5 Cara Mudah Membuat Paragraf Pembuka yang Menarik Perhatian Pembaca

Apa bagian terpenting kedua dari postingan Anda setelah judul? Sesuai urutannya, tak pelak lagi adalah paragraf pembuka. Begitu pentingnya paragraf pembuka (sekitar 50 kata) membuat ahli copywriter Eugene Schwart sering menghabiskan waktu sampai seminggu untuk membuatnya. Mengapa paragraf pembuka penting?

Bayangkan betapa kecewanya Anda kalau artikel pilar Anda tidak dibaca seluruhnya oleh pengunjung hanya karena paragraf pembuka yang tidak menarik perhatian. Namun, jika paragraf pembuka Anda menarik, ini seperti pintu yang terbuka lebar sehingga pembaca dengan senang hati memasuki “rumah” (kesuluruhan postingan) Anda.

Berikut lima cara yang bisa Anda gunakan untuk membuat paragraf pembuka yang menarik perhatian pembaca:

1. Ajukan Pertanyaan

Membuka postingan Anda dengan pertanyaan adalah sebuah sarana Anda untuk bercakap-cakap dengan pembaca. Dengan bercakap-cakap ini berarti terjadi komunikasi dua arah yaitu antara Anda dengan pembaca.

2. Sajikan anekdot atau kutipan

Anekdot adalah cerita lucu yang membuat pembaca tertawa, dan memancing mereka untuk segera tahu apa poin utama tulisan Anda. Sementara itu, kutipan dari seorang pakar atau orang terkenal merupakan sebuah bukti (umpan) yang akurat.

3. Buka pikiran atau ingatan pembaca

Membuka pikiran (ingatan) pembaca adalah teknik pembukaan yang ampuh. Cara ini bisa dilakukan dengan menggunakan kata-kata seperti Bayangkan…, Apa jadinya…, Apakah anda ingat ketika…, dan sebagainya.

4. Gunakan perumpamaan (analogi)

Mengumpamakan hal penting dengan sesuatu yang nyata di kehidupan sehari-hari akan memudahkan membaca mencerna apa poin utama postingan Anda. Selain itu, cara ini juga membantu Anda menyederhanakan konsep yang sulit.

5. Tampilkan data yang mengejutkan

Membuka paragraf dengan data yang mengejutkan (misalnya Anda memperoleh page rank 6 dalam 2 bulan) merupakan teknik yang luar biasa. Sepanjang data itu relevan dan tidak bohong, pembaca akan tertarik dan menyukainya karena salah satu kebutuhan penting blogger adalah page rank blognya yang tinggi.

Dari kelima cara itu, Anda bisa memilih salah satunya atau menggabungkan beberapa cara itu dalam membuat paragraf pembuka postingan Anda. Sebagai pertanyaan penutup, dari kelima cara yang telah saya paparkan, cara mana yang tidak ada dalam paragraf pembuka postingan ini?

Inspirasi tulisan: 5 Simple Ways to Open Your Blog Post With a Bang

Ebook Gratis untuk Anda

cover bawah postDownload (unduh) ebook Cara Saya Menghasilkan Rp 620 Juta dari Blog. Dalam ebook ini Anda akan tahu sumber-sumber penghasilan saya sejak menjadi full time blogger.

Dengan mengunduhnya, Anda sekaligus berlangganan newsletter Blogodolar. Manfaat berlangganan newsletter Blogodolar bagi Anda adalah 1) diskon 50% dari buku-buku terbaru saya tentang make money blogging dan SEO, 2) tips/trik ngeblog yang belum pernah saya publikasikan di Blogodolar, dan 3) postingan terbaru Blogodolar.

Masukkan nama dan email Anda lalu klik tombol Download Sekarang. Link download ebook ini akan dikirimkan ke email Anda dengan segera.

100% GRATIS. Bukan spam.