5 Cara yang Saya Lakukan Sehingga Menempati 10 Besar Google untuk Kata Kunci Miyabi

Hari ini saya sempatkan melihat statistik Blogotainmen di Google Analytics. Sewaktu melihat bagian kata kunci, saya terkejut karena dalam seminggu terakhir ada 861 kunjungan melalui kata kunci Miyabi.

Setelah saya cek di Google, ternyata salah satu postingan Blogotainmen yang bertopik Miyabi masuk 10 besar, tepatnya di peringkat 9 saat tulisan ini dibuat.

Setengah tidak percaya karena Miyabi merupakan kata kunci yang ketat persaingannya, saya mengingat-ngingat cara-cara optimasi apa saja yang saya lakukan sehingga postingan tersebut masuk 10 besar Google.

Ternyata ada 5 cara yang saya lakukan. Di bawah ini adalah kelima cara tersebut. Namun, sebelumnya saya tampilkan dulu screenshoot hasil penelusuran Google dan top keywords Google Analytics (7 hari terakhir).

Miyabi 10 besar Google

Keyword Miyabi

5 Cara yang saya lakukan

1. Menempatkan 3 kata kunci yang dibidik pada paragraf pertama

Paragraf pertama merupakan tempat yang ampuh untuk membidik kata kunci. Seperti yang Anda lihat pada screenshoot hasil penelusuran Google di atas, saya menempatkan tiga kata Miyabi pada paragraf pertama yang saya buat. Memang sedikit dipaksakan, namun saya mencoba menuliskannya secara mengalir.

2. Dua kata kunci di URL postingan

Saya sebenarnya tidak sengaja membuat URL seperti itu. Awalnya judul yang saya buat adalah Miyabi: Koleksi Foto Imut dan Riwayat Miyabi. Sebelum memublikasikannya saya mengedit judul tersebut menjadi Koleksi Foto Imut dan Riwayat Miyabi. Sayangnya, saya lupa mengedit URL judul awal yang sudah tersimpan terlebih dahulu.

3. Membuat subjudul dengan format H3

Postingan mengenai Miyabi tersebut cukup panjang sehingga saya membuatkan subjudulnya. Bagian ini saya buat dengan format heading 3 (H3). Sebagai gambaran, di bawah ini salah satu subjudul di postingan tersebut.

Format H3

Bagi Anda pengguna wordpress, Anda bisa dengan mudah membuat format subjudul H3. Silakan lihat caranya di postingan Cara Menampilkan Kitchen Sink untuk SEO Onpage.

4. Membuat link internal

Saya membuat beberapa postingan lain dengan topik Miyabi. Pada postingan tersebut saya membuat internal link ke postingan Miyabi sebelumnya. Selain itu, saya juga membuat internal link pada beberapa postingan terpopuler dengan anchor text Miyabi. Jumlah internal link ini kurang lebih 10 buah.

5. Backlink dari blog saya dan blog copas

Mungkin Anda mengira saya mem-backlink dari beberapa blog yang saya miliki. Jawabannya, tidak. Saya hanya membuat sebuah backlink dari Problogkator. Selain itu, ternyata ada sebuah blog yang mencopas postingan saya tersebut dan memberikan backlink.

Itulah 5 cara yang saya lakukan untuk menduduki 10 besar Google dengan kata kunci Miyabi. Mohon dicatat juga, saya perlu waktu 3 bulan untuk mencapai posisi tersebut.

Terlepas dari itu, semoga kelima cara di atas membantu Anda membidik kata kunci yang ketat persaingannya.

Ebook Gratis untuk Anda

cover bawah postDownload (unduh) ebook "Cara Saya Menghasilkan Rp 620 Juta dari Blog". Dengan mengunduhnya, Anda sekaligus berlangganan newsletter Blogodolar. Manfaat berlangganan newsletter ini antara lain Anda akan mendapatkan diskon 50% dari buku-buku terbaru saya dan tips/trik ngeblog yang belum pernah saya publikasikan di Blogodolar. Ketikkan nama dan email Anda pada kolom di bawah ini sehingga Anda akan segera mendapatkan ebook tersebut.

Headline

Comments

  1. Beh, miyabi mantap dah mas… Saingan di SE lho maksudnya :mrgreen:

  2. Artikel Komputer says:

    Tips yang bermanfaat Kang. Saya mungkin sama dengan Kang Yudiono untuk poin nomor 2 dan 4. Untuk penempatan tag heading jarang saya coba. Selain itu, saya sering mengandalkan social bookmarks untuk mendapat backlink.

