7 Blogger Kondang yang Selalu Saya Nantikan Postingannya

Postingan ini adalah bagian ketiga dari postingan berseri Fase Ngeblog Saya. Bagian pertama dan kedua bisa Anda simak di akhir postingan ini.

Selain belajar dari pengalaman ngeblog sendiri, saya juga belajar dari pengalaman ngeblog blogger lain yang biasanya mereka tuangkan dalam postingannya. Dari puluhan blogger yang saya ketahui, 7 blogger di bawah ini selalu saya nantikan postingannya.

Sebagai pengantarnya, saya informasikan terlebih dahulu bagaimana saya menemukan blog mereka. Hal ini saya pikir cukup penting karena berkaitan dengan urutan penuturan ketujuh blogger tersebut.

Bermula dari Caroline Middlebrook

Sebulan setelah saya mengetahui bahwa blog wordpress gartisan saya tidak bakal mendapat job dari Blogsvertise, saya mencoba mencari alternatif lain. Saya membuka Google dan mengetikkan frase make money blogging with wordpress. Dari penelusuran itu, saya menemukan eBook gratis mengenai cara membuat niche blog yang ditulis oleh Caroline Middlebrook.

Saya pun mengunduh eBook blogger wanita asal Inggris tersebut. Saya kepincut oleh gaya menulis Caroline yang mudah dipahami dan kejujurannya menaruh link afiliasi dalam eBook tersebut. Setelah itu saya pun bolak-balik ke blognya.

Dalam salah satu postingannya, ia menyebut-nyebut Yaro Starak dan merekomendasikan blogger asal Australia tersebut. Karena penasaran, saya pun berkunjung ke blog Yaro. Dari blog dialah saya selanjutnya mengenal Maki, Darren Rowse, Daniel Scocco, dan Brian Clark yang akan saya informasikan di bawah ini.

Sebagai catatan, saya tidak menaruh link blognya Caroline karena diarahkan ke sebuah situs. Entah karena blognya sudah tidak ada ataupun ada suatu problem.

7 Blogger Kondang

1. Yaro Starak

Yaro StarakKesan pertama ketika saya berkunjung ke blognya Yaro, Entrepreneurs Journey, adalah dia blogger yang kaya dari blognya. Hal ini tercermin dari halaman about-nya yang menampilkan foto-foto dia dengan rumah dan mobil barunya dari aktivitas ngeblognya.

Saya pun menyimak beberapa postingannya yang banyak mengupas internet marketing, pengembangan diri dan tutorial ngeblog. Tak lupa saya pun mengunduh eBook-nya yaitu Blog Profit Blueprints yang mengupas bagaimana cara membuat blog menjadi mesin uang.

Bukan jalan pintas yang diajarkannya, namun pola pikir ngeblog secara benar yang pada tahap awal adalah fokus pada pembuatan konten pilar.

Satu lagi yang menarik dari eBook tersebut adalah Yaro menampilkan foto-fotonya bersama blogger kondang lainnya, salah satunya Darren Rowse. Saya pun menelusuri blognya Darren karena penasaran mengapa Yaro mau berfoto sama dia.

2. Darren Rowse

Darren RowseDarren Rowse adalah pemilik Problogger. Kesan pertama saya terhadap blog ini adalah jumlah pelanggan RSS-nya yang melebihi jumlah pelanggan blognya Yaro. Ada apa dengan Darren, begitu pikir saya waktu itu.

Ternyata Darren lebih duluan kondang dibanding Yaro. Bahkan, ada salah satu postingannya yang memuat tulisan tamu dari Yaro.

Darren juga lebih banyak mengupas tips-tips ngeblog yang memang sedang saya cari-cari. Tips-tipsnya ini berupa pengalaman dia selama bertahun-tahun ngeblog. Selain tulisannya mudah dipahamai dan terstruktur dengan baik, Darren juga sering menampilkan beragam studi kasus dan tulisan tamu dari ratusan blogger tamu.

Ada yang bilang bahwa Darren adalah bapaknya blogger ngetop dunia karena banyaknya blogger tamu yang ngetop setelah menulis di blognya dan atau direkomendasikan Darren. Saya pikir ini adalah sebuah kolaborasi yang sama-sama menguntungkan bagi mereka.

3. Brian Clark

Brian ClarkSeperti halnya Darren Rowse, saya mengetahui Brian Clark juga dari Yaro Starak. Brian adalah editor dan pemilik Copyblogger, blog yang mengkhusukan diri kepada copywriting.

