5 Sikap yang Menjadikan Anda Sukses dalam Mendapat Uang Lewat Blog

Beberapa hari lalu saya menginformasikan bahwa saya harus memiliki wawasan bisnis dengan membeli 9 buah buku bisnis. Salah satu buku yang menggetarkan saya adalah buku Marketing Muhammad karena menjelaskan secara gamblang rahasia sukses nabi Muhammad dalam memenangi persaingan pasar.

Rahasia sukses ini terdiri dari 5 sikap yaitu jujur, ikhlas, profesional, silaturahmi, dan murah hati. Setelah merenungkannya, saya memahami bahwa konsep ini berlaku pula untuk mendapat uang lewat blog. Berikut ini adalah penjelasannya yang bisa membantu Anda sukses dalam mendapat uang lewat blog.

1. Jujur

Semua blogger yang tujuannya mendapat uang lewat blog punya harapan mendapat uang atau dolar dengan jumlah yang banyak. Namun, bagaimana apabila hasil yang diharapkan tidak juga muncul? Padahal telah banyak kiat, tips, dan cara yang digunakan.

Dalam menghadapi keadaan di atas, banyak blogger yang tidak berputus asa dan terus menggali pengetahuan, sehingga pada akhirnya muncul solusi bagi permasalahan mereka. Ada pula blogger yang kemudian menyerah dan beralih ke bidang lain (berhenti ngeblog).

Tak sedikit pula blogger yang kemudian memilih menggunakan jalan pintas dengan mendobrak dinding etika. Mereka berlaku tidak jujur, seperti:

  • Menjelekkan pesaingnya
  • Membesarkan produk secara berlebihan yang sebenarnya tidak mencerminkan keadaan sesungguhnya
  • Menyajikan data yang bohong
  • Melanggar syarat dan ketentuan dari program yang diikutinya (curang)

Apa dampak tidak jujur?

Karena jujur merupakan peraturan sosial yang tidak tertulis, maka hukuman bagi yang tidak jujur juga bersifat sosial. Contoh-contoh hukumannya adalah dijauhi, diacuhkan, dan yang paling parah dimasukkan dalam daftar hitam oleh para blogger atau penyedia program monetisasi.

Jadi, dari pemaparan di atas, sudah jelas bahwa jujur adalah sikap pertama yang harus dimiliki para blogger yang ingin sukses make money blogging.

2. Ikhlas

Sikap ikhlas akan membentuk pribadi blogger yang tidak lagi memandang materi sebagai tujuan utama. Namun, lebih terbuka terhadap semua keuntungan, baik bersifat materi maupun non materi.

Seperti kita ketahui bersama, ngeblog dipilari oleh membuat konten bermutu, membangun jaringan, promosi, dan monetisasi. Melakukan keempat pilar ini tidak semudah membalikkan tangan karena membutuhkan banyak energi dan waktu lama.

Namun, bila blogger sudah memiliki sikap ikhlas, mereka akan senang (tanpa beban) melakukannya karena memang keuntungannya bukan berupa materi. Contohnya bisa saja seperti ini:

  • Ikhlas membuat artkel pilar karena memang artikel yang Anda buat akan bermanfaat bagi blogger lain sehingga membantu blogger bersangkutan menjadi lebih baik.
  • Ikhlas membalas komentar dan melakukan kunjungan balik.
  • Ikhlas membacklink tulisan blogger lain tanpa takut penurunan page rank atau trafik
  • Ikhlas men-support produk atau jasa yang dimiliki blogger lain tanpa meminta bayaran.

3. Profesional

Sikap profesional sangat penting dalam ngeblog. Sikap ini menjauhkan diri dari rasa malas, tidak mau berusaha, dan hanya mau menerima saja (tanpa mau memberi).

Sikap profesional juga membuat seorang blogger selalu cermat dalam setiap perbuatan yang dilakukannya, karen ia percaya bahwa hari esok harus lebih baik daripada hari ini. Dengan demikian, memicu semangat untuk terus berusaha mengejar target yang diinginkan.

Pada akhirnya, sikap ini akan membawa sang blogger pada pemanfaatan waktu dan sumber daya yang semakin efektif dan efisien.

4. Silaturahmi

Silaturahmi menjadi jembatan yang menghubungkan seorang blogger dengan blogger lain. Selain itu, silaturahmi juga menjadi dasar dalam membina hubungan baik, tidak hanya kepada pelanggan, pengunjung, kolega, namun juga pesaingnya. Poin pentingnya, dengan silaturahmi seorang blogger dapat membangun jaringan yang tidak terbatas dan tentunya saling menguntungkan.

5. Murah Hati

Terkadang, setelah mendapatkan kesetiaan pelanggan, seorang blogger cenderung memanfaatkan kesetiaan tersebut untuk mendapatkan keuntungan yang lebih banyak. Dalam hal ini, sang blogger tersebut tidak bermurah hati sehingga menghancurkan hubungan yang sudah terjalin.

Penting diingat, murah hati dapat menjaga siapa pun dari melakukan tindakan pembodohan dan pemanfaatan orang lain.

