6 Ciri Postingan Pilar yang Merupakan Generator Trafik Terbaik untuk Blog Anda

Anda mungkin sering mendengar bahwa konten adalah raja (content is king). Ya, konten adalah raja karena untuk mendapat uang lewat blog kita butuh banyak trafik, dan generator trafik terbaik adalah konten.

Konten yang menjadi generator trafik seperti itu adalah postingan atau artikel pilar. Apa itu postingan pilar? Seperti apa jenis dan contoh postingan pilar? Apa keuntungan postingan pilar?

Jawabannya saya paparkan di bawah ini yang merupakan hasil penelusuran dari beberapa referensi.

Ciri-ciri Postingan Pilar

Apa itu artikel pilar? Sepanjang yang saya tahu, postingan pilar adalah postingan yang memiliki 6 ciri berikut:

  1. Terstruktur dengan baik dan memiliki lebih dari 750 kata
  2. Memberikan manfaat (nilai) bagi pembacanya
  3. Tidak ada batas waktunya.
  4. Asli (bukan copy paste) dan unik
  5. Banyak di-backlink oleh blog lain
  6. Menghasilkan banyak trafik dari mesin pencari (dampak dari banyaknya di-backlink)

Berbeda dengan postingan biasa, kita membutuhkan waktu dan energi lebih banyak dalam dalam membuat postingan pilar. Mengapa?

Ini karena kita mesti menelusuri dan menelaah beragam sumber, serta melakukan riset online.

Lamanya waktu ini bersifat relatif. Beberapa blogger dunia menyebutkan bahwa mereka perlu waktu 3-7 hari untuk membuat sebuah postingan pilar.

Keuntungan Postingan Pilar

Mungkin Anda berpikir bahwa untuk apa mendedikasikan waktu seperti itu untuk sebuah postingan. Jika demikian, Anda simak pepatah berikut: you get what you pay for?

Ya, waktu dan energi yang Anda keluarkan akan sepadan dengan keuntungan yang diperoleh.

Berikut keuntungan-keuntungan yang akan Anda peroleh jika Anda membuat postingan pilar.

1. Membentuk kredibilitas

Ketika pengunjung membaca postingan pillar Anda, mereka akan terkesan dan besar kemungkinan mereka akan berpikir begini: “Wow. Ini mengagumkan dan bermanfaat sekali. Saya akan mem-bookmark postingan ini dan memberitahukannya kepada pembaca blog saya dengan cara membacklinknya”

Meniru pernyataan dari sebuah sebuah iklan, postingan pilar Anda memberikan kesan pertama yang begitu menggoda. Selanjutnya mereka akan berkunjung lagi dan lagi.

Inilah apa yang disebut kredibilitas (kepercayaan) kepada blog Anda. Kredibilitas ini penting karena menunjang kesuksesan sebuah blog.

2. Trafik jangka panjang

Dalam jangka waktu yang panjang, postingan pilar akan menguntungkan Anda karena menghasilkan trafik. Dua alasan utamanya adalah di bawah ini.

  • Menempati posisi yang baik (umumnya posisi satu) di mesin pencari untuk kata kunci yang dibidik karena banyak di-backlink oleh blog lain.
  • Masih menarik dan relevan dibaca oleh pengunjung di masa mendatang karena sifatnya yang tidak kedaluarsa.

Jenis dan contoh Postingan Pilar

Dari beberapa referensi yang saya baca, jenis-jenis postingan pilar adalah sebagai berikut. Adapun contoh yang saya sajikan bersifat subjektif, yang tujuannya sekadar menambah wawasan Anda.

Apakah Anda ingin membentuk kredibilitas dan memperoleh trafik jangka panjang? Jika ya, apa yang Anda tunggu lagi?

Buat postingan pilar mulai sekarang!

Ebook Gratis untuk Anda

cover bawah postDownload (unduh) ebook Cara Saya Menghasilkan Rp 620 Juta dari Blog. Dengan mengunduhnya, Anda sekaligus berlangganan newsletter Blogodolar. Manfaat berlangganan newsletter ini antara lain Anda akan mendapatkan diskon 50% dari buku-buku terbaru saya dan tips/trik ngeblog yang belum pernah saya publikasikan di Blogodolar. Download sekarang juga.