7 Kendala yang Dihadapi Pembaca Blogodolar Dalam Menghasilkan Uang Lewat Ngeblog

Sebulan lalu saya memposting tentang apa kendala yang Anda hadapi dalam menghasilkan uang lewat ngeblog. Dari jawaban-jawaban yang Anda tuliskan pada postingan tersebut, saya mengompilasinya menjadi 7 kendala.

Berikut penjelasan singkat ketujuh kendala tersebut.

1. Manajemen waktu

Seperti diketahui, banyak blogger Indonesia yang ngeblog paruh waktu. Dampaknya mereka sering kesulitan mengelola waktu ngeblog karena harus mengerjakan pekerjaan atau profesi utamanya, entah itu sebagai mahasiswa/pelajar, pegawai negeri, atau karyawan swasta. Mereka yang menghadapi kendala ini antara lain:

2. Memilih kata kunci yang menguntungkan

Ada banyak kata kunci yang bisa Anda pilih, namun kata-kata kunci mana yang menguntungkan (profitable keywords)? Pengertian menguntungkan di sini adalah kata kunci yang rendah persaingannya di Top 10 Google sehingga blog Anda relatif mudah masuk ke posisi tersebut dan mulai menghasilkan uang. Sahabat-sahabat yang punya kendala ini antara lain:

  • Zulkifli
  • Pakde Cholik
  • Jaka

3. Menulis konten baik dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris

Tugas utama sebagai blogger adalah menulis konten, baik dalam bahasa Indonesia maupun dalam bahasa Inggris. Namun, ternyata banyak blogger yang kesulitan menulis konten tersebut. Mereka yang mengalami kesulitan ini antara lain:

4. Link building

Banyak teknik-teknik link building yang telah dikupas oleh para master SEO. Dari semua teknik-teknik tersebut, mana yang paling efektif dan aman tanpa takut penalti dari Google? Ternyata banyak blogger yang tidak mengetahui jawabannya. Mereka di antaranya adalah:

5. Modal

Tak dapat dipungkiri, ngeblog butuh modal seperti untuk membeli domain, sewa hosting, dan membayar jasa orang lain. Faktanya banyak blogger Indonesia yang kesulitan akan modal. Kesulitan ini bisa berakar dari tidak adanya uang atau tidak mau mengeluarkan uang karena khawatir gagal di dunia ngeblog. Beberapa sahabat yang menghadapi kendala modal adalah:

6. Jaringan internet yang lambat

Jaringan internet yang lambat sering membuat saya merana. Sebagai contoh, dalam 3 hari terakhir ini saya tidak bisa online karena koneksi internet Telkomsel Flash jelek sekali. Bukan 3G yang muncul, tapi 3g! Mereka yang mengalami kendala koneksi internet seperti saya antara lain:

7. Sepi pengunjung

Banyak blogger yang telah ngeblog cukup lama, namun ternyata blognya sepi pengunjung. Kendala sepi pengunjung ini dialami oleh Achmad Sholeh.

Comments

  1. says

    dalam membuat tulisan saya masih dipengaruhi faktor “mood”, jadi kalau moodnya hilang, terutama setelah lama ngga menulis, rasanya susah sekali untuk memulai lagi.
    Sekarang sedang coba lagi memaksakan diri menulis. Mudah-mudahan mood datang dan menetap jadi kebiasaan, keharusan. Amin

    Sukses Selalu Kang

    • Zhay says

      Sama dengan saya mas, nulis masih dipengaruhi mood dan latah…jika berkunjung ke blog yang berhasil dan mampu menghasilkan uang dari blognya segera saya latah untuk mengikuti jejaknya dengan menulis artikel, habis itu kendor lagi…tapi mudahan sekarang tidak lagi dan semoga semangat terus…semangat mas…

  2. achmad sholeh says

    mencari trafik dari US merupakan kendala terbesar saya mas, karena itu dampaknya GA nggak kunjung payout

  3. Kevin says

    ditunggu bahasan mengenai cara mengatasinya kang.
    terutama kalau kita dah berusaha maksimal, tapi masih tetep sepi pengunjung (nomer 7)

  4. says

    Anda salah paham bro. Siapa bilang Blogodolar akan saya jual? Saya berkomentar di postingan Daniel Scocco tersebut sekadar bertanya apakah dia berminat dengan blog non-english. Bukan nawarin. Mohon dibaca ulang komentar saya di DBT tersebut.