Awalnya saya menduga copywriting adalah teknik menulis dengan mencopy tulisan orang lain tanpa terlacak, namun ternyata copywriting adalah teknik menulis untuk mempromosikan orang, ide, produk, atau jasa.

Dari tulisan Brian, saya mengetahui bagaimana teknik-teknik membuat judul postingan yang menarik, menulis paragraf pembuka yang menarik bagi pembaca, dan beragam tips ngeblog lainnya. Selain tulisannya yang apik dan bermutu, Brian juga memiliki desain blog yang keren dan tertata apik karena menggunakan theme Thesis karya Chris Pearson yang terkenal itu.

4. Maki

Maki from Dosh DoshSaya sebenarnya sudah membaca nama Maki di eBook Caroline yang menyebutkan bahwa ia menggunakan theme Prosense untuk blog mininya. Namun, waktu itu saya belum tertarik dan mengunjungi blog Maki.

Saya baru tertarik kepada Maki saat Yaro Starak menulis bagaimana Maki memperoleh 10,000 pelanggan RSS dengan cara yang yang tidak biasa. Selain itu, Yaro juga menginformasikan bahwa Maki menolak diwawancarainya (entah karena apa).

Setelah membaca postingan itu saya pun mengunjungi blognya Maki yaitu Dosh Dosh. Ternyata benar, Maki adalah blogger luar biasa. Tulisannya mengenai internet marketing, social media, dan tips ngeblog sangat mendetail, tajam, dan tata bahasanya mudah dipahami.

Hal ini menyebabkan saya mengidolakannya. Bahkan, postingan Blogodolar di dua bulan pertama meniru format postingan Maki yaitu menggunakan gambar animasi perempuan.

Sayangnya, blogger asal Kanada ini saat ini tidak meng-update blognya lagi. Entah apa penyebabnya, padahal dulu ia disebut-sebut sebagai the rising star dunia ngeblog. Terlepas dari itu, saya sudah beberapa kali menulis tentang Maki. Jika Anda tertarik, silakan membacanya pada Doshdosh adalah Idola Saya dan Maki adalah Blogger Anomali.

5. Daniel Scocco

Daniel ScoccoHampir mirip dengan Maki, saya sebenarnya tahu Daniel Scocco dari menelusuri tulisan tamunya di Problogger. Kesan pertama saya terhadap blognya, Daily Blog Tips, adalah biasa-biasa saja. Tidak ada yang spesial, terlebih desain blognya yang sederhana sekali.

Namun, kesan pertama saya itu ternyata keliru. Dalam salah satu postingannya, Yaro Starak menyebut-nyebut bahwa Daniel adalah salah satu blogger ternama.

Saya pun berkunjung balik ke blognya Daniel dan membuka-buka arsip postingannya. Memang benar, blogger asal Brazil ini adalah blogger hebat dengan kreativitas dan kualitas tulisan hebat pula.

Ia pun kerap memasukkan prinsip-prinsip bisnis dalam aktvitas ngeblognya. Tak heran, saya kepincut dengan blognya. Bahkan, beberapa tulisan di Blogodolar saya adopsi dan adaptasi dari postingannya (contohnya Blogger Face Off). Salah satu pertanyaan saya juga pernah ia bahas di postingannya.

Bila Anda belum membacanya, silakan simak di Keuntungan Google Sitelinks Menurut Daily Blog Tips.

6. Leo Babauta

Leo BabautaLeo Babauta yang saya ketahui dari tulisan tamunya di Problogger adalah pemilik Zen Habits, blog yang membahas topik pengembangan diri. Ia berasal dari Selandia Baru, namun kinia tinggal di San Francisco.

Bapak dari enam orang anak ini merupakan blogger yang agresif membuat ratusan tulisan tamu di lusinan blog sebagai cara promosi efektifnya.

Selain dilandasi kualitas tulisannya yang mumpuni, caranya ini telah menggelembungkan jumlah pelanggan RSS-nya menjadi 100,000 dalam kurun waktu dua tahun. Saya tetap menantikan postingannya yang banyak menginspirasi saya dalam bidang pengembangan diri. Selain itu, saya juga menyukai desain blognya yang minimalis.

7. Ali Hale

Ali HaleAwalnya saya mengenal Ali Hale dari postingan tamunya di blognya Daniel. Dari namanya saya menduga bahwa ia adalah seorang laki-laki, namun ternyata ia adalah perempuan. Ada 3 hal yang membuat saya kepincut pemilik Aliventures ini.