Kesimpulan

Jujur, ikhlas, profesional, silaturahmi, dan murah hati adalah sikap-sikap sukses untuk mendapat uang lewat blog.

  • Jujur menghasilkan kepercayaan dan loyalitas
  • Ikhlas menghasilkan ketenangan dalam aktivitas ngeblog
  • Profesionalisme menghasilkan kesungguhan dan dedikasi tinggi
  • Silaturahmi membentuk jaringan kerja yang tidak terbatas
  • Murah hati menjaga diri dari memanfaatkan orang lain dan sombong.

Dengan menggabungkan kelima konsep di atas secara menyeluruh dan berkesinambungan, saya yakin trafik dan uang akan “mengejar” kita (bukan kita yang mengejar trafik dan uang).

Apakah Anda memiliki sikap lain untuk sukses mendapatkan uang lewat blog? Mohon sharing di bagian komentar.

Comments

  1. blogpopuler says

    Mulai sekarang saya harus menjaga sikap nih biar sukses dapat duit dari blog
    .-= Postingan terbaru blogpopuler………………Ini Dia Rapat Kabinet Di Dasar Laut Pertama =-.

  2. belajar blog says

    mas, kalo jujur untuk kebaikan bisa kan
    kan kemaren nyoba nembak keyword miyabi, trus berhasil. tapi disana ga ada tentang miyabi alias Maria Ozawa
    tapi emang ada Miyabi Natsuyaki (penyanyi remaja jepang) ^^
    .-= Postingan terbaru belajar blog………………Tips Dapat Duit dari Internet =-.

  3. Action Figure Toy says

    kalo menurut Qu, itulah model bisnis sejati
    apa yang kita peroleh halal untuk diri sendiri
    nice sharing mas
    .-= Postingan terbaru Action Figure Toy………………Indonesian Action Figure =-.

  4. Yep says

    Tips yang manstab Kang :)
    Semoga tambah sukses ya ? :)
    .-= Postingan terbaru Yep………………[Foto] Kreasi Usil Dan Lucu Di Traffic Light =-.

  5. Blogger Ingusan says

    Jujur memang faktor penting dalam segala hal, tidak terkecuali dalam ngeblog demi mendapatkan fulus. Tetapi saya menilai sangat banyak web/blog ‘matre’ yg dalam sales letternya sangat tidak jujur dalam menjual produknya bahkan sangat bombastis dan tidak sesuai dgn apa yg mereka katakan dlm sales letter. Tapi dgn melakukan hal ini mereka justru bisa menghasilkan penjualan yg fantastis… gimana pendapat Akang?
    .-= Postingan terbaru Blogger Ingusan………………Oopss.. Maafkan Saya… =-.

  6. Forum webmaster says

    Of course, what a great site and informative posts, I will add backlink – bookmark this site? Regards, Reader.

  7. satrya says

    Ikhlas dan pasrah kang setelah kita berusaha, jadi biarkan semuanya berjalan apa adanya tapi tentuny jangan lupa berdoa dan berusaha keras :)
    .-= Postingan terbaru satrya………………Kompresi CSS Untuk Meningkatkan Performa Blog =-.

  8. dani says

    saya lagi berusaha untuk menjadi rendah diri
    mudah-mudahan bisa berubah…amin
    nice info kang…

  9. Aditya Akbarsyah says

    Luar biasa mas, memang Rasulullah SAW mengajarkan berbagai macam cara sukses hidup dunia maupun akhirat, salah satunya sukses menjadi blogger.
    masuk semester 6 ini saya ada mata kuliah e-commerce, sepertinya lebih sering mengunjungi blogodolar nih, mohon bimbingannya ya mas…
    terima kasih

  10. siti rahmawati says

    mkasih mas…info nya berguna bnget, smoga bisa sama2 dipertahankan pemikiran n prinsipnya yang lima itu

  11. azis says

    trims tipsnya. semoga nambah manfaat bagi saya yang baru menjalani bisnis lewat internet./…….buat modal nikah heheheheheh

  12. says

    Sebelumnya salam kenal mas! Artikel ini bagus banget, karena memberi saya semangat lagi buat merintis blog saya. Tapi menurut saya, ada yang perlu ditambah mas, yaitu SABAR :-)
    Terimakasih mas!

  13. Toko Bunga Medan says

    wah…mantap neh artikelnya, tips yang memakai hati dalam bekerja..makasi mas utk masukannya..salam sukses..

  14. bloemkol says

    sikap-sikap diatas memang perlu di terapkan bukan hanya dlam kegiatan blogging, tapi juga dalam kehidupan sehari-hari kita.

  15. says

    ternyata teladan nabi Kita Muhammad Rahmatan lil ‘Alamin ya… tidak hanya dalam dunia offline saja , tapi jg bs di terapkan dlm dunia maya..
    thanks 4 sharinya…

  16. says

    Setuju mas, klo kita sudah mencontoh dari Rosulullah pastilah oke semuanya. cuma mau atau tidak saj. cuma yang jadi pikiran gimana ya cara memunculkan ide orisinal tanpa copy edit trus paste, bingung mau nulis apaan