    1. Saya tidak mengerti dengan yang Anda maksud branding blog berpenghasilan jutaan dolar. Faktanya, penghasilan saya sekitar $2,000 (not million dollars).

    2. Saya dalam berkomentar selalu menggunakan nama saya dengan menggunakan URL Blogodolar. Komentar dengan anchor text terlihat seperti spam!

    3. Semua penghasilan yang saya infokan di sini adalah benar. 100% tidak ada rekayasa screenshot. Bagi saya, berbohong adalah dosa dan keuntungan yang didapat dari kebohongan akan tidak berkah.

    So, please deh…

  5. says

    Anda salah paham bro. Siapa bilang Blogodolar akan saya jual? Saya berkomentar di postingan Daniel Scocco tersebut sekadar bertanya apakah dia berminat dengan blog non-english. Bukan nawarin. Mohon dibaca ulang komentar saya di DBT tersebut.

    1. Saya tidak mengerti dengan yang Anda maksud branding blog berpenghasilan jutaan dolar. Faktanya, penghasilan saya sekitar $2,000 (not million dollars).

    2. Saya dalam berkomentar selalu menggunakan nama saya dengan menggunakan URL Blogodolar. Komentar dengan anchor text terlihat seperti spam!

    3. Semua penghasilan yang saya infokan di sini adalah benar. 100% tidak ada rekayasa screenshot. Bagi saya, berbohong adalah dosa dan keuntungan yang didapat dari kebohongan akan tidak berkah.

    So, please deh…

  6. says

    Jangan menyalahkan orang walau orang itu sesat dalam memberikan informasi tapi intropeksi diri apakah informasi yg kita dapat benar2 bisa memberikan solusi buat kita ato tidak? Walaupun saya baru 3 hari mengenal blogodolar tapi bagi saya blogodolar merupakan blog pembelajaran yang tepat bagi para blogger yg masih ragu untuk menekuni bisnis internet. Sesudah 5 tahun ngeblog akhirnya dapat pembayaran pertama dari GA, Smoga dgn tips dari Blogodolar bisa dapat gajian dr GA tiap bulan. Thx for share bro Yudiono

  7. says

    ngeblog tidak ada masalah untuk saya.

    misalkan waktu, dana dan pengunjung tidak ada masalah.
    tetapi masalah muncul ketika tidak ada pendapatan yang didapatdari blog itu,
    padahal sudah dipasang google adsense.

    simpelnya,
    tidak ada yang klik iklan
    huhuhu.

  8. Rimbo News says

    Kalau saya kendala paling besar adalah bahasa. gak bisa bahasa inggris, jadi ya terpaksa buat blog bahasa indonesia aja :D

  9. ariswanto says

    Kalau saya sepertinya masuk semua kategori di atas tuh :D.
    Mungkin saat ini belum berbakat buat meng-uangkan blog. Hehe..

  10. Yayan says

    Alhamdulilah, walaupun saya masuk deretan di Nomor 3. Saya tidak berhenti untuk mendapatkan dollar dari blog. Namanya bisnis saya harus mencari solusinya. Dengan Outsorce Penulis, kendala Nomor 3 bisa saya atasi. Harapan kedepan sih bisa menulis sendiri. Learning by Doing daripada kehilangan kesempatan dengan menunda-nunda waktu… Bener kan kang?

  11. syuhada says

    betul kang dengan yang kang yudi katakan. apalagi kerja dan kuliah saya masih saya tekuni.
    tapi terima kasih kang, ternyata nama saya jadi link ke blog saya.
    terima kasih banyak kang.

