Cara Membuat Long Tail Keywords untuk Menjaring Pengunjung dari Mesin Pencari

Mesin pencari merupakan sumber trafik yang melimpah. Sayangnya, tak mudah bagi setiap blogger untuk memunculkan artikelnya di nomor satu atau halaman pertama hasil pencarian. Salah satu triknya adalah menggunakan long tail keywords (kata kunci berfrase).

Jika Anda belum familiar dengan istilah ini, berikut adalah definisi (pengertian), contoh, keuntungan, dan cara membuat judul long tail keywords. Panduan ini bisa digunakan untuk blog berbahasa Indonesia dan blog berbahasa Inggris, dan mudah-mudahan menambah wawasan Anda.

Apa itu Long Tail Keywords?

Long tail keywords adalah kata kunci multi frase yang diketikan pengunjung di mesin pencari. Kata kunci ini lebih spesifik dibanding kata kunci umum. Di bawah ini adalah contohnya.

Kartu kredit adalah contoh kata kunci umum, sementara long tail keywords bisa berupa:

  • Kartu kredit untuk mahasiswa
  • Daftar kartu kredit berbunga rendah
  • Keuntungan kartu kredit untuk pebisinis kecil

Untuk kata kunci dalam bahasa Inggris seperti ini:

  • Credit cards for students
  • List of low interest credit cards
  • Benefits of small business credit cards

Keuntungan Long Tail Keywords

Berikut adalah 4 keuntungan jika Anda menggunakan long tail keywords:

  1. Long tail keywords memberikan konversi yang lebih tinggi. Pengunjung yang datang melalui mesin pencari dengan mengetikkan long tail keywords umumnya berniat membeli sesuatu secara online. Dengan menembak long tail keywords, peluang Anda menjaring pembeli lebih besar.
  2. Long tail keywords mudah teranking di mesin pencari. Hal ini karena long tail keywords umumnya sedikit kompetitornya.
  3. Lebih banyak pengunjung yang datang. Dengan terangking baik di mesin pencari, maka blog atau website Anda akan banyak menjaring pengunjung.
  4. Potensi CTR tinggi. Pengunjung yang datang lewat mesin pencari sangat bernilai karena mereka adalah pencari informasi, sehingga besar peluang mereka mengklik iklan (adsense, PPC, dan lain-lain) yang ada di blog Anda. Dengan demikian, click through rate (CTR) adsense Anda tinggi.

Cara Membuat Judul untuk Long Tail Keywords

Setelah menemukan long tail keywords, satu hal terpenting adalah membuat judul yang mengandung long tail keywords. Untuk long tail keywords pada contoh di atas, berikut adalah judul-judul yang bisa diambil:

  • Cara Mendaftar Kartu Kredit bagi Mahasiswa
  • 20 Daftar Kartu Kredit Berbunga Rendah
  • 10 Keuntungan kartu Kredit untuk Kelancaran Usaha Pebisnis Kecil

Dalam bahasa Inggris, bisa seperti ini:

  • How to pick a credit cards for students
  • 20 Low Interest Credit Cards
  • 10 Benefits of Credit Cards to Increase Earning of Small Business

Apa yang saya paparkan di atas adalah sekadar dasar. Anda tentunya bisa memodifikasinya agar lebih variatif.

Comments

  1. says

    Memang konversi long tail keywords labih tinggi soalnya lebih spesific pada suatu keywords sehingga pengunjung yg datang benar2 berkualitas.
    .-= Postingan terbaru Kang Kabayan………………Astaga.com Lifestyle On The Net =-.

  2. says

    Long tail keywords menurut saya identik dengan konten yang UNIK. Dan konten unik biasanya disukai google :) Lagipula, jika judul terlalu umum (kurang spesifik), biasanya calon pengunjung dari search engine kurang tertarik untuk mengkliknya.

    Saya lihat banyak para penembak keyword yang terjebak untuk nulis judul TERLALU UMUM atau TERLALU LUAS.
    .-= Postingan terbaru iskandaria………………Koleksi Foto Terbaru Luna Maya dengan Rambut Barunya =-.

