10 Alasan Utama Mengapa Anda Harus Bangga Sebagai Blogger

bangga

Ketika Anda menceritakan kepada teman, pacar, atau keluarga bahwa Anda seorang blogger, reaksi mereka mungkin biasa saja dan bahkan menyepelekan. Sebagian dari mereka berkata bahwa blogger bagus untuk mengisi waktu luang. Yang lainnya menyarankan agar Anda fokus pada pekerjaan sekarang atau mencari pekerjaan nyata.

Anda mungkin stres dan kehilangan motivasi ngeblog mendengar respon mereka itu. Namun, jangan khawatir, tegakkan kepala Anda dan katakanlah kepada mereka bahwa Anda bangga sebagai blogger.

Mengapa?

Inilah 10 alasan utamanya.

1. Anda mampu menulis

Banyak orang yang tidak suka menulis. Mereka lebih senang membaca atau menonton. Sebagai blogger, Anda berbeda dari mereka.

Anda mampu menulis karena salah satu syarat menjadi blogger adalah senang menulis.

Tulisan Anda memang tidak atau belum sebaik sastrawan dan wartawan, namun Anda tetap saja unggul dari mereka yang hanya mampu membaca dan menonton.

2. Anda tahu ilmu marketing

Disadari atau tidak, sebagai blogger Anda tahu ilmu pemasaran (marketing). Hal ini dicerminkan dari cara Anda membuat judul tulisan yang menarik minat baca pengunjung, mempromosikan diri melalui postingan tamu, memberikan komentar berkualitas saat blog walking, membuat sales letter, SEO, dan sebagainya.

Pengetahuan marketing Anda tersebut mungkin tidak sehebat Tung Desem Waringin, namun Anda tetap layak mendapat bintang karena banyak orang yang tidak familiar marketing.

3. Anda melek perkembangan teknologi terbaru

Sekarang ini kita hidup di era informasi, di mana teknologi informasi berkembang secara cepat. Sebagai blogger, Anda tentunya melek perkembangan teknologi itu.

Sebagai contoh, Anda membuat tutorial dalam format video dan mengunggahnya ke Youtube. Anda menggunakan Twitter untuk berkicau dengan pengikut Anda. Atau, Anda menggunakan Facebook untuk mempromosikan blog Anda.

Semua teknologi itu harus membuat Anda bangga karena, sekali lagi, tidak semua orang mampu menggunakannya.

4. Anda seorang peneliti

Sebagai blogger, Anda tidak hanya sekadar menulis namun harus juga melakukan riset online. Ini bisa berupa mencari kata-kata kunci yang sekiranya banyak dicari pengunjung dan menghasilkan profit bagi Anda. Selain itu, Anda juga kerap mencari informasi-informasi penting untuk masalah yang melanda blog Anda.

Pada tahap ini, Anda telah menerapkan prinsip penelitian yang biasa dilakukan para ilmuwan. Ya, Anda seorang peneliti tanpa gelar doktor atau profesor!

5. Anda memiliki jaringan luas

Dengan siapa Anda telah menjalin kerja sama di kehidupan nyata? Berapa banyak kolega Anda tersebut?

Dengan menjadi blogger, Anda memperluas jaringan ini tanpa batas. Anda bisa bekerja sama dengan blogger bule, blogger pemula, atau pun blogger senior.

6. Anda dikenal masyarakat luas

Anda kenal Raditya Dika? Ya, dia adalah salah seorang selebriti blogger Indonesia saat ini yang memiliki ratusan ribu pengikut Twitter. Dia juga menjadi pemeran di sebuah acara TV swasta.

Dengan menjadi blogger, Anda bisa dikenal luas oleh masyarakat dan bahkan diwawancarai oleh radio, koran, dan TV seperti yang dialami Zizi Damanik dari TehSusu.com.

Bandingkan bila Anda bukan seorang blogger, apakah Anda akan dikenal masyarakat luas?

7. Anda menerapkan ilmu psikologis

psikologis

Anda tentu tahu bahwa mencari pelanggan RSS itu sulit. Anda juga paham bahwa membuat pengunjung betah dan kembali lagi ke blog Anda itu tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Di sinilah Anda menerapkan ilmu psikologis yaitu dengan mempelajari perilaku pengunjung Anda via statistik blog (tulisan terpopuler, bounce rate, waktu tinggal, dan sebagainya). Dari statistik tersebut, Anda mengidentifikasi kebutuhan pengunjung dan menyajikannya sebagai tutorial atau informasi bermanfaat.

Sekali lagi, apa yang Anda lakukan tersebut tidak mudah dan tidak semua orang mau melakukannya.

