Cara Membuat Postingan yang Disukai Pembaca dan Dicintai Google

Iskandaria saat berkomentar di cara membuat paragraf pembuka berbagi pengalamannya seperti ini:

Tapi ada satu hal yang sangat berpotensi menghambat penerapan tips-tips jitu di atas. Apa itu? Dorongan untuk men-SEO-kan postingan dengan cara pembombardiran keyword yang dibidik pada paragraf pertama. Termasuk penyisipan link pada anchor teks (keyword) yang dibidik. Itu juga bisa membuat tata bahasa di paragraf pertama menjadi kurang alami (jangggal). Dan saya jujur aja masih suka terhambat oleh hal tersebut. Masih suka memaksakan penyisipan keyword yang dibidik pada paragraf pembuka.

Intinya, paragraf pertama menjadi kurang alami karena adanya penyisipan dan pengulangan kata kunci demi Search Engine Optimization (SEO). Lalu bagaimana cara membuat postingan yang alami (disukai pembaca) sekaligus dicintai Google?

Di bawah ini adalah 2 tips praktisnya yang mudah-mudahan bermanfaat bagi Anda.

1. Menulislah untuk pembaca

Mengapa ada pembombardiran kata kunci di paragraf pertama? Ini karena adanya saran yang menyebutkan bahwa penyisipan kata kunci di 100 kata pertama akan berpengaruh baik terhadap posisi postingan di mesin pencari.

Saran ini ada benarnya. Sejumlah postingan yang saya buat dengan mengikuti saran ini berhasil menempati 10 besar di Google untuk kata kunci yang dibidik. Hal yang sama mungkin juga pernah Anda alami.

Namun, kelemahan postingan ini adalah mengabaikan kenyamanan pembaca.Selain itu, pembaca yang memahami SEO akan sangat mudah mengidentifikasi adanya pengulangan kata kunci sehingga besar kemungkinan ia tidak menyukai postingan seperti itu.

Menurut saya, solusi tepat untuk mengatasi masalah ini adalah:

  • Menulislah untuk pembaca (writing for people first). Menulislah secara natural dan memberikan manfaat bagi pembaca tanpa harus membombardir kata kunci. Hal ini selaras dengan pernyataan Google berikut:

Our general advice is: Always focus on the users and not on search engines when developing your optimization strategy. Ask yourself what creates value for your users. Investing in the quality of your content and thereby earning natural backlinks benefits both the users and drives more qualified traffic to your site. Keep in mind that nowadays search engines reward sweat-of-the-brow work on content that bait natural links given by choice.

2. Gunakan Plugin All in One SEO Pack

Setelah menulis postingan yang tujuan pertamanya untuk pembaca, saatnya “mempercantik ostingan tersebut agar dicintai Google. Bagi Anda yang menggunakan wordpress.org, Anda bisa menggunakan plugin All in One SEO Pack.

Dengan menggunakan plugin ini, Anda bisa menambahkan deskripsi sebanyak 160 karakter, kata kunci, dan judul yang mengandung kata kunci. Asyiknya, walaupun diulang-ulang, kata kunci ini tidak akan muncul di postingan (tidak mengganggu pembaca) dan tentunya dibaca Google.

Ebook Gratis untuk Anda

cover bawah postDownload (unduh) ebook Cara Saya Menghasilkan Rp 620 Juta dari Blog. Dalam ebook ini Anda akan tahu sumber-sumber penghasilan saya sejak menjadi full time blogger.

Dengan mengunduhnya, Anda sekaligus berlangganan newsletter Blogodolar. Manfaat berlangganan newsletter Blogodolar bagi Anda adalah 1) diskon 50% dari buku-buku terbaru saya tentang make money blogging dan SEO, 2) tips/trik ngeblog yang belum pernah saya publikasikan di Blogodolar, dan 3) postingan terbaru Blogodolar.

Masukkan nama dan email Anda lalu klik tombol Download Sekarang. Link download ebook ini akan dikirimkan ke email Anda dengan segera.

100% GRATIS. Bukan spam.