  3. Sangat membantu Kang,, soalnya untuk ukuran kata kunci yang sangat ketat persaingannya belum bisa tembus,,, di coba Kang,,,

  4. Rugi bgt. Apalagi kalo yg dicopas panjang.

  5. Nulis tentang Miyabi ah :D

  6. Untuk yang nomor 1, kalau tidak salah kalau kita menggunakan plugin all in one SEO pack dan mengisi tag meta description, maka itulah yang akan muncul di SERP. CMIIW

    Yang nomor 2, hmmm menarik juga ya. Saya belum pernah mencoba membuat dua keyword baik dalam judul atau pun permalink.

    Yang nomor 3, ternyata subjudul ada pengaruhnya ya Kang?

    Segitu aja Kang, mohon maaf kalau ada yang salah.

    • Bli Wira,
      Nomor satu bisa digunakan via plugin All in One SEO Pack. Namun, dalam studi kasus ini, saya tidak menggunakan plugin tersebut.

      Menurut pengalaman saya, benar bahwa sub judul berpengaruh menambah daya SEO bila diformat dengan heading.

  7. Kang punten, katanya sih H2 lebih baik dari h3 untuk sub title, soalnya rata2 tempalte juga pkai h2 bukan h3 , sekedar informasi saja kang :mrgreen:

    • Setahu saya, theme atau template blog mengggunakan H2 untuk judul Postingan atau Halaman.
      Bila H2 digunakan sebagai subjudul, mungkin dampaknya lebih bagus.
      Pertimbangan saya menggunakan H3 adalah untuk menyesuaikan ukuran huruf saja.
      Soalnya, bila saya menggunakan H2, ukuran huruf subjudul sama dengan judul postingan.
      Dengan kata lain, saya ingin membedakan ukuran huruf subjudul dengan judul saja.

  8. Ina Sumarno says:

    Kang, tenkyu pisan….banyak manfaat mengikuti jejak Kang Yudiono. Sangat bermanfaat.

  9. Saya sangat suka ulasan Anda tentang SEO. Belakangan makin berisi dan memberi tambahan wawasan kepada saya, walaupun saya juga telah baca dan mencoba praktekkan SEO model Brad Callen (saya tahu juga dari postingan Anda). Dengan belajar dari pengalaman Anda, saya makin paham apa yang ditulis Brad Callen. Terima kasih banyak Kang Yudiono, dan maju terus memberikan pencerahan kepada sesama blogger. Salam Sukses untuk Anda sekeluarga.

  10. Silakan Mas Nugroho.
    Semoga membantu Anda ya ;)

  11. Tidak masalah Mas Adin, gambar juga berpotensi menjaring banyak pengunjung lho.

  12. dJumTKS Weblog says:

    boleh dicoba juga tipsnya kang yudiono ini, thanks :-)

  13. Blogger Wonosobo.Com says:

    wah bisa dicoba di blog baru ku gan.mohon liat blog ku,,,makasih

  14. Tips SEO nya mudah dimengerti sama ane
    oh ya miyabi emang yahuuud…

  15. Mantap !
    barusan saya chek ada di no. 2

  16. tips yang menarik untuk di coba, tukar link boleh gak ya? hehehehe

  17. Maksih infonya bos

  18. thanks gan, dicoba triknya :)

  19. Wuih kata kuncinya Miyabi nih kang?hehehe
    mantab

    • Kang Yudiono says:

      Dulu masuk 3 besar, namun sekarang tulisan tentang Miyabi itu sudah masuk Sand Box Google.
      Mungkin over SEO mas Bayu :(

  20. Bisa dicoba nih kang tipsnya! thaks..
    Salam sukses kang, dari blogger kediri

  21. obatherbal says:

    tips yang bagus dan bermanfaat, semoga semakin banyak yang terbantu dalam peningkatan webnya di google

  22. thanks trik nya.. mau coba & sepertinya menarik..

  23. Rani fitriyani says:

    Mau nyoba akh semoga aja bisa…

  24. NLP Indonesia says:

    Trik Yang Ampuh …
    segera dicoba. Thanks

  25. mantap gan, blog yang sangat keren.

  26. maaf gan, terjadi kesalahan teknis, link blog saya yang benar ada disini. mohon masukannya