7 Cara Sederhana Menemukan Ide-ide Kata Kunci untuk Mini Niche Blog

Memilih kata kunci adalah proses terpenting dalam membuat sebuah mini niche blog (blog bertopik khusus yang hanya berisi 20-50 artikel). Tak peduli seberapa hebat Anda dalam SEO, bila salah memilih kata kunci maka blog Anda akan susah menembus halaman 1 Google.com dan tentunya tidak menghasilkan profit sesuai harapan.

Langkah pertama dalam memilih kata kunci ini adalah menemukan ide-ide kata kunci yang biasanya berupa kata-kata kunci umum (generic keywords). Ide-ide kata kunci tersebut kemudian dimasukkan ke Google Adwords Keyword Tools atau software riset kata kunci (misal Market Samurai) untuk dilihat variasi kata kunci dan jumlah pencarinya.

Dalam postingan ini saya hanya memfokuskan kepada cara menemukan ide-ide kata kunci tersebut. Ada pun kriteria-kriteria kata kunci yang baik dipilih akan saya bahas di postingan selanjutnya.

Terlepas dari itu, tentunya banyak cara untuk menemukan ide-ide kata kunci. Tujuh diantaranya yang sering saya lakukan adalah:

1. Melihat daftar blog yang baru terjual di Flippa

Flippa adalah tempat terpopuler dalam jual beli blog. Saya sering mengunjungi situs tersebut untuk melihat daftar blog atau situs yang baru terjual di atas $2,000. Dari daftar tersebut, saya banyak menemukan ide-ide kata kunci. Sebagai contoh, ide kata kunci winter coats dari listing ini. Asyiknya lagi, daftar blog yang terjual menampilkan data Google Analitycs dan penghasilan Google Adsense.

2. Melihat barang-barang di sekitar saya

Bila diamati secara saksama, banyak barang di sekitar kita. Entah itu di rumah, di tempat rekreasi, tempat belanja, di perjalanan, dan sebagainya. Tak jarang saya mendapatkan ide kata kunci dari barang-barang yang ada di tempat tersebut. Misalnya, di rumah saya ada sofa, maka sofa ini menjadi ide kata kunci.

3. Mengunjungi Amazon

Amazon adalah toko online terpopuler saat ini. Karena banyaknya barang yang dijual situs tersebut, saya biasanya melihat-lihat daftar barang pada bagian best sellers. Dari bagian ini, banyak sekali ide-ide kata kunci yang saya dapati untuk ditelaah lebih lanjut.

4. Mememperhatikan iklan-iklan Google Adsense yang muncul

Saat mengevaluasi kompetitor kata kunci yang hendak saya bidik, saya sering memperhatikan iklan-iklan Google Adsense yang muncul di situs kompetitor atau hasil pencarian Google. Sebagai contoh, saat saya menelaah kata kunci printable coupons, saya menemukan kata kunci toilet paper coupons di iklan Google Adsense yang ada di salah satu blog yang saya kunjungi.

5. Menelusuri niche blog milik orang lain

Selain menampilkan iklan-iklan Google Adsense yang menarik perhatian saya, ada kalanya niche blog yang saya kunjungi melink ke beberapa niche blog lain. Dengan menelusurinya, saya sering juga mendapatkan ide-ide kata kunci.

6. Menggunakan Google Trends

Google Trends merefleksikan kata-kata kunci yang sedang tren (banyak dicari orang). Dari daftar kata kunci yang ada, saya sering memperoleh ide kata kunci yang ada kalanya asing bagi saya.

7. Mengamati iklan-iklan yang muncul di TV

Mungkin banyak orang yang memindahkan saluran TV bila muncul iklan. Namun, tidak demikian bagi saya. Iklan-iklan yang muncul sering saya amati untuk memperoleh ide kata kunci. Sebagai contoh, bila ada iklan lipstick, maka saya memperoleh ide kata kunci mengenai lipstick, kecantikan, dan lain-lain.

Semoga ketujuh cara menemukan ide-ide kata kunci di atas membantu Anda yang buntu ide untuk niche blog. Jika pun Anda punya cara lain, silakan menuliskannya di bagian komentar. Saya sangat mengapresiasinya.

Ebook Gratis untuk Anda

cover bawah postDownload (unduh) ebook "Cara Saya Menghasilkan Rp 620 Juta dari Blog". Dengan mengunduhnya, Anda sekaligus berlangganan newsletter Blogodolar. Manfaat berlangganan newsletter ini antara lain Anda akan mendapatkan diskon 50% dari buku-buku terbaru saya dan tips/trik ngeblog yang belum pernah saya publikasikan di Blogodolar. Ketikkan nama dan email Anda pada kolom di bawah ini sehingga Anda akan segera mendapatkan ebook tersebut.

