Bagaimana Membuat Postingan yang Disukai Pembaca dan Dicintai Google

Iskandaria saat berkomentar di cara membuat paragraf pembuka berbagi pengalamannya seperti ini:

Tapi ada satu hal yang sangat berpotensi menghambat penerapan tips-tips jitu di atas. Apa itu? Dorongan untuk men-SEO-kan postingan dengan cara pembombardiran keyword yang dibidik pada paragraf pertama. Termasuk penyisipan link pada anchor teks (keyword) yang dibidik. Itu juga bisa membuat tata bahasa di paragraf pertama menjadi kurang alami (jangggal). Dan saya jujur aja masih suka terhambat oleh hal tersebut. Masih suka memaksakan penyisipan keyword yang dibidik pada paragraf pembuka.

Intinya, paragraf pertama menjadi kurang alami karena adanya penyisipan dan pengulangan kata kunci demi Search Engine Optimization (SEO). Lalu bagaimana cara membuat postingan yang alami (disukai pembaca) sekaligus dicintai Google?

Di bawah ini adalah 2 tips praktisnya yang mudah-mudahan bermanfaat bagi Anda.

1. Menulislah untuk pembaca

Mengapa ada pembombardiran kata kunci di paragraf pertama? Ini karena adanya saran yang menyebutkan bahwa penyisipan kata kunci di 100 kata pertama akan berpengaruh baik terhadap posisi postingan di mesin pencari.

Saran ini ada benarnya. Sejumlah postingan yang saya buat dengan mengikuti saran ini berhasil menempati 10 besar di Google untuk kata kunci yang dibidik. Hal yang sama mungkin juga pernah Anda alami.

Namun, kelemahan postingan ini adalah mengabaikan kenyamanan pembaca.Selain itu, pembaca yang memahami SEO akan sangat mudah mengidentifikasi adanya pengulangan kata kunci sehingga besar kemungkinan ia tidak menyukai postingan seperti itu.

Menurut saya, solusi tepat untuk mengatasi masalah ini adalah:

  • Menulislah untuk pembaca (writing for people first). Menulislah secara natural dan memberikan manfaat bagi pembaca tanpa harus membombardir kata kunci. Hal ini selaras dengan pernyataan Google berikut:

Our general advice is: Always focus on the users and not on search engines when developing your optimization strategy. Ask yourself what creates value for your users. Investing in the quality of your content and thereby earning natural backlinks benefits both the users and drives more qualified traffic to your site. Keep in mind that nowadays search engines reward sweat-of-the-brow work on content that bait natural links given by choice.

2. Gunakan Plugin All in One SEO Pack

Setelah menulis postingan yang tujuan pertamanya untuk pembaca, saatnya “mempercantik ostingan tersebut agar dicintai Google. Bagi Anda yang menggunakan wordpress.org, Anda bisa menggunakan plugin All in One SEO Pack.

Dengan menggunakan plugin ini, Anda bisa menambahkan deskripsi sebanyak 160 karakter, kata kunci, dan judul yang mengandung kata kunci. Asyiknya, walaupun diulang-ulang, kata kunci ini tidak akan muncul di postingan (tidak mengganggu pembaca) dan tentunya dibaca Google.

Comments

    • says

      Itu lebih bagus Mas Setiawan, kan write to people first.
      Heading (format H1, H2, dst) bagus untuk membuat subjudul yang memudahkan pembaca, plus berpengaruh juga terhadap SEO.

  1. Miss Cyber says

    selalu saja ada yang baru disini
    terimakasih informasinya …
    .-= Postingan terbaru Miss Cyber………………Alasan Twitter Sering Alami Gangguan =-.

  2. says

    Wah, kalo pengalaman saya dengan blogspot sih membuktikan, bahwa penyisipan keyword utama yang dibidik pada paragraf pertama (atau terakhir) LUMAYAN membantu SEO postingan tersebut. Ini sering terjadi ketika saya mengecek keyword dari pengunjung. Hasil indeks di halaman pencarian memang lebih banyak/lebih sering nyantol di paragraf pertama.

    Itu dengan catatan jika keyword yang digunakan pencari lebih banyak terdapat pada judul. Tapi kalo menggunakan keyword yang lebih spesifik (yang cuma nyangkut satu kata saja pada judul), hasil indeks lebih sering memberikan referensi dari paragraf lain (selain paragraf pertama dan terakhir). Tentunya pada paragraf yang mengandung keyword spesifik tersebut.

    Contoh, coba kang Yudiono ketikkan keyword “KELEMAHAN GITA GUTAWA” pada google :)

    Makasih kang buat kutipan komentar saya.
    .-= Postingan terbaru iskandaria………………Memasang Menu Top Komentator pada Blog, Perlukah? =-.

    • says

      Wow, postingan Anda no 1 di Google dengan kata kunci kelemahan Gita Gutawa. Selamat Mas.

      Memang benar bahwa penyisipan kata kunci di paragraf pertama bagus untuk SEO karena Google membaca dari kiri atas sampai kanan bawah.

      Kalau Google membaca dari kanan bawah ke atas, kita harus menaruh kata kunci di kanan bawah ;)

      • says

        Hehehe..bener banget Kang.

        Oya, solusi terbaik mungkin tetap harus menyisipkan keyword utama yang dibidik pada paragraf pembuka (secara wajar), namun harus dibarengi dengan kealamian tata bahasanya. Saya kira itu jalan terbaik. Tapi itu mungkin cuma buat blogspot/blogger.

        Kalo buat WP org sih kayaknya udah sangat terbantu dengan plugin SEO all in one pack :D
        .-= Postingan terbaru iskandaria………………Memasang Menu Top Komentator pada Blog, Perlukah? =-.

