7 Trik yang Saya Lakukan untuk Menjadi Nomor 1 di Google

Menjadi nomor 1 di Google merupakan salah satu target yang diinginkan para blogger. Mengapa? Pertama, Google adalah mesin pencari yang paling banyak digunakan orang di seluruh dunia sehingga peluang menjaring pengunjung semakin besar. Kedua adalah prestise (gengsi).

Tak heran muncul istilah search engine optimization (SEO) yaitu upaya yang dilakukan untuk mengoptimisasi blog atau situs agar posisinya relatif baik di mesin pencari. Upaya ini dibagi menjadi dua yaitu optimisasi dalam blog (SEO on page) dan optimisasi off page (SEO off page).

Pada postingan ini saya berbagi trik-trik yang saya lakukan untuk menjadikan blog atau postingan saya menempati posisi nomor satu di Google.

Rekam Jejak

Agar tidak hanya sekadar teori, saya informasikan rekam jejak (track record) saya di SEO. Saya mengenal istilah ini ketika mulai ngeblog di wordpress gratisan. Dengan lugunya saya menyerap beberapa tutorial dari blog dalam negeri. Hasilnya, saya bingung.

Akhirnya, kebingungan ini pudar setelah saya membaca e-book karya Brad Callen yang berjudul SEO Made Easy. E-book ini berisi dasar-dasar SEO on page dan off page yang bagus dibaca bagi pemula. Silakan cari judul e-book tersebut di Google kalau Anda menginginkannya.

Dengan e-book tersebut saya untuk pertama kalinya mengikuti kontes SEO. Setelah 2 bulan melakukan optimisasi, blog gratisan saya muncul di urutan kelima. Sayangnya, hasil ini tidak diakui penyelenggara, padahal pemenang pertama kontes ini sudah mengucapkan selamat kepada saya.

Terlepas dari itu, saya tetap menggunakan tips dari Brad Callen bila saya hendak melakukan SEO. Tidak semua postingan saya optimisasi, namun beberapa saja yang mungkin saja banyak dicari orang.

Trik yang saya lakukan sebagian besar sama dengan yang dilakukan oleh orang lain yaitu SEO on page dan SEO off page.

SEO on page

SEO on page yang saya lakukan adalah:

1. Menggunakan Plugin SEO All in One Pack

Seperti yang Anda lihat pada screen shoot di atas, Google menampilkan judul dan deskripsi di hasil pencariannya. Jadi, masukkan 1-3 kata kunci yang Anda optimisasi. Pada blog wordpress.org, saya menggunakan plugin SEO All in One Pack. Plugin ini bisa digunakan untuk mengoptimasi judul dan deskripsi blog atau postingan.

Referensi:

2. Memasukkan kata kunci di paragraf pembuka postingan

Saya masukkan 1-2 kata kunci di setiap paragraf pembuka yang dibuat. Saya memasukkan kata kunci ini sealami mungkin agar tidak mengganggu pembaca dan dianggap spam.

3. Format sub judul postingan

Struktur tulisan yang sistematis bukan hanya disukai pembaca, namun disenangi pula sama “laba-laba” Google saat datang mengindeks suatu blog. Untuk tujuan ini, saya memformat sub judul bila postingan yang saya buat memerlukannya.

Referensi: Cara Menampilkan dan Menggunakan Kitchen Sink untuk SEO On page

4. Link internal

Link internal adalah link yang dibuat untuk menautkan postingan dengan postingan sebelumnya. Bagaimana dampak link internal terhadap hasil penelusuran Google? Dalam pandangan saya hasilnya cukup bagus.

Saat mengikuti kontes SEO, saya membuat banyak link dengan kata kunci yang dibidik (anchor text) di hampir seluruh postingan yang saya buat. Hasilnya, postingan saya masuk 5 besar. Namun, cara ini kurang elegan karena link saya taruh di postingan yang tidak berhubungan dengan topik yang dibahas.