Headline

Comments

  1. Kalau saya paling sering nomor 5 Kang. Selain itu, biasanya saya juga membaca direktori artikel. Seperti EzineArticles, ArticleBase, dll. Kadang-kadang ada beberapa kata dalam artikel tersebut merupakan keyword yg bagus jadi niche blog.

  2. kalau saya malah jarang nyari kata kunci dari luar, biasanya saya hanya menggunakan google trend untuk blog yang berbahasa Inggris namun kalau blog bahasa Indonesia, berdasarkan keinginan saja, he, setelah itu saya cek di google keyword tool,, postingan ini menjadi inspirasi saya kedepan jika ingin membuat blog saya akan mencari kata kuncinya dari yang mas sarankan, he

    • Kang Yudiono says:

      Ya, memang postingan ini tujuannya untuk niche blog berbahasa Inggris. Kalaupun diterapkan untuk bahasa Indonesia, ada beberapa yang relevan seperti nomor 2, 5, dan 7.

  3. wah ini yang saya cari kang. saya sering kebingungan kalau udah buka Google Keyword Tools. bingung mo ngetik kata kunci apa. sepertinya sekarang mau ke flippa dulu buat cari ide hehehe

  4. Saya juga sering melakukan cara yang ke 7. Mengamati iklan-iklan di tv karena biasanya orang akan penasaran melihat iklan tersebut dan mencari informasi tentang barang yang diiklankan. nah di saat itulah mereka akan mampir ke blogku. Tapi untuk cara yang lain sepertinya masih jarang aku lakukan terkecuali mengunjungi nice blog orang lain.

    • Kang Yudiono says:

      Silakan dicoba cara selain mengamati iklan TV dan niche blog orang lain, siapa tau lebih maknyus Mas ;)

  5. Kang Yudiono says:

    Hmmm…Kalau tidak berhasil dalam soal earning, memangnya laku dijual Gan Khalid?
    Sepanjang yang Ane tahu, earning sebuah blog merupakan faktor penting bila kita menjual atau membeli blog.

  6. Saya sudah cek ke situs wintercoatsforwoman.info. Ternyata, isinya cuma 3 artikel ya kang? Apa bener begitu? Koq keliatannya gampang banget sih. Tapi melihat hasil adsense nya bisa sampe $244.24 /bulan bikin napsu aja. Koq bisa ya.. Wah..wah.. jadi pengen nih..
    tks kang atas artikel yg mencerahkan… :D

    • Ya, itu yang disebut super mini niche blog. Perihal earning, benar tidaknya saya tidak tahu. Tapi, Spencer Haws membuktikan bahwa blognya yang berisi 1 postingan bisa dapat $200 dari GA per bulannya lho.

  7. saya itu masih bingung Kang…ketika sudang riset di google tool & google trends..itu kan ditemukan banyak kata kunci..nah pada dasarnya kan mesti memilih kata kunci yang peminatnya banyak,,tapi ketika di masukkan ke google co.id sudah muncul website yang mempunyai backlink banyak…nah bagaimana cara memenangkan dalam pencarian dengan kata kunci yang ada di situ?

    • Nuhana, banyak faktor yang berpengaruh agar blog/tulisan kita masuk Top 10 Google.co.id. Salah satunya backlink berkualitas. So, perbanyaklah backlink berkualitas ke blog/postingan Anda.

  8. bagus artikelnya. . saya juga sedang bingung mencari informasi soal keywords yang ngetrends. .terima kasih :)

  9. akan saya coba semuanya kang……

  10. SOLOSI BUAT CEWEK AJA NICH... says:

    hehe….balik lagi…gan….

  11. Google Trends bagus banget untuk mencari ide posting bagi blog news
    trims atas tambahan ilmunya

  12. artikel yang baik, terkadang newbie separti saya ini tidak mengerti, sekarang saya ingin mencobanya, trims

  13. oiya gan kalau udah dapat kata kuncinya terus langkah selanjutnya apa’an gan?
    mohon pencerahannya..

  14. ternyata melalui berbagai tool kita bisa mendapatkan ide membuat niche blog ya, baru tahu ni pak
    terima kasih buat sarannya, makin sukses terus Pak..

  15. terima kasih pencerahannya mas,sangat berguna sekali buat saya.

  16. wah… mas yudi….kpn ngopi2 lagi…..hehehe…. kirim YMnya dunkz inbox aja ilham yasin makassar…heheeh

  17. Wah, mantep mas tipnya. Ikut nyimak. Untuk tool riset keyword saya menggunakan tool dari sini http://goo.gl/XEEty.

    Salam kenal & terima kasih,

  18. siiip kang…
    yg ane bingung gmn mencari niche yg sedikit pesaingnya…
    tp ide ini bagus..jadi satu satu ane cek ya persaingannya gmn?
    kalo menurut anda yg persaingannya mudah yg data di page one gugel gmn yah?

  19. Sebenernya seo dan baclink sangat berhubungan ya.seperti sya seorang newbie yang teruus mengutak atik..salam hangat!]