5 Cara Mudah Membuat Paragraf Pembuka yang Menarik Perhatian Pembaca

Apa bagian terpenting kedua dari postingan Anda setelah judul? Sesuai urutannya, tak pelak lagi adalah paragraf pembuka. Begitu pentingnya paragraf pembuka (sekitar 50 kata) membuat ahli copywriter Eugene Schwart sering menghabiskan waktu sampai seminggu untuk membuatnya. Mengapa paragraf pembuka penting?

Bayangkan betapa kecewanya Anda kalau artikel pilar Anda tidak dibaca seluruhnya oleh pengunjung hanya karena paragraf pembuka yang tidak menarik perhatian. Namun, jika paragraf pembuka Anda menarik, ini seperti pintu yang terbuka lebar sehingga pembaca dengan senang hati memasuki “rumah” (kesuluruhan postingan) Anda.

Berikut cara-cara yang bisa Anda gunakan untuk membuat paragraf pembuka yang menarik perhatian pembaca:

1. Ajukan Pertanyaan

Membuka postingan Anda dengan pertanyaan adalah sebuah sarana Anda untuk bercakap-cakap dengan pembaca. Dengan bercakap-cakap ini berarti terjadi komunikasi dua arah yaitu antara Anda dengan pembaca.

2. Sajikan anekdot atau kutipan

Anekdot adalah cerita lucu yang membuat pembaca tertawa, dan memancing mereka untuk segera tahu apa poin utama tulisan Anda. Sementara itu, kutipan dari seorang pakar atau orang terkenal merupakan sebuah bukti (umpan) yang akurat.

3. Buka pikiran atau ingatan pembaca

Membuka pikiran (ingatan) pembaca adalah teknik pembukaan yang ampuh. Cara ini bisa dilakukan dengan menggunakan kata-kata seperti Bayangkan…, Apa jadinya…, Apakah anda ingat ketika…, dan sebagainya.

4. Gunakan perumpamaan (analogi)

Mengumpamakan hal penting dengan sesuatu yang nyata di kehidupan sehari-hari akan memudahkan membaca mencerna apa poin utama postingan Anda.

5. Tampilkan data yang mengejutkan

Membuka paragraf dengan data yang mengejutkan (misalnya Anda memperoleh page rank 6 dalam 2 bulan) merupakan teknik yang luar biasa. Sepanjang data itu relevan dan tidak bohong, pembaca akan tertarik dan menyukainya karena salah satu kebutuhan penting blogger adalah page rank blognya yang tinggi.

Dari kelima cara itu, Anda bisa memilih salah satunya atau menggabungkan beberapa cara itu dalam membuat paragraf pembuka postingan Anda. Sebagai pertanyaan penutup, dari kelima cara yang telah saya paparkan, cara mana yang tidak ada dalam paragraf pembuka postingan ini?

Update: Perlu tips menulis lainnya? Simak 9 Tips Mudah untuk Memperoleh Ide Tulisan, 11 Tips Agar Tulisan Anda Mudah Dibaca Pengunjung, dan 5 Kata yang Penulisannya Sering Keliru

Inspirasi tulisan: 5 Simple Ways to Open Your Blog Post With a Bang

Comments

  1. blogpopuler says

    Terima kasih tipnya kang.Saya sering kesulitan bila akan membuat sebuah postingan, kalimat apa yang harus mulai saya tulis.Setelah baca tip diatas sudah sedikit membantu :-)

  2. says

    Kalau saya cermati, paragraf pembuka postingan ini menggunakan cara 1 (pertanyaan) dan 5 (kutipan data yang mengejutkan). Bener nggak kang? :D

    Setuju banget dengan 5 tipsnya kang. Dan postingan terbaru saya tentang kelebihan blog do follow juga menggunakan cara 1 dan 5 sebagai bagian dari paragraf pembukanya. Secara tidak sengaja sih.

    Tapi ada satu hal yang sangat berpotensi menghambat penerapan tips-tips jitu di atas. Apa itu? Dorongan untuk men-SEO-kan postingan dengan cara ‘pembombardiran’ keyword yang dibidik pada paragraf pertama. Termasuk penyisipan link pada anchor teks (keyword) yang dibidik. Itu juga bisa membuat tata bahasa di paragraf pertama menjadi kurang alami (jangggal).

    Dan saya jujur aja masih suka terhambat oleh hal tersebut. Masih suka memaksakan penyisipan keyword yang dibidik pada paragraf pembuka. Kalo postingan-postingan di blogodolar ini sih saya lihat paragraf2 pembukanya sangat natural dan tidak terkesan dipaksakan demi SEO. Salut kang :D
    .-= Postingan terbaru iskandaria………………Kelebihan Blog Do Follow dari Sisi SEO =-.

