5 Keuntungan Membacklink Postingan Orang Lain

Backlink merupakan salah satu hal yang disukai setiap blogger. Sayangnya, banyak blogger yang tidak biasa membacklink tulisan blogger lain.

Salah satu alasan utamanya adalah takut page rank blognya turun. Padahal, hal ini kuranglah tepat. Saya sering membacklink tulisan orang lain dan faktanya page rank blog ini tidak turun.

Terlepas dari ketakutan itu, setidaknya ada 5 keuntungan yang Anda peroleh bila membacklink tulisan blogger lain, yaitu:

1. Memberi informasi relevan kepada pembaca

Dalam membuat suatu postingan, adakalanya topik yang Anda tulis mirip dengan yang ditulis blogger lain. Atau bisa juga Anda terinspirasi oleh postingan blogger lain.

Alangkah baiknya jika Anda membacklink ke postingan-postingan tersebut dengan tujuan memberi informasi relevan kepada pembaca blog Anda. Dengan adanya informasi tersebut, wawasan pembaca Anda akan bertambah.

2. Mendapat respek pembaca

Karena mendapat informasi tambahan yang relevan, para pembaca akan menaruh respek kepada Anda. Oleh karenanya, besar peluang mereka untuk berkunjung kembali ke blog Anda dengan tujuan membaca tulisan Anda dan memperoleh link informasi relevan yang Anda sajikan.

3. Membangun persahabatan

Membacklink postingan orang lain adalah cara paling mudah dalam membangun persahabatan. Hal ini karena backlink dari Anda akan tercatat di trackback blog atau teridentifikasi sebagai incoming link. Dengan demikian, pemilik blog akan mengetahuinya dan akan melihat blog Anda.

Besar kemungkinan dia akan memantau terus blog Anda, dan membacklink ke postingan Anda yang relevan dengan topik yang ia tulis. Pada tahap ini, persahabatan telah terbangun secara saling menguntungkan.

4. Tercatat di hasil penelusuran mesin pencari

Membacklink tulisan blogger lain dengan kata kunci (anchor text) akan membantu posisi postingan Anda di hasil penelusuran mesin pencari. Dengan demikian peluang Anda memperoleh pengunjung dari kata kunci tersebut semakin baik.

Contohnya, bisa Anda lihat posisi blog Handoko Tantra yang menulis Apa untungnya menjadi Blogger Tamu dan Blogguebo di hasil penelusuran dengan kata kunci tips menjadi blogger tamu.

5. Peluang mendapat Google Sitelinks semakin besar

Google menyatakan bahwa blog yang memberikan backlink ke tulisan blog lain disebut blog yang berguna bagi pengunjungnya. Oleh karena itu, peluang blog Anda mendapat Google Sitelinks semakin besar bila rajin membacklink tulisan orang lain.

Informasi lengkap mengenai Google Sitelinks:

Itulah keuntungan-keuntungan yang bisa Anda peroleh jika membacklink tulisan blogger lain. Tertarik dengan keuntungan tersebut?

Ebook Gratis untuk Anda

cover bawah postDownload (unduh) ebook Cara Saya Menghasilkan Rp 620 Juta dari Blog. Dengan mengunduhnya, Anda sekaligus berlangganan newsletter Blogodolar. Manfaat berlangganan newsletter ini antara lain:
  • Anda akan mendapatkan diskon 50% dari buku-buku terbaru saya
  • Tips/trik ngeblog yang belum pernah saya publikasikan di Blogodolar
  • Postingan terbaru Blogodolar
Download sekarang juga.