  12. says

    wah,,benar banget ke 7 itu,,saya juga mengalaminya,apalgi dalam meningkatkan pengunjung,hhe,
    terima kasih informasinya,,salam kenal

  13. dero says

    setiap masalah pasti ada solusinya karena jalan menuju kesuksesan memang berliku dengan adanya postingan ini saya jadi bisa menilai kekurangan saya dan bisa secara tertulis mempelajari apa yang harus dipelajari untuk jadi blogger handal seperti kang yudiono untuk saat ini ada beberapa poin yang sudah dan belum bisa saya lakukan sendiri sehingga outsourcing secara bijak bisa membantu saya.. :D

  14. says

    Kalau saya mengenai kecepatan koneksi internet yang menjadi sedikit kendala, maklum, pake paket 3 bulan cuma bayar sekali. hehe
    Adakah teman-teman di sini punya referensi koneksi internet yang bagus namun harganya bersahabat ?
    :)

  15. says

    Kendala saya ada di no 8 biar nanti di tambah, sewaktu beli domain salah ketik dah terlanjur $10 hilang. karena teledor jadi g semangat posting hohoho…
    menurut saya belajar ngeblog susah-susah gampang, kuncinya adalah diri kita sendiri ,orang yang suka menulis/posting dan mau belajar pasti nantinya uang datang sendiri, so kl belum apa2x udh berharap $$ dan $$ itu NGIMPiiii… jadi cintailah blog anda seperti mencintai pacar anda kl g di posting dia akan bilang PUTUSSSS…hehehehhe….

  16. says

    Betul banget mas,,
    Ngeblog memang gampang2 susah, harus butuh kesabaran, fokus dan tetap konsisten.
    salam kenal aja mas, saya sdh beberapa kali berkunjung ke blog ini, tapi baru menyempatkan diri
    utk berkirim komentar.
    Saya salut sama mas karena ngeblognya tetap bisa konsisten hingga sampai tahap menghasilkan uang…

    Salam sukses

  17. sutikno says

    saya baru aktif blogging 2 bulan ini, meski belum ada pengunjung, namun saya berusaha terus membaca. sayapun sampai saat ini belum belum mengerti cara penempatan keyword yang baik. makasih infonya.

  18. says

    bagi yang mau cari uang di internet silahkan click nma saya untuk mendaftar. terbukti membayar membernya dari tahun 2007.GRATIS.untuk pembuktian dan caranya silahkan aktif di forum

  19. Fajar says

    saya jg masalah waktu gan.ngga konsisten jg.bnyak tau jd bngung,ngga tau apa2 dbilang gaptek.serba bingung -_-’

  20. Bloge Wonk Cerbon says

    kebetulan sayai memiliki kendala sepi pengnjung, sama seperti yg di hadapi saudara Achmad Sholeh, jadi saya tunggu tema tentang solusi menghadapi 7 kendala ini gan.

  21. Pengetahuan Produksi says

    Alasan-alasan yang disebut memang merupakan kendala dalam melanjutkan blogging secara berkesinambungan (continue). Perlu time dan finance management yang baik.

  22. says

    kalau saya sudah mengatur waktu dan meluangkan waktu khusus untuk blog saya, ada beberapa blog saya yang sudah dimonetisasi, tapi yang menjadi permasalahan adalah jumlah klik yang masih sedikit, saya sudah mencoba melakukan beberapa hal seperti cara penempatan iklan,penggunaan template ads yang mendukung tapi hasilnya masih sama, ada tips khusus gak mas bagaimana menciptakan budaya visitor yang loyal ? sehingga akan meningkatkan klik ads.
    mohon masukannya

  23. Basri Abdullah says

    Melihat tulisan-tulisan anda yang inspiratif, saya menilai anda sebagai seorang blogger yang visioner, punya target yang jelas kedepannya, jadi sudah tepat jika saya menimba ilmu disini.artikel anda selalu ditunggu
    Best regards