal yang sangat penting yaitu optimasi blog. Walaupun sering diabaikan tapi fokus pada konten adalah pondasi awal yang sangat sangat perlu.

        Sebelumnya terimakasih banyak Kang atas info-infonnya mungkin lain waktu saya akan sering-sering main ke sini. InsyaAllah info-infonya sangat bermanfaat baik newbi ataupun yang expert.

  12. Usep Rizal says:

    Asslm, salam kenal sebelumnya dari saya Kang.. :) Sama seperti Ustadz Chokey, ditunggu poin 8 n’ 9 nya, siapa tahu nambah – nambah rezeki saya bisa ikutan jualan..hehe..

    • Kang Yudiono says:

      Waalaikumsalam Mas Usep. Terima kasih sudah mampir. Mudah-mudahan poin 8 dan 9 nantinya cocok buat Anda Mas ;)

      • Usep Rizal says:

        Kalau produk dari Akang mah saya yakin nanti pasti berkualitas (kan saya juga silent readernya blog Akang..hehe..:maaf:nyembah:) :) Sok atuh geura launching, saya pasti beli produknya n’ langsung jadi affiliate.. Kabari saya kalau mau launching ya Kang..(pesen kavling #1, sekali – kali KKN sesama dari Tatar Pasundan..hahaha..)

  13. Ade Supriyatna says:

    Dari poin 1 s.d 9 itu yang paling banyak “menyetorkan” uang ke saya adalah dari menjual jasa, terutama jasa pembuatan blog & optimalisasi blog untuk marketing.

    Ditambah lagi dengan dropshiping, yaitu saya bertindak seolah-olah adalah pemilik produk yang dijual melalui blog atau web saya, namun pada kenyataannya pihak lainlah pemilik asli dan yg mengirimkan produknya langsung ke customer (saya cari2 dropshiping belum dicantumkan di atas).

    Sekarang sy mulai ke arah optimalisasi untuk bisnis layanan jasa keuangan saya sendiri, termasuk dg menerbitkan versi ekslusifnya dalam bentuk ebook.
    Salam.

  14. Saya sendiri baru bisa jual jasa saja..
    Jasa design -,-

  15. Kang Yudiono says:

    Salam 3S Om Chokey. Tumben neh mampir ke sini? :D
    BTW, publisher berbayar itu kayak apa ya? Saya baru tahu neh.
    Siiip, nanti saya infokan via Probans jika poin 8 dan 9 sudah launching.

  16. file education says:

    makasih mas infonya, karena saya di sitti dan klik saya dan Ga jarang dapatinn duit saya mau mencoba innity blog saya pageviewnya 1 hari 5ribuan ddengan pengunjung 3k.

  17. Free android apps says:

    pantau terus om
    ditunggu share pengalaman yg lain.
    thanks.

  18. Kalau saya sudah 3 bulan ini mengikuti CPA. Lumayan pendapatann sudah mencapai $300.
    Salam sukses kang..

  19. Yang pernah saya coba hanyalah PPC, itupun hasil masih sangat minim dan receh :-)

  20. Sekedar tambahan mas;

    1. Nulis artikel
    Nulis artikel ini adalah pekerjaan baru saya — harga yang dikasih antara – $30 – 400, tergantung nulis dimana. Sejauh ini saya baru nulis 3 artikel dan masing-masing dikasih, $120, 120 dan 50. Lumayan buat jajan ^^
    Banyak situs(ratusan) yang membutuhkan artikel, jadi kesempatanya besar. Sayangnya saya kurang tertarik dgn pekerjaan ini, alasanya–kemampuan bhs inggrisku kacau.

    2. Jasa desain web
    Bidang ini adalah fokus utama saya. Saya sudah ngga bisa hitung berapa desain yang saya buat–awalnya saya emang suka bikinin orang themes–free. Client saya 100% lokal. Dan bayaran tertinggi yang saya terima hanya 2 jt dan paling rendah 200rb. Harga dinegoisasikan di awal. Tahun ini saya berencana untuk go internasional–saya dengar2 bayaran client luar sangat menjanjikan. Bukan matre, tapi hidup memang butuh dana ^^
    Kekurangan pekerjaan ini adalah, selesainya lama–antara 2 minggu hingga bulanan. Kenapa lama? Karena hasil desain menentukan nasib kedepanya, kalo client puas, kemungkinan jasa kita akan dipakai lagi. Kalo jelek, akan mencoreng nama dan merusak citra. Itulah alasan kenapa pekerjaan desain ini perlu ketelitian tingkat extra.