  3. mbah gendeng says

    maaf baru sempat mampir cz lagi ujian nih mo ngabsen dulu y bos maaf nek ngasih sampah comment

    emang plugin all in one seo pack bermanfaat tah???? yamg mbah tau c meta keywords tuh udah g dipakai lagi…. tapi g tau lagi y nek salah

  4. says

    Makasih Ilmunya…
    Oh iya, Alexa Rank kita kok hampir sama ya Mas… 117 ribuan :D
    .-= Postingan terbaru marsudiyanto………………Commercial Mailboxes =-.

  5. aldy says

    Sesuatu yang aneh ada pada diri saya, karena tujuan utama saya ngeblog hanya untuk sharing, saya tidak pernah memikirkan apakah paragraf pertama ini tersebut disenangi oleh search engine atau tidak. Saya hanya mencoba memberikan gambaran singkat, katakalah sebuah ringkasan untuk materi postingan.
    Saya malah lebih mementingkan kemudahan pembaca. Search engine punya alogaritma sendiri yang sampai sekarang masih sulit saya pahami.
    .-= Postingan terbaru aldy………………Windows System Restore : Untuk Apa ? =-.

    • says

      Mas Aldy,
      Memang semuanya tergantung dari tujuan ngeblog. Kalau sekedar sharing (just for fun, mengisi waktu, dll), SEO, Alexa, PR, dan Technorati tidak menjadi soal (tidak perlu diperhatikan). Yang penting ngeblog saja kan ;)

      Namun berbeda jika Anda tujuannya make money blogging. SEO penting untuk menjaring pengunjung dari mesin pencari. Terlebih bila Anda memonetisasi blog dengan Adsense. SEO WAJIB dikuasai karena pengunjung dari mesin pencari adalah pengunjung yang berkualitas jika mengklik iklan adsense.

      Namun, tetap prioritas utama adalah write for people first.

  6. says

    saya sepertinya tidak jauh berbeda dengan Mas Aldy,
    karena menulis di blg utk ujuan berbagi,agar tujuannya terlaksana, jadi berusaha membuat tulisan yg mudah difahami oleh pembaca.
    dan, memang saya juga nggak ngerti ttg keyword yang harus kita tembak .
    terima kasih sudah berbagi ilmunya, Mas.
    Salam.

  7. achmad sholeh says

    trimakasih informasi ini sangat berguna bagi saya, karena selama ini saya menulis secara alami saja tanpa memperhitungkan seo, keyword dan lainnya
    .-= Postingan terbaru achmad sholeh………………Berburu Lowongan CPNS =-.

    • Blogger Ingusan says

      Sama mas. selama ini saya alas nulis aja, maklumlah masih ingusan :-)
      .-= Postingan terbaru Blogger Ingusan………………Gratis 3 Blog dgn Domain .COM =-.

  8. says

    Saya setuju sekali Menulislah untuk pembaca. Saya kira jika berorientasi kepada SEO, search engine juga nantinya akan menerapkan algoritma baru untuk pengindexan yang lebih baik. jadi jika seandainya menerapkan salah satu metode SEO sekarang, bukan tidak mungkin nantinya Metode SEO ini tidak akan berlaku lagi karena search engine menerapkan Algoritma baru dalam pengindexan. so Fokus aja terhadap pembaca. Just My Opinion
    .-= Postingan terbaru Deka………………Ingatlah Wahai Pemuda Pemudi Indonesia =-.

  9. munawar am says

    saya biasa menuliskan Sahabat Blogger di dalam postingan untuk “mengajak” pembaca berdialog di dalam posting tersebut; istilah lainnya readership. kalau urusan seornya saya serahkan ke AIOSP plugin.

  10. Zaiful Anwar says

    Kang saya mengunakan All in Seo.
    tetapi kok ada text “All in One SEO Pack has new options. Go to the admin page to enable and configure the plugin.” masuknya apa kang dan gina cara settingnya.

  11. says

    wuakakaka…..

    aku juga masih suka pake SEO di awal paragraf bos..!
    jadi kalimat awalanya suka rada rada aneh.., bagi bloggger mungkin bisa maklum kalau itu untuk kepentingan SEO, tapi bagi pengunjung non blogger artikel itu mungkin kelihatan aneh, yah..?
    .-= Postingan terbaru gen………………Tipe tipe Jomblo dan Ciri Cirinya =-.

  12. says

    nice post gan,oh ya ada beberapa keyword yg respon indexnya lambat bahkan ditolak Search Engine khususnya blog dgn bahasa inggris… semisal:

    “a able about above abroad according accordingly across actually adj after afterwards again against ago ahead ain’t all allow allows almost alone along alongside already also although always am amid amidst”

    655 kata kata lainnya bisa di liat disini :
    http://transformatix.blogspot.com/2009/04/655-kata-yang-biasa-ditolak-oleh-search.html

    salam

  13. says

    Saya benar-benar newbie masih bingung tentang SEO apalagi belajar ngeblog hanya dari blog to blog jadi blog saya masih simpang siur, amburadul dan sangat jauh dari yang saya harapkan, info ini membuat saya bersemangat

  14. says

    Saya juga setuju dengan anda, menulis itu seharusnya untuk pembaca dan tidak untuk search engine. Penulisan blog yang ditujukan untuk search engine jatuhnya akan sangat jelek bila kita sendiri yang membacanya, selain itu jika berlebihan bisa amburadul dan mengurangi nilai informasi yang kita sajikan dalam blog
    Nice share blogodolar dan sukses selalu untuk Kang Yudiono..

  15. yoedha says

    bagus sekali mas artikelnya..
    sangat membantu bagi saya yang masih belajar tentang SEO..
    terimakasih..