4 Fase Perkembangan Blog yang Perlu Anda Ketahui

Anda telah membuat blog, mengupdatenya, dan memonetisasinya dengan beragam program. Anda kecewa karena upaya-upaya tersebut tidak juga menghasilkan uang sesuai harapan sehingga Anda tidak semangat lagi untuk ngeblog.

Ujung-ujungnya Anda juga beranggapan bahwa menghasilkan uang banyak dari blog adalah hal yang sama sekali sukar diwujudkan.

Anda tidak sendiri. Banyak blogger lain yang mengalami kondisi seperti itu.

Apa solusinya?

Solusinya adalah dengan memahami bahwa mengembangkan blog hingga menjadi “mesin uang” merupakan perjalanan panjang yang memerlukan upaya dan waktu.

Dari beberapa referensi yang saya baca, perjalanan panjang ini dibagi menjadi 4 fase:

1. Fase Pendirian

Fokus pada fase ini adalah pembuatan konten bermanfaat (berkualitas) dan setup blog. Selain kualitas, kuantitas konten juga merupakan faktor penting. Range jumlahnya 50-100 postingan.

Adapun setup blog adalah instal plugin yang dibutuhkan, mendesain tampilan blog yang menarik, dan melakukan search engine optimization (SEO).

Fase pendirian ini membutuhkan waktu 3-6 bulan. Banyak blogger yang gagal pada tahap ini karena fokus dan sibuk memonetisasi blog, bukan pada konten.

2. Fase Pertumbuhan Trafik

Fase ini ditandai dengan meningkatnya trafik, komentar, pelanggan RSS, dan sudah mulai memperoleh penghasilan. Fokus utama dari fase ini tetap menulis konten bermanfaat dan ditambah memperoleh backlink berkualitas.

Dalam pandangan saya, cara paling baik memperoleh backlink berkualitas adalah dengan menjadi blogger tamu di blog-blog terkenal dan atau tulisan Anda dibacklink oleh blog-blog lain.

Memang perlu energi dan waktu untuk mencapai kedua hal ini, namun yakinlah bahwa energi dan waktu Anda akan terbayar di kemudian hari.

Banyak blogger yang salah kaprah dalam mencari backlink antara lain mendaftarkan postingannya ke direktori, berkomentar di ratusan blog do follow, dan sebagainya. Saya yakin Google memiliki mesin canggih sehingga mereka bisa membedakan mana backlik berkualitas (yang diperoleh dengan kerja keras) dan backlink yang kualitasnya kurang.

Terlepas dari itu, fase pertumbuhan trafik merupakan proses panjang yang bisa memakan waktu 6-12 bulan. Selain itu, pertumbuhan trafik bisa juga lambat, namun lama-lama meningkat secara konsisten.

Tips untuk fase ini:

3. Fase Kematangan dan Monetisasi

Fase ini ditandai dengan trafik yang tinggi dengan upaya yang tidak sekeras fase pertumbuhan blog. Selain itu, pelanggan RSS juga mencapai ribuan dan banyak menerima kiriman postingan blogger tamu.

Karena trafik dan pelanggan yang banyak, upaya memonetisasi blog akan lebih mudah. Pemilik blog tinggal membuat deal dengan para pemasang iklan, optimasi PPC, optimasi afiliasi, dan bahkan menjual produk atau jasa sendiri.

Fase ini memerlukan waktu: 6-12 bulan.

4. Fase Pemeliharaan

Fase pemeliharaan (maintenance) merupakan fase yang sangat meanarik dan mengasyikkan. Sebagai gambaran, blogger-blogger yang sudah mencapai fase ini adalah Darren Rowse (Problogger), John Chow, Yaro Starak, Daniel Scocco, Agus Ramdhani, Nurudin Jauhari, Kang Rohman, dan sebagainya.

Waktu yang dibutuhkan: tidak terbatas.

Kesimpulan

Menghasilkan uang banyak dari blog merupakan proses panjang (tidak ada jalan pintas). Proses panjang ini tidak akan membuat Anda stress karena penghasilan tidak kunjung besar jika Anda memahami dari awal keempat fase perkembangan blog.