Pertama, ia mengupas tuntas mengenai staff blogging yaitu mendapatkan uang dengan menjadi penulis lepas di blog-blog lain. Kedua, ia juga menguasai teknik menulis kreatif karena studi S-2 di bidang itu. Ketiga, ia mampu menjadi penulis tamu di blognya Yaro Starak, padahal blognya Yaro hanya menerima tulisan tamu dari blogger-blogger yang menjadi anggota kursus online-nya.

Itulah 7 blogger yang selalu saya nantikan postingannya. Pada postingan bagian keempat saya akan mengisahkan bagaimana saya pindah ke hosting berbayar. Ngomong-ngomong, jika Anda melewatkan bagian pertama dan kedua postingan berseri ini, silakan simak di Saya Mengenal Blog Secara Tidak Sengaja dan Bagaimana Saya Mengais Dolar Dengan Blog Gratisan.

Sumber Gambar: Ketujuh blog di atas

Comments

  1. says

    wah, smuanya blogger bule semua yah kang, hehe :D
    spertiny ane jg blum prnah baca tulisannya lngsung diblognya blogger2 diatas, maklum gak bisa basa inggris..T_T

    tapi sangat trbantulah waktu kang yudi dulu mngulas kmbali tlisannya jdi basa indnesia, kayak tlsannya bang daniel maupun bng bryan itu, hehe

  2. Artikel Komputer says

    Ga ada blogger dalam negeri ya Kang? Saya baru berlangganan sama Maki dan Darren aja nie. Saya mampir ke blogger yang lainnya dulu. Makasi infonya!

  3. ago says

    Langsung ke TKP lihat blog-blog yang ada diatas,, terima kasih postingannya Kang, untuk menambah motivasi dan pengetahuan,,

  4. dJumTKS Weblog says

    Sdh dari TKP… memang blogger kondang :-) yg perlu dijadikan referensi juga.
    semuanya sdh alexa dibawah 10k kecuali Ali hale dan yg minimalis+bebas iklan Zenhabits. Yg saya bookmark sblmnya cuma doshdosh yg sepertinya ‘ngak semangat ngeblog’ karna lbh 1/2 thn ngak diupdate.
    Blogger indonesianya siapa kang?

    • says

      Saya suka menyimak tulisannya Medhy Aginta (Blogguebo).
      Hal ini karena tata bahasanya tertib, topiknya menarik, dan tajam analisisnya.
      Just my opinion.

  5. says

    Saya hanya berlangganan rss sama Darren Rowse saja Kang..
    Ternyata bloger kondang lainya juga tidak kalah hebatnya ya..
    Thanks atas infonya kang..

  6. satrya says

    Satrya lebih suka dengan blogger wordpress dan webdesign, seperti sixrevision,smashingmagazine, problogdesign dll…

    • says

      No problem Mas.
      Kalau saya memang suka bog yang membahas Blogging.
      Sesekali saya juga mampir ke Smashing Magazine, Quick Online Tips, dan John Cow.
      Untuk bidang teknologi, saya suka menyimaknya di TechCrunch.

  7. iskandaria says

    Saya termasuk yang jarang sekali berkunjung ke blog luar negeri. Paling cuma situs download dan situs tentang coding. Mungkin oleh karena itulah, saya kurang mahir menulis tips blogging yang berbobot. Atau mungkinkah blog-blog berbahasa Indonesia jarang sekali yang berkualitas? Entahlah. Saya lihat lebih banyak yang mengidolakan blog-blog bule :lol:

  8. Zaiful Anwar says

    Wah kayaknya 2 orang dibawah saya belum tahu yuh. coba BW ke blog mereka dulu ya kang.

  9. Gus Ikhwan says

    Dari bebrapa blogger di atas ada yang pernah di wawancarai sama mas medhy aginta, saya sudah follow mereka kang dari dulu

  10. Blogger Cikarang says

    ternyata ini idolanya kang yudiono, wah bner kang kalo belajar harus pada ahlinya :)

  11. R J says

    Kang … Kayanya itu blog-blog yg fully commercial … Akang afiliasi (sebangsa-nya) dari mereka apa gimana ?

  12. alfatahyasin says

    itu aktor2 luar negeri semua kang.. :D

    yang pemain dalam negeri ada gak??
    pasti ada doonkkk….
    share ke kita2 donk… :D
    hehehe..

  13. says

    wah,, cara kang yudi membangun kredibilitas blogger2 di atas mantep mas..

    tapi adakah yg blog kang yudi tunggu2 yg berbahasa indo..