    • says

      Saya menggunakan teknik mengajukan pertanyaan, meningatkan pembaca (banyangkan…) dan perumpamaan Mas.
      Perihal menulis natural yang disukai pembaca dan dicintai Google, tunggu di postingan berikutnya.
      Saya akan berbagi pengalaman dengan trik tersebut.

  3. Blogger Ingusan says

    Well, terus terang selama ini saya tidak memperhatikan point2 yg telah disebutkan di atas, jadi asal tulis aja… sing penting posting :-)

    Dengan adanya tambahan ilmu dari blog ini paling tidak ke depannya saya bisa mencoba membenahi kekurangan yang saya lakukan selama ini. Tenyata untuk menjadi penulis yang baik tidak mudah ya Kang?…
    .-= Postingan terbaru Blogger Ingusan………………Oopss.. Maafkan Saya… =-.

  4. says

    Infonya bagus banget, secara gak sadar, dari judulnya aja sebenarnya saya udah terhipnotis untuk membaca postingan ini sampai selesai. Dan untuk kelima poin diatas, hal itu tentu sangat masuk akal untuk saya terapkan dalam blog saya.

    Thanks atas postingannya…

  5. dani says

    Tulisan ini saduran dari copyblogger ya? Lebih usable dan aksesibel memang peranan kalimat pembuka itu jika dibuat seperti di atas. :)

  6. Remaja Helda says

    Thanks berat atas sarannya ya, Om. Sayah sering kesulitan utk memulai tulisan. Semoga sayah bs mengaplikasikannya segera.. Mudah2an ngerti bener-bener. Thx one again..

  7. says

    Benar – benar artikel yang bagus dan membangun. Saya juga sependapat dengan kang yudiono ini, paragraf pertama merupakan hal yang terpenting dari suatu tulisan.

  8. Brother HL-2140 says

    saran nya bagus banget kang..terutama buat orang2 yg kesulitan bikin postingan kayak saya. saya langsung praktek deh..thaks atas sharing nya.

  9. Lashunda Dejarden says

    Couldnt Too bad there arent many blogs of this calibre today. I don’t know if my comment is going to pop up because I’m not very tech savvy, hopefully I can get this right!. this brilliant blog

  10. ebonk says

    paragraf pertama suka bikin mentok.. bikin jadi ngga mood nulis, padahal udah dapet ide keren tadinya.. :(

    thanks buat infonya ya.. bisa langsung diaplikasiin nih.. :)

  11. says

    Saya masih kesulitan membuat pembuka paragraf yang menarik. Membaca tulisan orang selalu merasa ada kejutan dan ingin menurutinya. Tetapi ketika mulai menulis, semuanya seperti tidak berjalan mulus.

  12. Ahmad says

    Selama ini saya masih kesulitan dalam mencari ide untuk membuat paragraf pembuka artikel saya. Tapi setelah menyimak artikel diatas, saya menjadi banyak terbantu dalam menemukan ide. Terima Kasih.

  13. Blogger Ndeso says

    wah makasih bnget mas infonya,
    biasanya sya hanya basa-basi saja pada paragraf pertama, tujuannya hanya untuk seo semata. sekarang akan lebih memperhatikan 5 poin diatas. :D

  14. says

    Memang perlu latihan dan praktek yang intens untuk bisa mahir membuat kalimat pembuka seperti pada artikel Mas Herman. Untuk artikel bahasa Inggris pun sama saja.

    Kalau artikel ini Mas Herman mempraktekan paragraf pembuka dengan mengajukan pertanyaan kepada pembaca dikombinasikan dengan mengingatkan pembaca.

    Paragraf pembuka seperti ini memang jitu membuat tulisan jadi hidup, tidak seperti lapaoran atau makalah….

  15. Abed Saragih says

    Sedikit terbuka pikiran saya Kang untuk mengawali sebuah kalimat awal atau pembuka dalam sebuah postingan.Terasa sulit memang ketika hendak menuliskan kata-kata yang bisa dirangkum menjadi sebuah informasi yang menarik untuk dibaca.

    Butuh sebuah ide mengalir untuk mendapatkan kalimat yang menarik para pengunjung untuk betah dan terus mendalami tulisan yang kita buat.Tapi berkat inspirasi dari tulisan Mas akhirnya saya sedikit bisa tersenyum karena pikiran atau ide saya terbuka untuk memberikan hal menarik yang bisa saya tuliskan dalam postingan saya selanjutnya.