7 Kendala yang Dihadapi Pembaca Blogodolar Dalam Menghasilkan Uang Lewat Ngeblog

Sebulan lalu saya memposting tentang apa kendala yang Anda hadapi dalam menghasilkan uang lewat ngeblog. Dari jawaban-jawaban yang Anda tuliskan pada postingan tersebut, saya mengompilasinya menjadi 7 kendala.

Berikut penjelasan singkat ketujuh kendala tersebut.

1. Manajemen waktu

Seperti diketahui, banyak blogger Indonesia yang ngeblog paruh waktu. Dampaknya mereka sering kesulitan mengelola waktu ngeblog karena harus mengerjakan pekerjaan atau profesi utamanya, entah itu sebagai mahasiswa/pelajar, pegawai negeri, atau karyawan swasta. Mereka yang menghadapi kendala ini antara lain:

2. Memilih kata kunci yang menguntungkan

Ada banyak kata kunci yang bisa Anda pilih, namun kata-kata kunci mana yang menguntungkan (profitable keywords)? Pengertian menguntungkan di sini adalah kata kunci yang rendah persaingannya di Top 10 Google sehingga blog Anda relatif mudah masuk ke posisi tersebut dan mulai menghasilkan uang. Sahabat-sahabat yang punya kendala ini antara lain:

  • Zulkifli
  • Pakde Cholik
  • Jaka

3. Menulis konten baik dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris

Tugas utama sebagai blogger adalah menulis konten, baik dalam bahasa Indonesia maupun dalam bahasa Inggris. Namun, ternyata banyak blogger yang kesulitan menulis konten tersebut. Mereka yang mengalami kesulitan ini antara lain:

4. Link building

Banyak teknik-teknik link building yang telah dikupas oleh para master SEO. Dari semua teknik-teknik tersebut, mana yang paling efektif dan aman tanpa takut penalti dari Google? Ternyata banyak blogger yang tidak mengetahui jawabannya. Mereka di antaranya adalah:

5. Modal

Tak dapat dipungkiri, ngeblog butuh modal seperti untuk membeli domain, sewa hosting, dan membayar jasa orang lain. Faktanya banyak blogger Indonesia yang kesulitan akan modal. Kesulitan ini bisa berakar dari tidak adanya uang atau tidak mau mengeluarkan uang karena khawatir gagal di dunia ngeblog. Beberapa sahabat yang menghadapi kendala modal adalah:

6. Jaringan internet yang lambat

Jaringan internet yang lambat sering membuat saya merana. Sebagai contoh, dalam 3 hari terakhir ini saya tidak bisa online karena koneksi internet Telkomsel Flash jelek sekali. Bukan 3G yang muncul, tapi 3g! Mereka yang mengalami kendala koneksi internet seperti saya antara lain:

7. Sepi pengunjung

Banyak blogger yang telah ngeblog cukup lama, namun ternyata blognya sepi pengunjung. Kendala sepi pengunjung ini dialami oleh Achmad Sholeh.

Ebook Gratis untuk Anda

cover bawah postDownload (unduh) ebook Cara Saya Menghasilkan Rp 620 Juta dari Blog. Dengan mengunduhnya, Anda sekaligus berlangganan newsletter Blogodolar. Manfaat berlangganan newsletter ini antara lain Anda akan mendapatkan diskon 50% dari buku-buku terbaru saya dan tips/trik ngeblog yang belum pernah saya publikasikan di Blogodolar. Download sekarang juga.