Jadi, nikmati semua fase yang sedang Anda lalui mulai sekarang.

Comments

  1. Berita Internet Marketing says

    betul, kita harus sabar dalam bisnis blog. Jalan pintas, hasilnya pun singkat.
    .-= Postingan terbaru Berita Internet Marketing………………Bank Danamon Kupon Undian Western Union WU Habis =-.

  2. Dunia Komputer says

    Betul kang. Memang untuk mendaptkan uang dari blog butuh waktu yang tidak singkat. Saya setelah 6 bulan lebih baru memperoleh penghasilan dari blog saya. Itupun tidak banyak. Ya sekedar uang pengganti biaya koneksi internet.
    .-= Postingan terbaru Dunia Komputer………………Membuka Registry Editor yang Dikunci Oleh Virus =-.

  3. Den Hanafi says

    enaknya kalau blog kita dah nyampe fase pemeliharaan. memang harus kerja keras yang pol-polan. :) postingan yang bener2 bikin semangat ngblog nih. tengkyu kang Yud.

  4. TuSuda says

    Sepertinya semua perlu periode waktu optimal untuk terus selalu berkarya tanpa kenal lelah, sehingga tercapai semua fase tujuan ngeblog tersebut. Biasanya saat mempertahankan sesuatu (MAINTENANCE) lebih memerlukan perhatian khusus.
    TERIMAKASIH telah berkenan Berbagi Kata Bersama…
    .-= Postingan terbaru TuSuda………………3 AKSI SOSIAL WHDI SULTRA DI KENDARI YANG SERU DAN LUCU =-.

  5. Zaiful Anwar says

    Benar sekali kang, memang sebuah perjalanan panjang untuk monetisasi sebuah blog dan perlu kerja keras.
    .-= Postingan terbaru Zaiful Anwar………………Cara Memasang Script Kontera. =-.

  6. ainul | membuat static page di blogspot says

    memang kang monetisasi blog iku butuh proses,, moga dengan membaca artikel ni saya dapat menerapkannya di dalam blog saya.. thank kang atas infonya,,,, menarikkk…………

  7. achmad sholeh says

    selalu menikmati blogger gurem dan miskin trafik
    .-= Postingan terbaru achmad sholeh………………Prahara di Bulan Januari ( Dua ) =-.

  8. says

    bener2 mantaps neh …
    blog sebagai ladang mencari rezeki …
    lebih bnyak blogger yang menyerah diawal2 fase :)
    adakah fase2 kejatuhan blogger mas ?! kayak kena sandbox google, PR di tendang ke 0 dll ?!?
    .-= Postingan terbaru afwan auliyar………………Trik gila menaikkan 1000 pengunjung lebih per hari =-.

    • says

      Saya pikir ada Mas, seperti yang disebutkan Mas Afwan di atas.
      Saya menduga saat-saat tersebut muncul di fase 1 dan 2.
      Namun, itu tergantung menyikapinya.
      Teman saya sempat ditendang PR-nya dari 2 ke 0.
      Berkat update terus dan tukaran link, PR-nya naik lagi kedua.

  9. iskandaria says

    Analisa yang sangat pas Kang. Saya setuju. Itulah mengapa saya sempat mengatakan, bahwa untuk layak dimonetisasi, sebuah blog minimal sudah berusia 1 tahun. Saat itu trafik sudah mulai terbangun. Konten pilar juga sudah banyak (lebih dari 100).

    Untuk fase pertama, saya seratus persen setuju bahwa mengembangkan konten adalah hal paling utama (sambil terus menjalin networking dengan blogger lain dan optimasi SEO semampunya). Pada fase ini, sebaiknya blog jangan dulu dipasangi iklan. Demi memberim kenyamanan bagi pembaca yang belum mengenal dan belum akrab dengan blog kita.
    .-= Postingan terbaru iskandaria………………Pengertian Lugas dan Jelas dalam Ragam Bahasa Ilmiah =-.

    • says

      Satu tahun adalah waktu yang ideal Mas Is.
      Namun, bila konten sudah lebih 100 dan page views >1,000 sehari, tidak ada salahnya dicoba dimonetisasi dengan PPC lokal (bila blognya Bahasa Indonesia).