Saat ini, saya hanya membuat link internal ke postingan sebelumnya bila topiknya berkaitan. Selain bertujuan SEO, ini untuk memudahkan pembaca memperoleh informasi relevan di postingan sebelumnya.

5. Membeli domain berkata kunci

Domain yang mengandung kata kunci sangat bagus posisinya di mesin pencari. Sebagai contoh, saya menembak kata kunci paper writing. Maka domain yang saya beli bisa paperwritingtips.com, paperwritingcenter.com, dan sebagainya.

SEO off page

SEO off page lebih dahsyat dampaknya dibanding SEO on page. Untuk melakukannya saya melakukan hal-hal berikut:

6. Membuat back link dari blog-blog yang saya miliki

Backlink ini saya buat di postingan, sidebar, footer, atau halaman blog. Sebagai contoh, postingan ini salah satunya membacklink ke Problogkator dengan anchor text jasa pembuatan blog.

7. Backlink dari Blog Lain

Backlink ini diperoleh jika blogger lain mereferensikan postingan atau blog yang saya miliki. Saya berusaha membuat postingan yang unik dan bermanfaat agar direferensikan oleh blogger lain.

Selain itu, saya pernah membacklink di salah satu postingan blogger tamu. Tentunya ini harus disesuaikan dengan persyaratan yang diijinkan oleh pemilik blog agar terlihat profesional.

Itulah trik-trik yang saya lakukan. Patut diingat, ini memerlukan waktu dan bergantung dari ketatnya kompetisi kata kunci yang dibidik. Saya perlu waktu 6 bulan untuk menjadikan Problogkator menjadi nomor satu di Google untuk kata kunci jasa pembuatan blog.

Semoga ketujuh trik ini bermanfaat bagi Anda yang memerlukannya.

Comments

  1. aldrix says

    keren banget mas..
    baru pertama ini baca artikel tentang SEO lengkap disini..
    .-= Postingan terbaru aldrix………………Remember the senses of healthy before sick =-.

    • Hosting Termurah says

      Wow!!!

      seorang yang pernah menjadi jawara SEO (walau juara 5) tapi mau menuliskan langkah2 yg dilakukan utk meningkatkan rangking di search engine? salut!!

      Anda sangat baik hati karena mau membagikan ilmu anda secara gratis melalui posting di blog anda.

      saya pertama kali menggunakan plugin Platinum SEO Pack (rekan All in one SEO Pack), dan sekarang masih menggunakannya.

      Ehm…kenapa anda tidak melakukan submit url ke beberapa search engine? atau lupa menuliskannya? sara rasa ini juga berpengaruh terhadap rangking suatu website.

      Hosting Termurah Indonesia

  2. Dunia Komputer says

    Makasi tutornya kang. Saya juga melakukan beberapa hal yang sama dengan kang yudiono. Beberapa artikel saya menjadi pemuncak klasemen. Termasuk blog saya juga berda di urutan ke 2 dengan kata kunci Dunia Komputer. Namun, sayang saya ga pake WP. Plugin2 wp pendukung seo tersebut tidak bisa saya gunakan. Jadi ingin sekali menggunakan WP. Namun, pengetahuan saya tentang WP masih sangat minim sekali. Btw, sedikit out of topic mungkin. Saya mau nanya satu lagi. Hosting yang kang yudiono gunakan apa kang? Aksesnya cepat nie walau koneksi saya agak kendur nie. Makasi lagi sebelumnya.
    .-= Postingan terbaru Dunia Komputer………………Membatasi Akses Program pada Windows (Part 2) =-.

  3. Review Bisnis Online says

    Artikel yang menarik kang. Sepertinya WP sangat cocok sekali untuk SEO. Apalagi yang sedang ikutan konets SEO. Bisa dilihat dengan adanya plugin untuk SEO tersebut.
    .-= Postingan terbaru Review Bisnis Online………………Bekerja Online dengan Microworkers =-.