8. Anda punya fans

Tahu Justin Bibier? Saya yakin Anda mengetahuinya. Anda juga pasti melihat bagaimana fans remaja fenomenal ini rela mengantri dan berdesak-desakkan untuk menonton sang idola.

Sebagai blogger, Anda juga punya fans yaitu pelanggan RSS atau newsletter. Terlepas dari banyak atau sedikitnya pelanggan Anda, mereka setia menanti tulisan Anda. Mereka ingin tahu tips apa yang akan Anda informasikan.

9. Anda bisa kaya raya

Anda bisa kaya raya dari ngeblog. Tidak percaya? Silakan lihat 10 blogger yang menghasilkan uang milyaran rupiah tiap tahun. Fakta ini menunjukkan bahwa blogger juga bisa kaya seperti para pengusaha atau investor.

10. Anda disiplin

Apa jadinya bila blog Anda tidak di-update dan terbengkalai? Tentunya trafik dan penghasilan turun, bukan? Ini akan membuat Anda disiplin membuat postingan, membalas komentar, dan sebagainya. Kedisiplinan Anda ini tentunya poin penting karena masih banyak orang yang tidak disiplin.

Kesepuluh alasan di atas adalah sebagian kecil alasan yang membuat Anda bangga sebagai blogger. Alasan lain bisa Anda jumpai dari aktivitas ngeblog Anda sehingga Anda benar-benar percaya diri mengatakan kepada orang-orang: Saya seorang blogger!

Photos by Chloe Elise dan Nickolas Sushkevich

Comments

  1. iskandaria says

    Selain poin-poin di atas, saya juga bangga menjadi seorang blogger karena ikut berpartisipasi dalam menyumbang informasi yang mungkin sangat dibutuhkan oleh para pengguna Internet. Mungkin ada sebagian pembaca blog saya yang merasa sangat terbantu dengan tulisan-tulisan yang pernah saya publish. Itu artinya, saya juga sekaligus bisa membantu banyak orang melalui tulisan blog saya ;)

    • says

      Good point Mas Is.
      Saya sepakat bahwa blogger juga menyumbang informasi bermanfaat (tips, opini, atau berita) bagi para pengguna internet.

      Thanks ;)

      • says

        Topik yang bagus kang…
        Saya mo nyumbang juga nih satu poin lagi mengapa harus bangga menjadi Blogger :
        Dengan menjadi blogger, Anda berkesempatan menjadi AGENT OF CHANGE.
        Tentunya perubahan ke arah dunia yang lebih baik. Saya kira jika Anda mengisi blog dengan hal-hal yang positif (apapun topiknya) sepanjang memberi manfaat bagi orang lain, akan membuat dunia ini semakin baik lagi. Pada akhirnya, cepat atau lambat, manfaat dan kebaikan itu akan kembali kepada Anda juga.

  2. Kang Yudiono says

    Wakakak…Mau jadi saingan Foke, Bang?
    Serahkan kepada ahlinya…
    Tapi koq ngakunya sebagai ahlinya Jakarta, Foke tetap saja tidak mampu mengatasi banjir dan kemacetan di Jakarta :lol:

  3. siti rahmawati says

    seorang bloger itu adalah artis, sama2 butuh penggemar bedanya dunia maya n nyata

  4. says

    yup, pengetahuan jadi bertambah mas, terutama yang berkaitan dengan tema blogku. kalo penghasilan entar dulu, masih new dilarang berfikir itu. hehe..

  5. Alfiandar says

    Informasi yang anda sajikan sangat bermanfaat dan menginspirasi sekali. Kebanyakan blogger sekarang ini ngeblog hanya untuk mencari penghasilan, sah-sah saja asal tidak menyalahi aturan (internet sehat). Itu juga sebuah keuntungan yang akan didapatkan oleh seorang blogger. salam sukses untuk admin blogodolar.com

  6. dukianta says

    saya juga bangga jadi seorang blogger, karna saya terlihat berbeda dari teman sekeliling saya. setidaknya mereka melihat saya punya ‘SESUATU’ yang tidak mereka miliki, itulah sebabnya saya terus tertantang untuk berkarya di dunia BLOGGER. tapi terlepas dari semua itu saya berdoa agar selalu bisa RENDAH HATI kyk KANG YUDI. terus berkarya, kami selalu menunggu coretanmu… :D

  7. says

    saya juga sangat senang menjadi blogger karena dengan menjadi blogger kita bisa berbagi ilmu ataupu pengalaman yang kita dapatkan selain kita bisa berbagi kita juga bisa menghasilkan profit