  3. TuSuda says

    Pembuatan tagline yang panjang lebih mengena sasaran kata kunci yang mungkin dicari para pengunjung. Hal ini sangat mendukung traffic kunjungan ke blog. Makasih, Info yang bagus Kang..saya akan coba melakukannya, karena selama ini masih membuat tag postingan singkat kadang satu kata saja.
    .-= Postingan terbaru TuSuda………………5 AKSI BERSAMA MENUMBUHKAN SEMANGAT KESETIAKAWANAN SOSIAL =-.

  4. si Rusa Bawean says

    wahhh
    kalo pemilihan judul untuk postinganku

    lebih memilih berdasarkan indahnya kats tersebut

    bukan SEOnya
    :)

  5. yudi says

    Asyik…dapet ilmu lagi tentang SEO, walaupun ada kabar Google akan merubah kebijakan dari SEO menjadi SMO. Tapi ngga apalah….maklum newbie nich :)

  6. taufik says

    cara membuat komentar seperti di samping itu gimana
    .-= Postingan terbaru taufik………………Belakang Intel Core I5 661 =-.

  7. says

    wah bisa jadi ide buat blogku, aku bikin postingan ttg long tail keyword jg ah, tp benar2 ketik sendiri dan ga copas, tp liat idenya dr sing…..thanks yah

  8. says

    Great information in your post, I saw a report on television last week about this same stuff and since I am getting married in two weeks and the timing couldn’t have been better! Thanks for the post!

  9. says

    Funny I was discussing with a friend about this just the other day, we must share the same views. I hope it’s ok I added your site to a few of my bookmark lists?

  10. tutorial blog says

    Thanks informasinya gan, long tail keyword emang mantap klu diterapkan dengan benar pada blog,

  11. says

    Selama ini saya sudah mempraktekkan cara membuat variasi judul seperti yang mas jelaskan di atas, dan alhamdulillah pengunjung dari SEpun mulai berdatangan (meskipun cuma sedikit) ..
    terimakasih buat postingannya mas, salam kenal!!

  12. commissionvigilante says

    whoah this blog is wonderful i like studying your posts. Stay up the great work! You already know, a lot of people are looking around for this information, you can aid them greatly.

  13. says

    Hello there, just became aware of your blog through Google, and found that it is truly informative. I’m gonna watch out for brussels. I’ll be grateful if you continue this in future. A lot of people will be benefited from your writing. Cheers!

  14. says

    It’s the best time to make some plans for the future and it’s time to be happy. I’ve read this post and if I could I want to suggest you some interesting things or suggestions. Maybe you can write next articles referring to this article. I desire to read more things about it!

  15. says

    Salam kenal, Baru paham saya apa itu longtail keyword, sebelumnya sering buka wordstream untuk nyari longtail keyword tapi gak tau maksud dan tujuanya.Baru tau sekarang, jadi intinya untuk membuat artikel yang unik, competitor sedikit, tampil di halaman pertama search engine….
    Thanks bro atas informasinya.

  16. says

    Salam kenal sebelumnya, numpang tanya nih, kalo misal saya sudah berhasil berada di 10 besar google dengan keyword ““Web Hosting Indonesia Murah Unlimited” “, terus gimana cara mengoptimisasinya supaya saya juga bs berada si 10 besar google dengan keyword “Hosting Murah”?? Karena saya yakin persaingan di keyword “Hosting Murah” lebih tinggi… Seandainya dengan keyword “Hosting Murah” sudah berada di halaman 3 google, bagaimana cara mengoptimisasi blog saya agar dengan keyword “Hosting Murah”, blog saya bisa masuk di halaman 1 google??

    Terimakasih atas bantuannya dan perhatiannya,
    Salam kenal…

  17. Berita Terbaru says

    baru coba belajar mengenai longtail keyword gan.. soalnya kalo nulis artikel terbaru capek

  18. izend abdillah says

    bener-bener mantap gan,,
    dan ane baru tau tentang ini gan, terimakasih salam sukses.