  4. says

    Makasih. Sy dpt hal baru lg di sini. Walaupun saat ini blogku sdh ada di hal. 1 tp ada ilmu baru yg kudapat dr artikel ini. Memang Brad Callen jago, aku jg langganan newsletternya tp krn Inggrisku acak adul, akhirnya ilmunya ga terserap semua. Hehehe…
    .-= Postingan terbaru belajar bisnis internet………………Banyak jalan menuju Roma =-.

  5. says

    Ada bahasa Indonesia-nya gak ya?
    .-= Postingan terbaru Epenkah………………Membuat Blog WordPress Self Hosted (bag.4 – Habis) =-.

  6. blogpopuler says

    Setuju dengan diatas dan saya sudah melakukan hal itu.
    .-= Postingan terbaru blogpopuler………………Waspada….Gempa Besar Di Sumatera Tinggal Menunggu Hari =-.

  7. says

    Wah makasih tipsnya… Kang Kabayan baru beberapa menerapkan beberapa tips saja…
    .-= Postingan terbaru Kang Kabayan………………Cara Praktis Kabayan Mencari Duit di Bisnis Online =-.

  8. says

    selamat pagi Kang, Blogodollar adalah salah satu favorit saya, karena banyak hal yang dapat dipelajari dan semuanya tidaklah instant tetapi melalui tahapan, btw Kang optimasi diatas bisakah kita terapkan dalam blogspot ? …

  9. ankgha says

    wajib dipakai nih caranya bos
    .-= Postingan terbaru ankgha………………Bahasa Khas Jogja : Jawa Campur Indonesia, Medoknya Jadi Hilang =-.

  10. Triagung.com says

    Alhamdulillah, saya juga sedang menerapakn onpage dan offpage..so artikel ini bermanfaat sekali,..

  11. dimasangga says

    wah, saya masih bingung nih dengan point yang ke-3. Sepertinya bukan hal yang mudah…
    .-= Postingan terbaru dimasangga………………Cara Membuat Blog Anda Menjadi Do Follow =-.

  12. says

    makasih mas infonya….saya benar2 gak ngerti SEO…saya gak pernah bisa masuk 10 besar google….saya bingung..mudah2-an dengan tips ini saya bisa…!

  13. says

    Banyak manfaat yang saya peroleh dari artikel in.
    akan saya coba satu persatu bang khusus keyword.
    selama ini saya agak cuek dengan keyword je
    Terima kasih atas tipnya
    salam hangat dari Blogcamp.
    .-= Postingan terbaru BlogCamp………………Pengumuman SupermanShow =-.

  14. bleach03 says

    salam persahabatan!
    Artikel yang Anda suguhkan sangat bermanfaat bagi kami blogger pemula.
    Trim’s udah sharing
    .-= Postingan terbaru bleach03………………WinX DVD Ripper Platinum v5.9.4 =-.

  15. Shopping says

    Nice trick friend !!
    .-= Postingan terbaru Shopping………………Comparison Shopping Secret =-.

  16. says

    Kebetulan Kang, saya baru memulai nge-blog, udah 3 bulanan.
    Jadi masih banyak istilah-istilah yang masih asing bagi saya.
    Jadi sekarang ini masih dalam taraf nyari-nyari ilmu.
    Kebetulan dapet blog Akang.
    Terima kasih atas semua triknya.

    Salam kenal.

  17. abiibeez says

    Jadi makin ngerti tentang optimasi SEO nih. saya sendiri sih masih fokus pada kualitas artikel untuk blog saya. The Content Is King, bgtu katanya kan? Saya percaya dengan artikel yang bernas dan berkualitas dan akan diperlukan disetiap masa, seperti tentang penddikan dan agama, blog kita akan maju. Tks Kang…

    • says

      Benar Mas, hal pertama adalah prioritaskan konten (content is king).
      Setelah itu baru memikirkan SEO (jika ingin mendapat banyak pengunjung dari mesin pencari).