  10. BLOG PERUBAHAN says

    memang betuuuulll tiada cara yang instant untuk menjadi seorang yang sukses mlainkan butuh waktu yang panjang dalam pemrosesan atau melalui fase-fase terrendah terlbih dahulu dan meningkat sedikit demi sedikit

  11. says

    Beruntung saya sudah melewati Tahap pertama dan sedang berusaha menjejaki tahap kedua.

    Pengunjung blog sudah mencapai 1000 per hari, pas bulan januari kemarin (setelah 8 bulan ngeblog). Sekarang sudah mulai di monetize meskipun bukan blog dengan kategori bisnis online dan hasilnya masih belum seberapa. Tapi itu semua justru menambah semangat untuk tetap fokus pada nich blog yg saya tekuni sejak awal.

    Thanx infonya, Kang..!

    Terus terang artikel ini menjadi sebuah motivasi buat saya untuk terus menjaga semangat ngeblog dan mencapai tahapan selanjutnya.

    Salam dari blogger Ciamis..!
    .-= Postingan terbaru si Gen………………Hadiah Valentine Untuk Pacar Cowok =-.

  12. Triagung.com says

    Kalau melihat dari ke 4 fase ini, saya masih tergolong fase pendirian kang, terima kasih telah membuka mata saya, dengan 4 fasenya :)

  13. says

    informasi yang bermanfaat dan semakin menambah kepercayaan bahwa membuat suatu blog tidaklah sulit akan tetapi untuk berhasil mengelola suatu blog tidak bisa dilakukan secara instan namun harus melalui proses dan tahapan2 yang benar. Salam

  14. sporttingbucks says

    Blog saya masih ada fase satu, jadi sepertinya masih harus berjuang terus ya mas….terimkasih atas artikelnya. Saya jadi tahu strategi apa yang mesti saya lakukan agar blog saya semakin tumbuh…sukses untuk anda !

    Warm regards
    http://www.sportingbucks.com
    another way to analyze football

  15. says

    wah saya termasuk orang yang ingin cepat berhasil dan cepat putus asa, dengan baca artikel ini saya jadi semangat lagi untuk ngeblog dan cari duit didalamnya!
    .-= Postingan terbaru aura keyboard………………Menggemaskan =-.

  16. Blogger Newbie says

    Kalau kalau saya udah sampai fase mana yah. sebenarnya postingan udah banyak tapi kok merasa masih fase pendiriaaaaaaaaaaan aja.

  17. says

    Setuju, sebelum kita bisa berlari kita harus belajar berjalan dulu,
    kita tdk mungkin langsung memaksakan diri utk berlari krn pasti akan terjatuh…
    Demikian juga dengan dunia blog, sblm mencapai income jutaan, kita hrs melewati proses income yg ratusan rupiah dulu…
    Seblm bljr mencapai trafik ribuan, kita hrs belajar mencapai trafik puluhan terlbh dahulu…proses adlh satu paket dari kesuksesan.

    Tks informasinya boz…

  18. Reza Mustafa says

    hmmmm…perlu sabar-sabar mengelola blog…hehehehe….
    ini tulisan mencerahkan. salam!

  19. AspirasiKu says

    Sangat Luar Biasa!, trimakasih mas bro, dengan ini saya jadi mempunyai sedikit motivasi tambahan. karena saya tahu bahwasanya membangun blog dengan kualitas murni membutuhkan waktu yang tidak singkat. Sekali lagi terimakasih telah membukakan mata saya., Terimakasih!

  20. says

    terkadang hal yang instan itu memang menyenakan,, akan tetapi lebih menyenangkan bila kita mengerjakannya dengan kerja keras dan hasilnya nya akan lebih memuaskan dibanding hal instan yang kita lakukan.. terima kasih atas motivasinya boss….

  21. detikdigital says

    betul yang agan katakan, terutama bersabar dan berusaha, maka seluruh fase-fase yang agan sebutkan tadi pasti klimaks. thx, salam kenal