    Kedepanya saya berencana untuk jual produk(themes dan ebook), ya semoga berjalan lancar. Amin

    Salam sukses mas ^^

  21. Saya rasa iklan mandiri sangat menarik dan menggiurkan untuk dicoba

  22. wah,,…. mantaf gan, ane tertarik sekali, boleh nih ane praktekkan, selama ini ane belum pernah berfikiran hal seperti ini khususnya cari duit dari internet.

  23. Wag ogut dah coba macem2 kecuali afiliasi, pendapatan terbesar yang pernah dari google adsense dan infolink stelah itu ziddu,

  24. salam kenal kang.
    waduh,, saya sangat beruntung bisa ketemu blog ini,, saya sangat newbie di internet,, masih nyari2 cara buat bisa bikin blog,, selanjutnya pengen juga dapetin uang dari internet. Artikel ini luar biasa,, kaya nya saya bakal addict ni di sini,, lanjut kang…

  25. download software says:

    saya save as gan halaman ini ….soalnya ini penting… :-D

  26. Salam, apakah Infolinks sesuai digunakan oleh saya blogger malaysia?

  27. Awas-ngintip.coom says:

    Wah kalau saya juga baru dapet recehan,msh mncri jati diri..he2.. blm 100 % d bisnis online,kendala saya standar, di waktu,dana dan perangkat yg minimal,jd kdg tburu-buru khlgn arah.. Salam kenal gan+untuk semuaaa,, mari mampir dan slg bkunjung diblog saya..

  28. yang mau ikutan cari uang ..coba ikutin link yang satu ini..
    pasti top deh..

  29. nice share for newbie like me

  30. saya dah coba dikit2 kang… tp lum da yg payout… perasaan nunggunya lama ya…. mgkn krg sabar ya kang….:)

  31. Kayaknya yang jualan ebook make money online udah banyak banget deh..

  32. ty infonya gan,,,,,

  33. di tunggu kang ebooknya…ok

  34. Ada Mas yang belum diulas yakni cara bikin tuyul…hehe..

  35. Dhymalk dhykTa says:

    Bang, satu niche blog bisa digabung yah source dollarnya? misal PPC gabung dgn paid review?

  36. Makasih mas… info nya… bermanfaat bat saya yang sedang belajar ngeblog

  37. kun akinari says:

    thanks u Gan infonya, berguna sekali untuk newbie blogger ,,,,,

  38. bizof.info says:

    saya coba mas. udah pusing cari-cari penghasil uang di internet.

  39. blognya mantap…

  40. ahmad charys says:

    mantappppp,………………..
    T.O.P. B.G.T dah bossssssss

  41. gan itu kalo infolink berapa dia akan bayar kita per click nya ??

  42. Saya akan coba salah satunya saja ni dan siapa tahu bisa berbuah manis juga

  43. Awan Software says:

    Saya ingin menjadi murid anda, apakah anda mau menjadi mentor saya di bidang blogger?

  44. review product says:

    wah banyak sekali program yang anda ikuti… apa gak pusing pak… bagaimana anda bisa fokus pada semuanya itu..

  45. uang gue mah udah banyak

  46. windrata says:

    klo mw dapat duit cepat. di sini bro.. prgram baru.. bukan boongan.. daftar dapat $500.. tinggal klik da dapat duit.. daftar bro..

  47. Dicky Mardiansyah says:

    wah, keren nih. perlu dicoba nih, kali aj bisa dapat uang banyak kaya kaka, amin..

  48. Cuma input email dibayar 10.000/email says:

    Waaaoooooow, cuma input email dibayar Rp. 10.000/email
    Jutaan member telah membuktikannya, termasuk saya. Bayaran bulan MEI kemarin mendarat dengan selamat di rekening saya sebesar Rp. 440.000
    Ayo tunggu apa lagi, silahkan cek cara kerjanya, cek sistem pembayarannya, dan coba sendiri demo kerjanya. Rasakan sensasi kemudahan mendapatkan uang dari internet.

    PERHATIAN : Pastikan Anda mengisi NAMA dan EMAIL valid agar dapat mengakses website.

    • Robinho says:

      Itu namanya website replika alias penipuan berantai..
      Uang kyak gitu gak HALAL..
      Nyadarlah

  49. wah.. kaya donk mas… banyak sekali cara cari duit yang udah di ikuti…
    ikutan ahh…
    thanks banget info nya, tak daftar – daftar dulu…
    trims

  50. bos ini ada program bagus lumayan buat nambah penghasilan dari internet.
    cobain deh!!